Bumbu dari Batang: Mengenal dan Memanfaatkan Potensi Bumbu yang Terabaikan

Bumbu dapur selalu menjadi elemen penting dalam setiap hidangan. Bumbu telah menjadi warisan sejak zaman dahulu yang terus diwariskan dari generasi ke generasi. Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai macam bumbu yang digunakan dalam masakan tradisional, mulai dari rempah-rempah hingga sayuran segar. Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa terdapat potensi bumbu yang bisa ditemukan pada bagian-bagian tertentu dari tumbuhan, seperti pada bagian batang.

Potensi Bumbu dari Batang

Banyak orang mengira bahwa bagian batang hanya sebagai rangka untuk menjaga tegaknya tumbuhan. Padahal, terdapat beberapa jenis tumbuhan yang batangnya mengandung senyawa-senyawa yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam makanan. Beberapa jenis bumbu dari batang yang cukup populer di Indonesia antara lain:

1. Serai

Serai atau sereh adalah tumbuhan yang sering ditemui di daerah tropis, termasuk Indonesia. Sebagian besar orang hanya mengenal bagian bawah dari serai sebagai bumbu masakan. Padahal, batang serai juga mengandung senyawa yang memberikan aroma dan rasa khas pada hidangan. Kandungan senyawa pada batang serai sangatlah berkhasiat bagi kesehatan, antara lain bisa mengobati masalah pencernaan dan mencegah kanker.

2. Lengkuas

Lengkuas atau laos adalah salah satu bahan dasar dalam pembuatan makanan khas Indonesia, seperti soto dan rendang. Namun, tidak banyak orang yang menyadari bahwa batang lengkuas juga mengandung senyawa yang bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Selain memberikan aroma dan rasa khas pada hidangan, kandungan senyawa pada batang lengkuas juga berkhasiat untuk mengatasi sakit kepala dan masalah pencernaan.

3. Jeruk Purut

Jeruk purut seringkali dijadikan sebagai aroma penyedap dalam hidangan, seperti nasi goreng dan pepes. Namun, bagian batang jeruk purut juga memiliki senyawa yang memberikan aroma dan rasa khas pada masakan. Senyawa pada batang jeruk purut sangat baik bagi kesehatan, karena bisa membantu meredakan sakit kepala, mencegah kanker, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara Menggunakan Bumbu dari Batang

Setelah mengetahui potensi dan kandungan yang terdapat pada bumbu dari batang, tentu saja kita juga harus tahu cara mengolahnya agar bisa dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam masakan. Berikut adalah beberapa cara mengolah bumbu dari batang:

1. Penggunaan Batang Utuh

Cara termudah untuk menggunakan bumbu dari batang adalah dengan memotongnya secara utuh dan menambahkannya pada masakan. Hal ini bisa dilakukan pada bumbu-bumbu seperti serai dan lengkuas. Cara ini cukup efektif dalam memberikan aroma dan rasa khas pada hidangan.

2. Pencampuran dengan Bahan Lain

Bumbu dari batang juga bisa dicampurkan dengan bahan lain yang sudah dihaluskan, seperti bawang putih dan jahe. Hal ini akan memberikan rasa dan aroma yang lebih kompleks pada hidangan.

3. Pemanfaatan Sari Batang

Untuk bumbu seperti jeruk purut, kita bisa memanfaatkan sari batang yang diambil dengan menggunakan teknik perasan atau ekstraksi. Sari batang ini bisa dicampurkan dengan bahan lain atau langsung ditambahkan pada hidangan.

Kesimpulan

Bumbu dari batang adalah potensi bahan tambahan yang seringkali terabaikan. Padahal, setiap bagian dari tumbuhan memiliki kandungan senyawa yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam masakan. Beberapa jenis bumbu dari batang yang cukup populer di Indonesia antara lain serai, lengkuas, dan jeruk purut. Cara penggunaan bumbu dari batang juga cukup variatif, mulai dari penggunaan batang utuh hingga pemanfaatan sari batang. Dengan memanfaatkan bumbu dari batang, kita bisa menambahkan aroma dan rasa khas pada hidangan serta mendapatkan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Written by Maya Widianti

Maya Widianti adalah seorang penulis dan food stylist yang mengabdikan dirinya pada keindahan visual dalam dunia kuliner. Dalam tulisannya, dia tidak hanya berbagi resep, tetapi juga cerita-cerita unik di balik masakan-masakan tersebut. Dengan demikian, Adi berharap dapat membantu melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Bikin Telur Dadar: Tips dan Trik Sederhana

Opor Telur: Kaya Rasa, Mudah Dibuat, dan Banyak Digemari