Ayam Cordon Bleu: Makanan Lezat dengan Isi Keju yang Menggugah Selera

Jika Anda mencari hidangan yang menyenangkan hati dan memenuhi perut Anda, maka ayam cordon bleu adalah pilihan yang tepat. Dalam hidangan ini, ayam dipotong tipis, diisi dengan keju, dan dibalut dengan tepung roti dan telur yang renyah. Ayam cordon bleu adalah hidangan yang sangat populer di banyak negara, termasuk Prancis, Swiss, dan Jerman. Tidak hanya lezat dan mudah dibuat, tetapi hidangan ini juga sering disajikan dalam upacara resmi sebagai hidangan utama yang elegan. Yuk, mari kita cari tahu lebih lanjut tentang ayam cordon bleu dan cara membuatnya!

Bahan-bahan

  • 4 potong dada ayam
  • 4 lembar keju Swiss atau keju Emmental
  • 1/2 cangkir tepung roti
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica
  • 1/4 sendok teh paprika
  • 1 telur, dikocok
  • 1/4 cangkir tepung terigu
  • 1/4 cangkir minyak zaitun

Cara membuat Ayam Cordon Bleu

  1. Pertama-tama, ambil satu potong ayam dan sajikan di atas talenan atau tempat pemotongan.
  2. Gunting bagian tengah dada ayam dengan hati-hati, sehingga akan membentuk kantung atau lubang.
  3. Ambil selembar keju Swiss atau keju Emmental dan letakkan di atas ayam yang telah dipotong.
  4. Balut ayam dengan rapi sehingga keju terbungkus dengan baik dalam ayam. Gulung ayam dan ikat dengan tusuk gigi agar keju tetap di tempatnya.
  5. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan tepung roti dan telur untuk melapisi ayam. Campurkan tepung roti, garam, merica, dan paprika dalam mangkuk.
  6. Ambil telur yang sudah dikocok dan masukkan dalam mangkuk lain. Tambahkan sedikit air jika terlalu kental.
  7. Ayam siap untuk dilapisi, gulingkan dalam tepung terigu terlebih dahulu.
  8. Celupkan ayam ke dalam campuran telur dan tepung roti, lalu balut dengan rapi.
  9. Panaskan minyak zaitun dalam wajan besar. Tunggu hingga minyak cukup panas sebelum menambahkan ayam ke dalam wajan.
  10. Goreng ayam cordon bleu hingga keabu-abuan dan kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan minyak berlebih pada kertas tisu. Siap disajikan!

FAQ

Apa itu ayam cordon bleu?

Ayam cordon bleu adalah hidangan ayam yang diisi keju dan dibalut dengan tepung roti dan telur. Biasanya disajikan dalam upacara resmi sebagai hidangan utama yang elegan.

Dapatkah saya menggunakan keju yang berbeda?

Ya, Anda dapat menggunakan jenis keju yang berbeda, seperti keju Cheddar atau keju Mozarella. Pastikan keju itu mudah mencair ketika dipanggang.

Dapatkah ayam cordon bleu disiapkan sebelumnya dan disimpan dalam lemari es?

Ya, ayam cordon bleu yang sudah digoreng dapat disimpan dalam lemari es hingga 2 hari dan kemudian dipanaskan di oven sebelum disajikan.

Bisakah saya menggoreng ayam cordon bleu tanpa menggunakan minyak goreng?

Anda dapat menggunakan oven untuk menggoreng ayam cordon bleu dengan cara memanggangnya selama 35-45 menit pada suhu 200 derajat Celsius hingga keabu-abuan dan matang.

Kesimpulan

Ayam cordon bleu adalah hidangan yang mudah dibuat dan lezat, dan cocok untuk acara formal maupun informal. Dalam hidangan ini, ayam dipotong tipis dan diisi dengan keju Swiss atau Emmental yang enak, kemudian dibalut dalam tepung roti dan telur untuk memberikan kelezatan yang renyah dan lembut. Dengan mengikuti resep sederhana di atas, Anda dapat menikmati ayam cordon bleu yang enak di rumah. Selamat mencoba!

Written by Dian Utami

Dian Utami adalah seorang food blogger dan penulis buku masakan. Dengan latar belakang sebagai seorang ahli gizi, Dian memiliki minat yang besar terhadap makanan sehat dan bergizi. Melalui blognya, dia berbagi resep-resep sehat yang menggunakan bahan-bahan lokal dan alami. Dian berusaha untuk memperkenalkan konsep memasak yang seimbang dan menyenangkan bagi pembaca, dengan menunjukkan bahwa makanan sehat juga bisa lezat. Dalam tulisannya, dia juga memberikan tips nutrisi dan informasi tentang manfaat makanan tertentu untuk kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Tahu Kupat Solo Kuah Kental

Masak Kecap: Membuat Masakan yang Lezat dengan Bahan yang Sederhana