Cara Bikin Ceker Mercon: Kuliner Pedas Khas Indonesia

Ceker ayam merupakan bagian dari ayam yang dianggap sebagai daging yang kurang diremehkan. Banyak orang mencari cara untuk mengolahnya agar bisa menjadi hidangan yang lezat dan enak. Salah satu olahan ceker ayam yang cukup populer adalah ceker mercon. Ceker mercon dikenal sebagai kuliner pedas khas Indonesia yang sangat nikmat dan menggugah selera. Pada artikel ini, kami akan membahas dengan detail cara bikin ceker mercon yang mudah dan simple. Mari kita mulai!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memasak ceker mercon, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • Ceker ayam sebanyak 500 gram
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Untuk Bumbu Halus

  • Bawang putih sebanyak 6 siung
  • Bawang merah sebanyak 10 butir
  • Tomat sebanyak 2 buah
  • Cabai merah sebanyak 10 buah
  • Cabai rawit sebanyak 15 buah
  • Kemiri sebanyak 3 butir
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut ini langkah-langkah membuat ceker mercon yang bisa Anda ikuti dengan mudah:

  1. Pertama, rebus ceker ayam hingga empuk. Pisahkan air rebusan dan ceker ayam. Simpan air rebusan untuk bahan tambahan dalam membuat kuah.

  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, tomat, cabai merah, cabai rawit, dan kemiri. Gunakan blender atau cobek dan uleg untuk menghaluskan bumbu ini.

  3. Panaskan minyak goreng di wajan. Tumis bumbu halus hingga harum. Pastikan Anda menumis bumbu dalam api sedang, agar bumbu tidak gosong.

  4. Setelah bumbu halus matang dan harum, masukkan ceker ayam. Aduk hingga semua ceker ayam tercampur dengan bumbu.

  5. Masukkan air rebusan ceker ayam, garam, dan gula pasir. Aduk dan biarkan hingga ceker ayam dengan bumbunya mendidih. Periksa rasa dan sesuaikan dengan selera Anda. Jika kurang pedas, tambahkan cabai rawit secukupnya.

  6. Setelah matang, angkat dan sajikan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bagaimana cara memilih ceker ayam yang baik?

Pilih ceker ayam yang masih segar dan memiliki kulit yang tidak terlalu kering. Ceker ayam yang terlalu kering atau sudah menghitam dapat membuat hidangan menjadi tidak sedap.

2. Apakah ceker mercon selalu pedas?

Bisa ya, bisa tidak. Intensitas kepedasan bisa disesuaikan dengan jumlah cabai yang digunakan. Jika Anda tidak suka pedas, kurangi jumlah cabai rawit yang digunakan.

3. Bisakah saya menggunakan bahan-bahan alternatif dalam membuat ceker mercon?

Tentu saja. Anda bisa menambahkan jahe atau kunyit di dalam bumbu halus untuk memberikan rasa yang berbeda. Anda juga bisa menambahkan santan ke dalam kuah untuk membuat rendang ceker.

Kesimpulan

Ceker mercon adalah hidangan pedas khas Indonesia yang banyak digemari karena rasa gurih dan pedasnya. Dalam membuat ceker mercon, pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dengan baik dan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan. Jangan lupa untuk mencoba variasi bahan dan rempah agar ceker mercon yang Anda hasilkan semakin lezat dan menggoda selera!

Written by Rizky Ramadhan

Rizky Ramadhan adalah seorang penulis dan koki amatir yang berdedikasi untuk menggali lebih dalam tentang warisan kuliner Indonesia. Melalui blognya, Rizky berbagi resep-resep khas dari berbagai daerah di Indonesia. Dia percaya bahwa makanan adalah jendela kebudayaan, dan dengan mempelajari dan mencoba masakan tradisional, kita dapat lebih memahami keanekaragaman budaya Indonesia. Dalam tulisannya, Rizky sering memadukan pengetahuan kuliner dengan cerita perjalanan pribadinya dalam mencicipi masakan-masakan lezat di seluruh Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Pia Kering Berlapis: Cara Membuat Pia Kering yang Gurih dan Renyah

Masak Nasi Uduk: Tips dan Cara yang Mudah