Bumbu Semur Jengkol: Rahasia Nikmatnya Semur Jengkol

Jengkol merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki cita rasa unik dan khas, namun sayangnya tidak semua orang menyukainya. Akan tetapi, jika jengkol disajikan dengan cara yang tepat, seperti dalam semur jengkol dengan bumbu yang pas, rasanya bisa sangat nikmat dan menggugah selera.

Mengenal Semur Jengkol

Semur jengkol adalah salah satu jenis masakan yang sangat terkenal di Indonesia, terutama di daerah Jawa dan Sumatra. Masakan ini biasanya terdiri dari jengkol yang dimasak dengan bumbu-bumbu rempah yang khas, seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar. Selain itu, ada juga beberapa bahan lain yang digunakan dalam pembuatan semur jengkol, seperti kacang merah, kecap manis, dan gula merah.

Bumbu Semur Jengkol

Berikut ini adalah resep bumbu semur jengkol yang bisa Anda coba di rumah:

Bahan:

  • 300 gram jengkol, kupas, potong, rebus dan tiriskan
  • 4 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 1/2 sdt ketumbar, sangrai
  • 1 ruas jari jahe, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk, iris tipis
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm gula merah, serut
  • 500 ml air
  • secukupnya Garam dan merica

Cara membuat:

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan kemiri dan ketumbar, tumis sampai harum.
  3. Tambahkan jengkol, jahe, daun salam, dan daun jeruk. Tumis sebentar.
  4. Tuang air dan beri garam, merica, gula merah, dan kecap manis.
  5. Masak dengan api kecil sampai air menyusut dan semur jengkol matang merata. Jika ingin lebih kental, Anda bisa mengurangi jumlah air.

FAQ

Apa itu semur jengkol?

Semur jengkol adalah salah satu jenis masakan khas Indonesia yang terbuat dari jengkol yang dimasak dengan bumbu-bumbu rempah yang khas.

Bagaimana cara membuat semur jengkol?

Untuk membuat semur jengkol, Anda membutuhkan jengkol yang sudah direbus, serta bumbu-bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar. Selain itu, Anda juga perlu menambahkan berbagai bahan lain seperti daun salam, daun jeruk, kecap manis, dan gula merah.

Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat semur jengkol?

Untuk membuat semur jengkol, Anda membutuhkan jengkol, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, jahe, daun salam, daun jeruk, kecap manis, gula merah, air, garam, dan merica.

Bagaimana cara menyajikan semur jengkol yang enak?

Untuk menyajikan semur jengkol yang enak, sebaiknya Anda mengolahnya dengan bumbu yang pas dan memasaknya sampai matang merata. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti kacang merah, potongan daging sapi atau ayam, atau tahu goreng untuk membuat semur jengkol lebih lezat.

Kesimpulan

Semur jengkol merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang memiliki cita rasa unik dan khas. Untuk membawa hidangan ini ke meja makan Anda, Anda bisa mengikuti resep bumbu semur jengkol yang saya jelaskan di atas. Selamat mencoba!

Written by Maya Widianti

Maya Widianti adalah seorang penulis dan food stylist yang mengabdikan dirinya pada keindahan visual dalam dunia kuliner. Dalam tulisannya, dia tidak hanya berbagi resep, tetapi juga cerita-cerita unik di balik masakan-masakan tersebut. Dengan demikian, Adi berharap dapat membantu melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bumbu Membuat Perkedel Kentang: Nikmati Kelezatan yang Praktis

Masakan Jaman Dahulu: Menjelajahi Kelezatan Masa Lalu