Cara Bikin Cimol Empuk: Tips dan Trik dari Seorang Chef Profesional

Jika Anda adalah pecinta makanan Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi dengan cimol. Cimol atau aci digoreng kepalang adalah makanan ringan yang sangat populer di wilayah Jawa Barat, terutama di Kota Bandung. Kudapan yang satu ini memiliki cita rasa gurih dan renyah yang sulit untuk ditolak. Namun, selain itu, cimol juga dikenal dengan teksturnya yang empuk dan lembut.

Tapi, tahukah Anda bagaimana cara membuat cimol yang empuk dan lembut seperti yang Anda inginkan? Dalam artikel ini, saya, seorang chef dengan pengalaman bertahun-tahun dalam dunia masakan, akan berbagi tips dan trik untuk membuat cimol empuk yang pasti akan menggugah selera Anda.

Menyiapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai cara membuat cimol empuk, pastikan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda perlukan:

  • 200 gram tepung kanji
  • 100 gram tepung terigu protein rendah
  • 2 siung bawang putih, dicincang halus
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 300 ml air matang
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Cimol Empuk

Setelah bahan-bahan disiapkan dengan benar, langkah selanjutnya adalah membuat adonan cimol. Berikut adalah cara membuat adonan cimol empuk:

  1. Campurkan tepung kanji, tepung terigu, bawang putih, garam, dan merica bubuk dalam sebuah wadah. Aduk rata.
  2. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.
  3. Diamkan adonan selama 10-15 menit agar adonan mengembang.
  4. Ambil satu sendok makan adonan dan bulatkan dengan tangan hingga berbentuk bulatan kecil.
  5. Panaskan minyak dalam wajan hingga cukup panas.
  6. Goreng adonan cimol dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan dan matang sempurna.
  7. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat cimol empuk yang lezat dan renyah. Namun, agar cimol yang dihasilkan lebih empuk dan lembut, berikut adalah beberapa tips yang kami sarankan untuk diketahui:

Tip #1: Jangan Terlalu Banyak Mengaduk Adonan

Saat membuat adonan, pastikan Anda tidak terlalu banyak mengaduk adonan. Mengapa begitu? Ketika Anda terlalu banyak mengaduk adonan, gluten di dalam tepung terigu akan meleleh dan adonan menjadi lengket dan sulit diolah. Maka, adonan yang dihasilkan tidak akan empuk dan lembut.

Tip #2: Diamkan Adonan Sebelum Digoreng

Setelah membuat adonan cimol, diamkan adonan selama 10-15 menit sebelum digoreng. Hal ini akan memberikan waktu bagi adonan untuk mengembang. Adonan yang mengembang akan membuat cimol lebih empuk dan lembut.

Tip #3: Goreng Dalam Minyak Panas Yang Cukup

Saat menggoreng cimol, pastikan minyak dalam wajan cukup panas. Mengapa? Ketika minyak tidak cukup panas, cimol akan menyerap minyak terlalu banyak dan tidak akan matang secara merata. Hal ini akan membuat cimol terlalu berminyak dan tidak empuk.

Tip #4: Tambahkan Tepung Terigu Protein Rendah

Untuk membuat cimol yang empuk dan lembut, tambahkan tepung terigu protein rendah ke dalam adonan cimol. Tepung terigu protein rendah menghasilkan adonan yang lebih empuk dan lembut.

FAQ

Apa itu cimol?

Cimol atau aci digoreng kepalang adalah makanan ringan yang sangat populer di wilayah Jawa Barat, terutama di Kota Bandung. Kudapan yang satu ini memiliki cita rasa gurih dan renyah yang sulit untuk ditolak.

Apa bahan-bahan yang digunakan dalam membuat cimol?

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat cimol adalah tepung kanji, tepung terigu protein rendah, bawang putih, garam, merica bubuk, air matang, dan minyak goreng.

Bagaimana cara membuat cimol yang empuk?

Untuk membuat cimol empuk, campurkan tepung kanji, tepung terigu, bawang putih, garam, dan merica bubuk dalam sebuah wadah. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan. Diamkan adonan selama 10-15 menit agar adonan mengembang. Ambil satu sendok makan adonan dan bulatkan dengan tangan hingga berbentuk bulatan kecil. Goreng adonan cimol dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan dan matang sempurna.

Apa tips-tips agar cimol lebih empuk?

Tips agar cimol lebih empuk adalah jangan terlalu banyak mengaduk adonan, diamkan adonan sebelum digoreng, goreng dalam minyak panas yang cukup, dan tambahkan tepung terigu protein rendah ke dalam adonan cimol.

Kesimpulan

Nah, itu dia cara membuat cimol yang empuk dan lembut. Sekarang, Anda bisa membuat cimol di rumah dengan mudah dan praktis. Berkat tips dan trik yang disediakan di atas, Anda dapat membuat cimol yang empuk dan lezat yang pasti akan memuaskan selera Anda. Selamat mencoba!

Written by Maya Widianti

Maya Widianti adalah seorang penulis dan food stylist yang mengabdikan dirinya pada keindahan visual dalam dunia kuliner. Dalam tulisannya, dia tidak hanya berbagi resep, tetapi juga cerita-cerita unik di balik masakan-masakan tersebut. Dengan demikian, Adi berharap dapat membantu melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tongseng Sapi Sederhana: Resep Yang Mudah Dibuat

Bola Bola Ubi Kopong: Kuliner Unik yang Laris di Pasaran