Cara Membuat Kue Onde Onde

Jika Anda seorang penggemar makanan tradisional, pasti sudah tidak asing lagi dengan kue onde onde. Kue ini biasanya terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah dan kemudian digoreng. Tampilannya yang kecil dan bulat membuatnya cocok sebagai camilan atau sebagai hidangan penutup. Cara membuat kue onde onde sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Berikut adalah resep lengkapnya.

Bahan-Bahan

  • 250 gram tepung ketan
  • 150 ml air pandan
  • 200 gram gula merah, sisir halus
  • Kacang hijau, rebus (opsional)
  • Kelapa parut, kukus, beri sedikit garam

Langkah-Langkah

  1. Campur tepung ketan dan air pandan hingga adonan tercampur rata dan tidak lengket.
  2. Ambil sedikit adonan ketan, pipihkan hingga berbentuk segi empat. Tambahkan sedikit gula merah dan tutup dengan tepung ketan. Bentuk adonan menjadi bulat.
  3. Rebus air hingga mendidih. Masukkan kue onde onde ke dalam air mendidih. Tunggu hingga kue mengapung lalu angkat.
  4. Langkah terakhir adalah menggoreng kue onde onde dalam minyak panas hingga berwarna keemasan.

FAQ

1. Apakah kue onde-onde berbahaya jika terlalu banyak memakan?

Seperti makanan manapun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, kue onde onde dapat merugikan kesehatan. Namun, bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, kue ini cukup aman untuk dikonsumsi.

2. Apakah kue onde-onde dapat disimpan?

Ya, kue onde onde dapat disimpan selama beberapa hari. Simpan kue di dalam kulkas dalam wadah tertutup.

3. Bolehkah kacang hijau diisi ke dalam adonan kue onde onde?

Ya, kacang hijau dapat ditambahkan ke dalam adonan sebagai variasi. Rebus kacang hijau terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam adonan.

4. Apa yang membuat kue onde onde lezat?

Rasa manis dari gula merah serta tekstur yang kenyal dari adonan ketan membuat kue onde onde menjadi lezat dan nikmat untuk dinikmati.

Kesimpulan

Kue onde onde adalah salah satu makanan tradisional yang mudah dibuat dan sangat nikmat untuk dinikmati. Adonannya yang berisi gula merah memberikan rasa manis yang khas, sementara teksturnya yang kenyal membuatnya semakin enak. Dapat disajikan sebagai camilan atau sebagai hidangan penutup, kue onde onde sangat cocok untuk dinikmati bersama teman, keluarga, atau di hari-hari istimewa. Cobalah untuk membuat kue onde onde sendiri di rumah dan rasakan kenikmatannya!

Written by Maya Widianti

Maya Widianti adalah seorang penulis dan food stylist yang mengabdikan dirinya pada keindahan visual dalam dunia kuliner. Dalam tulisannya, dia tidak hanya berbagi resep, tetapi juga cerita-cerita unik di balik masakan-masakan tersebut. Dengan demikian, Adi berharap dapat membantu melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Kue Moho Khas Semarang

Membuat Wedang Jahe: Resep dan Manfaat untuk Kesehatan