Cara Membuat Beef Teriyaki Empuk: Resep dan Tips

Jika Anda suka masakan Jepang, pasti tidak asing dengan teriyaki. Teriyaki adalah saus manis dan gurih yang sering digunakan sebagai bumbu untuk daging ayam, ikan, dan daging sapi. Salah satu masakan teriyaki yang sangat populer adalah beef teriyaki.

Beef teriyaki adalah masakan daging sapi yang dipanggang atau di-pan-fry dengan teriyaki sauce dan bumbu lainnya. Dagingnya harus empuk dan juicy, serta saus teriyaki harus melimpah untuk memberikan rasa yang enak dan lezat.

Namun, kita sering kesulitan membuat beef teriyaki yang enak karena dagingnya sulit diolah dan sulit dijadikan empuk. Jangan khawatir, dalam artikel ini saya akan membagikan resep dan tips tentang cara membuat beef teriyaki empuk dengan mudah. Simak artikel ini sampai selesai!

Resep Beef Teriyaki

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging sapi has dalam tanpa lemak
  • 1 bawang bombai
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah jahe ukuran sedang
  • 1/4 cup kecap Jepang
  • 1/4 cup mirin
  • 1/4 cup gula pasir

Cara membuat:

  1. Potong daging sapi menjadi 1 cm x 1 cm x 5 cm.
  2. Iris bawang bombai dan bawang putih tipis-tipis.
  3. Kupas kulit jahe dan potong tipis.
  4. Campurkan kecap Jepang, mirin, dan gula pasir dalam mangkuk kecil.
  5. Panaskan wajan dengan api besar, ketika sudah panas tambahkan daging dan goreng hingga berwarna coklat keemasan, angkat dan sisihkan.
  6. Tambahkan bawang bombai, bawang putih, dan jahe ke dalam wajan yang sama, goreng hingga harum dan matang.
  7. Masukkan kembali daging sapi, aduk rata dan tambahkan campuran kecap Jepang, mirin, dan gula pasir.
  8. Aduk lagi hingga saus tercampur rata dengan daging sapi dan bawang.
  9. Biarkan teriyaki meresap selama 10 menit, angkat, dan sajikan dengan nasi putih.

Tips untuk Membuat Beef Teriyaki Empuk

  1. Pilih daging sapi yang tepat: Gunakan daging sapi has dalam tanpa lemak karena daging ini memiliki kandungan kolagen yang tinggi sehingga bisa membuat daging empuk dan tidak keras saat dimasak. Pilih daging yang berwarna cerah dan tidak berbau amis.
  2. Potong daging sapi dengan benar: Potong daging dengan ukuran 1 cm x 1 cm x 5 cm. Potongan daging yang terlalu tipis atau terlalu tebal akan membuat daging tidak empuk saat dimasak.
  3. Rendam daging sapi dalam air bersih: Sebelum dimasak, rendam daging sapi dalam air bersih selama 30 menit. Rendaman ini akan melembutkan daging dan membuang kotoran yang mungkin masih menempel pada daging.
  4. Gunakan teknik memasak yang tepat: Untuk membuat beef teriyaki, ada dua teknik memasak yang bisa digunakan yaitu memanggang dan pan-frying. Untuk membuat daging empuk, sebaiknya gunakan teknik pan-frying. Panaskan wajan terlebih dahulu dan jangan menambahkan terlalu banyak minyak goreng agar daging tidak terlalu berminyak.
  5. Gunakan saus teriyaki yang tepat: Saus teriyaki yang baik harus memiliki rasa manis dan gurih yang seimbang. Tambahkan gula pasir agar saus teriyaki pemanisan lebih meresap dengan baik pada daging sapi dan memberikan sensasi rasa yang enak.
  6. Jangan terlalu lama mengolah daging: Jangan terlalu lama mengolah daging karena kemungkinan akan membuat daging menjadi keras dan kering.

FAQ

Apakah beef teriyaki bisa dijadikan menu sehari-hari?

Ya, beef teriyaki bisa menjadi menu sehari-hari yang enak dan menyehatkan. Beef teriyaki mengandung protein dan memiliki gizi yang cukup untuk tubuh.

Apakah beef teriyaki sangat sulit untuk dimasak?

Tidak, beef teriyaki sangat mudah untuk dimasak dengan resep yang tepat. Yang terpenting adalah memilih bahan dan mengolah daging sapi dengan benar. Ikuti resep dan tips yang kami bagikan, dan pasti Anda bisa membuat beef teriyaki empuk dengan mudah.

Apakah beef teriyaki hanya bisa dimasak dengan teknik pan-frying?

Tidak, beef teriyaki juga bisa dimasak dengan teknik memanggang. Namun, untuk menghasilkan daging yang empuk, sebaiknya gunakan teknik pan-frying.

Kesimpulan

Demikianlah resep dan tips tentang cara membuat beef teriyaki empuk dengan mudah. Ingatlah untuk memilih daging sapi yang tepat, potong daging dengan benar, dan gunakan teknik memasak yang tepat untuk menghasilkan beef teriyaki yang empuk dan enak. Selamat mencoba!

Written by Dian Utami

Dian Utami adalah seorang food blogger dan penulis buku masakan. Dengan latar belakang sebagai seorang ahli gizi, Dian memiliki minat yang besar terhadap makanan sehat dan bergizi. Melalui blognya, dia berbagi resep-resep sehat yang menggunakan bahan-bahan lokal dan alami. Dian berusaha untuk memperkenalkan konsep memasak yang seimbang dan menyenangkan bagi pembaca, dengan menunjukkan bahwa makanan sehat juga bisa lezat. Dalam tulisannya, dia juga memberikan tips nutrisi dan informasi tentang manfaat makanan tertentu untuk kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasi Goreng Bahan: Ide Membuat Nasi Goreng dari Berbagai Bahan

Resep Sambal Goreng Jipang