Bawang Geprek: Cara Membuat dan Asal Usul

Bawang Geprek semakin populer di Indonesia, bahkan menjadi tren dan dijajakan di berbagai restoran. Namun, apakah Anda tahu cara membuat Bawang Geprek? Artikel ini akan membahas tentang Bawang Geprek secara komprehensif, termasuk asal usulnya, bahan baku yang dibutuhkan, cara membuat, dan juga beberapa tips berguna.

Asal Usul Bawang Geprek

Bawang Geprek berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Bawang Geprek adalah ayam goreng tepung yang disajikan bersama bawang goreng dan sambal pedas. Konsep Bawang Geprek mulai populer dengan dibukanya gerai Bawang Geprek Garing di Yogyakarta pada tahun 2015. Saat ini, Bawang Geprek menjadi hidangan yang populer di banyak restoran, bahkan banyak dari mereka menggunakan varian berbeda seperti seafood atau tempe.

Bahan Baku

Untuk membuat Bawang Geprek, Anda memerlukan bahan-bahan berikut:

  • Dada Ayam Kecil (500 gram)
  • Tepung Terigu (150 gram)
  • Tepung Maizena (50 gram)
  • Tepung Bubuk Baking (1 sendok makan)
  • Garam (2 1/2 sendok teh)
  • Lada (1/2 sendok teh)
  • Telur Ayam (2 butir)
  • Air (100 ml)
  • Minyak Goreng secukupnya
  • Bawang Goreng secukupnya

Cara Membuat Bawang Geprek

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Bawang Geprek yang enak dan renyah:

  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Iringi semua ayam dengan kuas atau setidaknya sapu hingga ayam banyak teroles tepung.

  2. Kocok lepas dua telur ke dalam mangkuk bersamaan dengan 100 ml air. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, tepung Bubuk Baking, garam dan lada ke dalam wadah besar. Aduk-aduk hingga rata.

  3. Celupkan dada ayam ke dalam adonan telur. Pastikan ayam terlapisi dengan baik.

  4. Celupkan ayam ke dalam campuran tepung. Pastikan ayam yang sudah dicelup dalam adonan telur terlebih dahulu diperhatikan sehingga tepung melekat dengan sempurna pada ayam.

  5. Goreng ayam dalam minyak goreng sudah panas dengan api sedang hingga kuning-kecoklatan. Biarkan dalam beberapa menit hingga benar-benar matang dan renyah. Keluarkan dari minyak.

  6. Letakkan ayam di atas saringan untuk menghilangkan minyak berlebihan.

  7. Pukul ayam dengan ujung gunting atau palu. Hatati tidak tepat pukulan sehingga daging tidak terebut dari tulang-tulangnya.

  8. Taburkan bawang goreng pada ayam.

  9. Panaskan wajan dengan minyak secukupnya dan masukkan sambal yang sudah siap. Aduk-aduk hingga masak.

  10. Sajikan ayam diatas sambal dan tambahkan bawang serut yang sangat lezat.

Tips Membuat Bawang Geprek

Untuk mendapatkan hasil Bawang Geprek yang lezat, Anda bisa menggunakan beberapa tips berikut:

  • Pastikan ayam benar-benar kering sebelum dicelupkan ke dalam adonan tepung, agar tepung melekat lebih sempurna dan hasilnya renyah.

  • Goreng dengan api sedang hingga matang sempurna. Jangan membuat minyak yang terlalu panas dan menggoreng terlalu cepat, karena hasilnya akan gosong dan tidak merata.

  • Taburi bawang goreng pada ayam goreng setelah diangkat dari wajan. Hal ini akan membuat Bawang Geprek lebih gurih.

  • Sambal dapat dibuat dengan level kepedasan yang disesuaikan dengan selera Anda. Tambahkan gula pasir ke dalam sambal pedas untuk mengurangi kadar kepedasan.

Kesimpulan

Bawang Geprek adalah hidangan yang lezat dan mudah dibuat di rumah. Dalam artikel ini, kami memberikan panduan langkah-langkah untuk membuat Bawang Geprek yang sempurna dan juga beberapa tips penting yang dapat membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih baik. Selamat mencoba!

FAQ

  1. Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Bawang Geprek?
  • Dada ayam kecil, tepung terigu, tepung maizena, tepung bubuk baking, garam, lada, telur ayam, air, bawang goreng, minyak goreng.
  1. Bagaimana cara membuat Bawang Geprek yang renyah?
  • Pastikan ayam benar-benar kering sebelum dicelupkan ke dalam adonan tepung, lalu goreng dengan api sedang hingga matang sempurna. Taburi bawang goreng pada ayam goreng setelah diangkat dari wajan.
  1. Dari mana asal usul Bawang Geprek?
  • Bawang Geprek berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta, dan mulai populer sejak dibukanya gerai Bawang Geprek Garing di Yogyakarta pada tahun 2015.

Written by Adi Susanto

Adi Susanto adalah seorang penulis dan pecinta kuliner yang berfokus pada masakan tradisional Indonesia. Melalui blognya, dia berbagi resep-resep klasik dari berbagai daerah di Indonesia, sering kali diwariskan dari generasi ke generasi. Adi percaya bahwa masakan tradisional memegang nilai-nilai budaya dan merupakan bagian penting dari identitas suatu daerah. Dalam tulisannya, dia tidak hanya berbagi resep, tetapi juga cerita-cerita unik di balik masakan-masakan tersebut. Dengan demikian, Adi berharap dapat membantu melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Kue Pancong Kekinian yang Lezat dan Mudah Dibuat

Cara Membuat Saus Kacang Cilok: Lezat dan Mudah!