Cara Membuat Onde Onde Hijau: Resep dan Langkah-Langkah Praktis

Apakah Anda pencinta kuliner yang ingin mencoba membuat onde onde hijau sebagai cemilan lezat? Jika ya, berarti artikel ini cocok untuk Anda. Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi selengkapnya mengenai cara membuat onde onde hijau yang praktis, mudah diikuti dan tentunya lezat.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat onde onde hijau, pastikan bahwa semua bahan sudah siap. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat onde onde hijau.

  • 250 gr tepung ketan
  • 100 ml air suji (dapat diganti dengan air daun pandan)
  • 100 gr gula merah, disisir halus
  • 1/4 sdt garam
  • Kelapa parut secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat Onde Onde Hijau

Setelah semua bahan tersedia, berikut ini langkah-langkah praktis untuk membuat onde onde hijau.

1. Persiapkan Adonan Ketan

  • Campurkan tepung ketan dengan air suji. Aduk-aduk hingga tepung tercampur dengan baik.
  • Diamkan campuran selama kurang lebih 2 jam. Setelah 2 jam, uleni kembali adonan agar menjadi lembut dan tidak lengket.

2. Persiapkan Isian Onde Onde

  • Panaskan gula merah bersama dengan sedikit air di atas api kecil. Aduk hingga gula merah larut dengan baik. Setelah larut, angkat dan dinginkan.
  • Buat bola kecil dari gula merah yang sudah dingin. Siapkan juga kelapa parut sebagai taburan.

3. Bentuk Onde Onde

  • Ambil satu sendok makan adonan ketan. Pipihkan dan isi dengan bola gula merah. Bulatkan lalu tutup dengan adonan ketan. Ulangi langkah ini sampai habis.
  • Panaskan air di dalam panci hingga mendidih. Masukkan onde-onde yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih.
  • Setelah onde-onde sudah mengapung, angkat dan tiriskan.
  • Gulingkan onde-onde pada kelapa parut hingga seluruh permukaannya terbalut kelapa parut.

FAQ

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait dengan cara membuat onde onde hijau ini.

1. Bisakah Air Suji Diganti dengan Air Daun Pandan?

Bisa. Bila tidak tersedia air suji, Anda dapat menggantinya dengan air daun pandan. Caranya, cukup rebus daun pandan bersama air hingga warnanya hijau dan berbau wangi. Setelah itu, gunakan air tersebut untuk mencampur tepung ketan.

2. Bolehkah Menggunakan Gula Pasir Sebagai Isian Onde-Onde?

Bisa juga. Namun, gula pasir tidak memberikan rasa spesial pada onde-onde. Jika ingin rasa yang lebih nikmat, disarankan untuk tetap menggunakan gula merah.

3. Kenapa Onde-Onde Tidak Mengapung di Air?

Onde-onde yang terlalu padat atau terlalu lembek dapat membuatnya sulit mengapung di air. Pastikan penggunaan air dan adonan tepung ketan memiliki perbandingan yang tepat. Jika masih sulit mengapung, Anda dapat menambahkan sedikit baking powder ke dalam adonan ketan untuk membuatnya lebih ringan.

Kesimpulan

Itulah cara membuat onde onde hijau yang praktis dan simple. Siapkan bahan-bahan dengan cukup, ikuti langkah-langkah dengan benar, dan jangan lupa tambahkan gula merah di tengah sebagai pemanis dan kelapa parut sebagai komponen pelengkapnya. Selamat mencoba!

Written by Amanda Rahardjo

Amanda Rahardjo adalah seorang penulis kuliner yang khususnya fokus pada resep-resep masakan Indonesia. Dengan keahlian dan pengalamannya yang luas dalam memasak, Amanda senang berbagi pengetahuannya dengan orang lain melalui blognya. Melalui tulisannya, dia ingin memperkenalkan dan melestarikan kekayaan kuliner Indonesia kepada pembaca di seluruh dunia. Selain menulis resep, Amanda juga suka membagikan tips memasak dan informasi seputar bahan-bahan makanan lokal yang dapat digunakan dalam masakan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Membuat Kacang Bawang Terenak dan Paling Sederhana

Segor gurih: Nikmatnya Berasa Hingga ke Lidah Anda