Bebek Rica-Rica Cabe Hijau: Sensasi Pedas Khas Manado

Apakah Anda penggemar masakan pedas? Jika iya, maka pasti tidak akan melewatkan makanan khas Manado yang satu ini: Bebek Rica-Rica Cabe Hijau. Dengan perpaduan rasa pedas dan nikmat yang khas, membuat hidangan ini sangat populer di kawasan Sulawesi Utara.

Bebek Rica-Rica Cabe Hijau terkenal dengan bumbunya yang kaya akan rempah dan cabai hijau. Penyajian yang tepat dan waktu memasak yang pas membuat daging bebek empuk dan rasanya teraneka. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat Bebek Rica-Rica Cabe Hijau, bahan yang dibutuhkan, dan berbagai hal menarik seputar hidangan ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memasak, pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan sebagai berikut:

  • 1 ekor bebek, potong menjadi 12 bagian
  • 10 buah cabai hijau besar, iris bulat
  • 10 buah cabai merah besar, iris bulat
  • 8 buah bawang merah, iris tipis
  • 4 buah bawang putih, cincang halus
  • 3 cm jahe, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok makan gula
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 500 ml air matang
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Bebek Rica-Rica Cabe Hijau

  1. Langkah pertama dalam memasak Bebek Rica-Rica Cabe Hijau adalah menumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Setelah itu, tambahkan cabai hijau, cabai merah, jahe, serai, daun jeruk, dan daun salam ke dalam wajan dan aduk rata selama 2 – 3 menit.
  2. Setelah itu, masukkan potongan daging bebek ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu hingga daging berubah warna. Tambahkan air matang, garam, dan gula ke dalam wajan dan aduk rata kembali.
  3. Setelah itu, tambahkan air asam jawa dan masak hingga kuah mengental dan daging bebek matang. Bebek Rica-Rica Cabe Hijau siap disajikan dengan nasi hangat dan acar timun.

FAQ

Apakah Bebek Rica-Rica Cabe Hijau Terlalu Pedas?

Bebek Rica-Rica Cabe Hijau memang terkenal pedas, namun Anda dapat menyesuaikan kadar pedas sesuai dengan selera. Jika ingin lebih pedas, tambahkan cabai hijau dan cabai merah sesuai dengan selera.

Dapatkah Saya Menggunakan Jenis Daging Lain Selain Bebek?

Tentu saja. Anda dapat menggunakan jenis daging lain seperti ayam atau sapi, namun pastikan memasaknya sesuai dengan waktu yang dibutuhkan oleh daging tersebut.

Bisakah Saya Menggunakan Cabai Merah Saja?

Bebek Rica-Rica Cabe Hijau biasanya menggunakan campuran cabai merah dan hijau untuk memberikan sensasi pedas yang berbeda. Namun, Anda dapat memilih untuk menggunakan hanya cabai merah atau cabai hijau menyesuaikan selera.

Kesimpulan

Bebek Rica-Rica Cabe Hijau adalah hidangan khas Manado yang sangat populer di Indonesia. Dengan bumbu yang kaya akan rempah dan cabai hijau, membuat hidangan ini sangat cocok untuk Anda yang menggemari makanan pedas. Dalam artikel ini telah dibahas cara membuat Bebek Rica-Rica Cabe Hijau, bahan yang dibutuhkan, dan juga pertanyaan yang sering diajukan seputar hidangan ini. Selamat mencoba membuatnya!

Written by Amanda Rahardjo

Amanda Rahardjo adalah seorang penulis kuliner yang khususnya fokus pada resep-resep masakan Indonesia. Dengan keahlian dan pengalamannya yang luas dalam memasak, Amanda senang berbagi pengetahuannya dengan orang lain melalui blognya. Melalui tulisannya, dia ingin memperkenalkan dan melestarikan kekayaan kuliner Indonesia kepada pembaca di seluruh dunia. Selain menulis resep, Amanda juga suka membagikan tips memasak dan informasi seputar bahan-bahan makanan lokal yang dapat digunakan dalam masakan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Membuat Spageti yang Mantap

Resep Mie Pecal Medan: Uniknya Rasa Khas Sumatra Utara