Cara Membuat Perkedel Kentang: Resep Praktis dan Lezat

Apakah Anda pernah mencoba perkedel kentang yang lezat dan gurih? Perkedel kentang adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia dan mudah ditemukan di mana-mana. Sebenarnya, cara membuat perkedel kentang sangat mudah dan praktis. Dalam artikel ini, saya akan memberikan resep praktis dan teruji untuk membuat perkedel kentang yang lezat dan gurih. Bahan dan cara membuatnya pun sangat mudah, jadi Anda bisa membuatnya di rumah kapan saja.

Bahan-bahan:

  • 500 gram kentang
  • 1 butir telur
  • 1 buah bawang merah, dicincang halus
  • 2 siung bawang putih, dicincang halus
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah cara membuat perkedel kentang:

  1. Kupas kentang dan cuci bersih. Potong menjadi beberapa bagian kecil dan rebus dalam air mendidih hingga empuk, sekitar 15-20 menit.
  2. Tiriskan kentang dan haluskan menggunakan tangan atau sendok.
  3. Masukkan bawang merah, bawang putih, daun bawang, garam, dan merica bubuk ke dalam kentang yang telah halus.
  4. Kocok telur dan masukkan ke dalam adonan kentang.
  5. Aduk rata dengan menggunakan tangan.
  6. Bentuk adonan menjadi bulat pipih seperti perkedel.
  7. Panaskan minyak goreng di atas wajan yang cukup besar.
  8. Goreng perkedel kentang hingga kecokelatan, sekitar 2-3 menit di setiap sisi.
  9. Angkat perkedel dan tiriskan minyak.

Demikian resep praktis dan mudah cara membuat perkedel kentang. Dapatkan perkedel kentang yang lezat dan gurih dengan mengikuti resep di atas. Anda dapat menambahkan bahan lain seperti daging cincang atau wortel untuk variasi rasa.

FAQ:

1. Apakah perkedel kentang bisa disimpan?

Ya, perkedel kentang dapat disimpan dalam kulkas atau freezer jika tidak langsung dimakan. Simpan dalam wadah tertutup dan hangatkan di atas wajan atau oven jika ingin menghidangkannya kembali.

2. Apakah saya bisa menggoreng perkedel kentang dengan menggunakan air fryer?

Ya, Anda dapat menggoreng perkedel kentang menggunakan air fryer. Panaskan air fryer terlebih dahulu dan masukkan perkedel kentang ke dalamnya. Setelah sekitar 8-10 menit, perkedel kentang siap untuk disajikan.

Kesimpulan:

Membuat perkedel kentang sangat mudah dan praktis. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara yang mudah diikuti, Anda dapat membuat perkedel kentang yang lezat dan gurih di rumah. Tambahkan bumbu atau bahan tambahan sesuai selera Anda untuk variasi rasa. Simpan perkedel kentang dalam kulkas atau freezer jika tidak langsung dimakan. Selamat mencoba dan selamat menikmati perkedel kentang buatan sendiri!

Written by Maya Widianti

Maya Widianti adalah seorang penulis dan food stylist yang mengabdikan dirinya pada keindahan visual dalam dunia kuliner. Dalam tulisannya, dia tidak hanya berbagi resep, tetapi juga cerita-cerita unik di balik masakan-masakan tersebut. Dengan demikian, Adi berharap dapat membantu melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bumbu Soto Ayam Jawa – Resep dan Cara Membuat Soto Ayam Lezat

Resep Olahan Sayap Ayam yang Lezat dan Mudah