Bami Goreng: Resep dan Cara Membuatnya

Apakah kamu sedang mencari hidangan yang enak dan praktis untuk disajikan di meja makan keluarga? Bami goreng bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikreasikan di dapur rumah. Bami goreng bisa ditemukan di restoran-restoran Tionghoa maupun di beberapa rumah makan yang menyajikan makanan Asia lainnya karena bami goreng adalah makanan populer di Asia. Paduan bumbu dan rempah yang dipakai dalam bami goreng sangat khas dan tentu saja enak. Selain itu, bahan-bahannya mudah didapat dan harganya terjangkau.

Bahan-bahan

Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bami goreng:

  • 200 gram mie basah
  • 2 buah wortel
  • 2 batang daun bawang
  • 1 buah bawang bombay
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah besar
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan saus tiram
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya

Cara Membuat Bami Goreng

Berikut ini adalah cara membuat bami goreng yang mudah dan praktis:

  1. Potong-potong wortel dan daun bawang sesuai selera. Iris bawang bombay dan cabai merah besar juga menjadi bagian-bagian yang harus dipotong kecil-kecil agar bisa mudah untuk di tumis.
  2. Rebus mie basah dengan air mendidih selama 5-10 menit, angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan minyak goreng di atas wajan. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan cabai hingga harum. Masukkan wortel dan aduk rata. Bila perlu, tambahkan air agar bahan-bahan bisa matang dengan sempurna.
  4. Tambahkan daun bawang dan mie basah ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga semua tercampur rata.
  5. Masukkan kecap manis, kecap asin, dan saus tiram. Aduk-aduk sampai bumbu-bumbu tercampur merata dan mie terlihat basah terkena bumbu. Tambahkan garam dan merica secukupnya sesuai selera.
  6. Angkat dan bami goreng siap disajikan.

FAQ

1. Apa itu bami goreng?

Bami goreng adalah masakan mie goreng khas Asia yang terbuat dari mie basah yang dicampur dengan rempah-rempah dan bahan makanan lainnya seperti wortel, daun bawang dan bawang bombay.

2. Apa yang membuat bami goreng enak?

Paduan rempah dan bumbu yang dipergunakan dalam bami goreng adalah yang membuatnya enak. Selain itu bahan-bahan yang dipakai dalam membuat bami goreng juga bisa menjadi faktor penyumbang kelezatan bami goreng.

3. Apa keunggulan bami goreng?

Bami goreng terkenal karena rasanya yang enak, mudah untuk disajikan dan untuk membuatnya, bahan bakunya mudah didapat di pasaran. Harganya pun terjangkau.

4. Jenis mie apa yang dipakai untuk membuat bami goreng?

Mie basah adalah jenis mie yang paling banyak dipakai untuk membuat bami goreng.

5. Apa istilah goreng dalam bami goreng?

Istilah goreng pada bami goreng adalah proses penggorengan dan pengadukan bahan-bahan bami goreng dalam wajan saat proses pembuatannya.

Kesimpulan

Bami goreng adalah hidangan yang mudah dan praktis untuk disajikan di meja makan keluarga. Bahan-bahannya mudah didapat dan harganya terjangkau. Proses pembuatannya juga sederhana dan cepat. Jadi, bami goreng bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin membuat hidangan lezat dan enak untuk keluarga dengan cara yang mudah dan praktis.

Written by Rizky Ramadhan

Rizky Ramadhan adalah seorang penulis dan koki amatir yang berdedikasi untuk menggali lebih dalam tentang warisan kuliner Indonesia. Melalui blognya, Rizky berbagi resep-resep khas dari berbagai daerah di Indonesia. Dia percaya bahwa makanan adalah jendela kebudayaan, dan dengan mempelajari dan mencoba masakan tradisional, kita dapat lebih memahami keanekaragaman budaya Indonesia. Dalam tulisannya, Rizky sering memadukan pengetahuan kuliner dengan cerita perjalanan pribadinya dalam mencicipi masakan-masakan lezat di seluruh Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Roti Gandum untuk Diabetes

Cara Membuat Angsle Khas Jawa Timur