Batagor Bandung: Kuliner Khas yang Menggugah Selera

Kota Bandung menyimpan kekayaan kuliner yang tak terhitung jumlahnya. Salah satu yang paling terkenal adalah batagor Bandung. Batagor merupakan singkatan dari "baso tahu goreng". Kombinasi dari baso (bakso) dan tahu yang dibungkus dengan kulit pangsit, lalu digoreng hingga terlihat garing dan renyah. Tidak hanya terkenal di Bandung, batagor juga sudah menyebar ke kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Mungkin sebagian besar dari Anda belum mencoba batagor Bandung. Maka dari itu, kami akan memberikan informasi secara lengkap tentang batagor Bandung. Apa yang membuatnya istimewa, di mana mencari batagor terbaik, dan bagaimana cara mengolahnya sendiri di rumah. Selamat membaca!

Apa itu Batagor Bandung?

Batagor Bandung adalah makanan jalanan yang terdiri dari tahu isi yang digoreng bersama baso ikan yang dicampur dengan tepung terigu, telur, dan bumbu-bumbu spesial. Setelah adonan dicampur, baso diisi ke dalam tahu dan dililiti dengan kulit pangsit. Selanjutnya, di-goreng dengan minyak panas hingga keemasan. Batagor biasanya dihidangkan dengan saus kacang yang pedas.

Terdapat beberapa varian batagor yang ada di Bandung. Ada yang mempunyai tekstur baso yang padat, empuk, atau berongga. Ada juga yang menggunakan udang untuk menggantikan daging ikan. Namun, yang paling populer dan terkenal adalah batagor yang terbuat dari ikan tenggiri.

Sejarah Batagor Bandung

Tahukah Anda kapan batagor Bandung pertama kali ditemukan? Ternyata, batagor Bandung berasal dari kebiasaan makan orang Tionghoa yang telah menetap di Indonesia selama berabad-abad. Awalnya, makanan ini dikenal dengan sebutan siomay, yaitu makanan Tionghoa yang mirip seperti dim sum yang dimakan bersama dengan saus kacang.

Namun, karena pecintanya di Bandung sangat banyak, batagor mulai dilirik oleh mereka yang tak memiliki kesempatan untuk pergi ke restoran atau rumah makan. Akhirnya, batagor pun dijual di pinggir jalan sebagai makanan cepat saji. Warung-warung batagor ini kemudian berkembang pesat, dan menjadi bagian yang akrab dari kota Bandung.

Tempat Mencari Batagor Terbaik di Bandung

Saat ini, sudah banyak penjual batagor yang tersebar di berbagai wilayah Bandung. Namun, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat makan batagor terbaik di Bandung:

  • Batagor Kingsley (Jalan Naripan)
  • Baso Sapi Asli Pak Gendut (Jalan Veteran)
  • Riri’s Batagor (Jalan Pungkur)
  • Batagor Riri (Jalan Buah Batu)

Meskipun masing-masing penjual memiliki rasa yang berbeda-beda, namun mereka memiliki kesamaan pada saus kacang yang pedas dan gurih. Harga satu porsi batagor di Bandung berkisar antara IDR 15.000 – IDR 30.000 tergantung dari ukuran dan isiannya.

Cara Membuat Batagor Bandung di Rumah

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi membuat batagor sendiri di rumah, berikut adalah beberapa langkah yang perlu diikuti:

Bahan-bahan:

  • 300 gram ikan tenggiri
  • 200 gram tahu putih, haluskan
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/4 sdt cuka
  • 50 gram air es
  • 30 lembar kulit pangsit
  • Minyak goreng secukupnya
  • Daun kemangi atau daun seledri untuk pelengkap

Saus kacang:

  • 200 gram kacang tanah, kupas dan goreng
  • 150 ml air matang
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 2-3 buah cabai rawit, iris tipis
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 sdt cuka
  • 1 sdt garam

Cara membuat:

  1. Haluskan ikan tenggiri dan campur dengan tahu, tepung terigu, telur, bawang putih, garam, lada, baking powder, cuka, dan air es. Aduk hingga rata.
  2. Ambil kulit pangsit, letakkan 1 sdm adonan di tengah kulit. Lipat ujung kulit hingga membentuk segitiga.
  3. Panaskan minyak goreng dalam penggorengan. Goreng batagor hingga keemasan selama kurang lebih 5 menit.
  4. Untuk membuat saus kacang, haluskan kacang tanah yang telah digoreng hingga halus. Campurkan dengan air, bawang putih, cabai rawit, gula, cuka, dan garam dalam wadah. Aduk rata.
  5. Batagor Bandung siap disajikan bersama saus kacang dan daun kemangi atau daun seledri sebagai pelengkap.

Kesimpulan

Batagor Bandung adalah salah satu makanan jalanan yang populer di Indonesia, terutama di kota Bandung. Berasal dari kebiasaan makan orang Tionghoa, batagor merupakan kombinasi dari tahu dan baso ikan yang dibungkus dengan kulit pangsit dan digoreng hingga keemasan. Tidak hanya lezat, batagor juga disajikan dengan saus kacang yang pedas dan gurih sehingga membuat lidah Anda menari.

Anda bisa menemukan banyak penjual batagor terbaik di Bandung, atau mencoba membuatnya sendiri di rumah. Yang jelas, batagor Bandung adalah pilihan yang tepat untuk mencicipi kuliner khas Kota Kembang. Selamat mencoba!

FAQ

Q: Apa itu batagor Bandung?
A: Batagor Bandung adalah makanan jalanan yang terdiri dari tahu isi yang digoreng bersama baso ikan yang dicampur dengan bumbu-bumbu spesial, kemudian dibungkus menggunakan kulit pangsit, dan digoreng hingga keemasan. Batagor biasanya disajikan dengan saus kacang yang pedas.

Q: Dari mana asal-usul batagor Bandung?
A: Batagor Bandung berasal dari kebiasaan makan orang Tionghoa yang telah menetap di Indonesia selama ratusan tahun. Awalnya, makanan ini bernama siomay dan dimakan bersama saus kacang.

Q: Apa rekomendasi tempat makan batagor terbaik di Bandung?
A: Beberapa rekomendasi tempat makan batagor terbaik di Bandung adalah Batagor Kingsley, Baso Sapi Asli Pak Gendut, Riri’s Batagor, dan Batagor Riri.

Q: Bagaimana cara membuat batagor Bandung sendiri di rumah?
A: Cara membuat batagor Bandung sendiri di rumah adalah dengan mencampurkan ikan tenggiri, tahu, tepung terigu, telur, bawang putih, garam, lada, baking powder, cuka, dan air es. Selanjutnya, kulit pangsit diisi dengan adonan dan digoreng hingga matang. Sebagai pelengkap, batagor Bandung bisa disajikan dengan saus kacang dan daun kemangi atau daun seledri.

Written by Amanda Rahardjo

Amanda Rahardjo adalah seorang penulis kuliner yang khususnya fokus pada resep-resep masakan Indonesia. Dengan keahlian dan pengalamannya yang luas dalam memasak, Amanda senang berbagi pengetahuannya dengan orang lain melalui blognya. Melalui tulisannya, dia ingin memperkenalkan dan melestarikan kekayaan kuliner Indonesia kepada pembaca di seluruh dunia. Selain menulis resep, Amanda juga suka membagikan tips memasak dan informasi seputar bahan-bahan makanan lokal yang dapat digunakan dalam masakan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Membuat Rendang Ayam: Ketinggalan Jaman dengan Menolak Ragam Rasa di Lidahmu

Kue Garpu Renyah: Resep dan Rahasia Membuatnya