Braising Adalah Teknik Memasak: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Braising adalah salah satu teknik memasak yang paling populer dan sering digunakan di dapur profesional dan rumah tangga. Teknik ini melibatkan memasak makanan dalam jumlah besar cairan di dalam wajan tertutup pada suhu rendah dan lambat selama beberapa jam. Makanan yang dimasak dengan teknik braising umumnya sangat lezat dan empuk. Artikel ini akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang braising, dari definisi hingga cara merebus makanan menggunakan teknik ini.

Apa itu Braising?

Braising adalah teknik memasak yang melibatkan memasak makanan dalam jumlah besar cairan yang meliputi sekitar 1/3 bagian makanan di dalam wajan tertutup pada suhu rendah dan lambat. Teknik ini digunakan untuk memasak makanan seperti daging sapi, ayam, dan babi, yang umumnya menjadi empuk dan lebih mudah diolah setelah di dalam wajan. Braising banyak dilakukan di seluruh dunia oleh koki profesional dan penggemar dapur rumah tangga.

Cara Mempersiapkan Makanan untuk Braising

Sebelum memasak makanan dengan teknik braising, ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan. Pertama, Anda harus memilih bahan makanan yang tepat. Daging sapi, ayam, dan babi adalah bahan yang paling umum digunakan untuk braising. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kacang-kacangan, jagung, batata, kol, dan banyak lagi.

Setelah memilih bahan yang tepat, pastikan untuk memotong dan membersihkan bahan makanan dengan benar. Potong daging menjadi irisan tebal atau potongan besar agar makanan tetap padat saat dimasak dan tidak hancur. Selanjutnya, pastikan untuk membersihkan bahan makanan dengan benar sebelum dimasak.

Terakhir, persiapkan bahan-bahan tambahan seperti bawang putih, bawang bombay, dan bahan lainnya sesuai selera Anda. Selain itu, pastikan untuk mempersiapkan cairan seperti kaldu, anggur, atau air sesuai resep yang digunakan.

Cara Merebus Makanan dengan Teknik Braising

Setelah bahan-bahan siap, Anda siap memasak dengan teknik braising. Berikut adalah cara merebus makanan dengan teknik braising:

  • Panaskan wajan dengan sedikit minyak sayur.
  • Tambahkan bawang putih dan bawang bombay, dan tumis sampai harum.
  • Tambahkan daging atau bahan makanan lainnya, lalu tumis sampai cokelat dan kecoklatan di semua sisinya.
  • Tuangkan cairan seperti kaldu atau anggur ke dalam wajan, lalu tambahkan bahan-bahan tambahan seperti wortel, jagung, atau bahan makanan lainnya.
  • Tutup wajan dan masak pada suhu rendah selama beberapa jam hingga makanan empuk dan matang sempurna.

Keuntungan Teknik Braising

Teknik braising memiliki berbagai keuntungan yang menjadikannya teknik memasak yang populer di seluruh dunia. Beberapa keuntungan tersebut antara lain adalah:

  • Makanan yang dimasak dengan teknik braising biasanya sangat lezat dan empuk.
  • Teknik ini dapat digunakan untuk memasak bahan makanan dengan cepat dan mudah.
  • Pembuangan bahan makanan tidak perlu dilakukan, karena semua bahan makanan direbus bersama-sama.
  • Teknik braising dapat digunakan untuk memperpanjang umur simpan makanan.

Kesimpulan

Braising adalah teknik memasak yang sangat populer di dapur profesional dan rumah tangga. Teknik ini melibatkan memasak makanan dalam jumlah besar cairan di dalam wajan tertutup pada suhu rendah dan lambat selama beberapa jam. Makanan yang dimasak dengan teknik braising biasanya sangat lezat dan empuk, dan teknik ini juga memiliki berbagai keuntungan. Jangan ragu untuk mencoba teknik braising dan menambahkan variasi dalam menyiapkan hidangan sehari-hari Anda!

Written by Amanda Rahardjo

Amanda Rahardjo adalah seorang penulis kuliner yang khususnya fokus pada resep-resep masakan Indonesia. Dengan keahlian dan pengalamannya yang luas dalam memasak, Amanda senang berbagi pengetahuannya dengan orang lain melalui blognya. Melalui tulisannya, dia ingin memperkenalkan dan melestarikan kekayaan kuliner Indonesia kepada pembaca di seluruh dunia. Selain menulis resep, Amanda juga suka membagikan tips memasak dan informasi seputar bahan-bahan makanan lokal yang dapat digunakan dalam masakan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Oseng Oncom: Olahan Lezat dari Bahan Pangan Tradisional

Cara Bikin Sambal Bawang: Resep Gampang dan Enak