Cara Membuat Wedang Jahe Gula Merah

Wedang Jahe Gula Merah adalah minuman hangat yang populer di Indonesia. Minuman ini terbuat dari campuran Jahe dan Gula Merah, dan sangat cocok diminum pada saat cuaca dingin. Tidak hanya itu, minuman ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan seperti membantu mengurangi rasa sakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu menghilangkan batuk. Berikut adalah cara membuat minuman tersebut:

Bahan-bahan:

  • 2 ruas Jahe, kupas dan iris tipis
  • 2 lembar daun Pandan
  • 1 liter Air
  • 200gr Gula Merah, serut
  • 1 Batang Kayu Manis

Langkah-langkah:

  1. Didihkan air dalam panci besar dan kemudian tambahkan irisan jahe, pandan daun, dan kayu manis. Lalu aduk perlahan hingga bahan-bahan tercampur rata.
  2. Setelah itu, tambahkan gula merah serut ke dalam panci dan kembali aduk hingga merata. Tunggu hingga gula merah benar-benar larut.
  3. Biarkan campuran tersebut mendidih dalam panci selama kurang lebih 10 menit. Kemudian matikan api dan diamkan selama beberapa menit supaya campuran tidak terlalu panas.
  4. Setelah itu, saring campuran tersebut agar biji jahe dan kayu manis terpisah dari minuman yang hendak disajikan.
  5. Wedang Jahe Gula Merah siap disajikan. Sajikan dalam gelas kecil dan diminum selagi masih hangat.

Itulah cara membuat Wedang Jahe Gula Merah dengan mudah dan sederhana. Selain mudah dibuat, minuman ini juga sangat nikmat dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Nikmati minuman ini bersama keluarga dan teman saat cuaca dingin di musim penghujan.

FAQ

1. Apakah Wedang Jahe Gula Merah berbahaya bagi Kesehatan?

Tidak, Wedang Jahe Gula Merah tidak berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, minuman ini memiliki manfaat bagi kesehatan seperti membantu mengurangi rasa sakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu menghilangkan batuk.

2. Bolehkah Menambahkan Susu ke dalam Wedang Jahe Gula Merah?

Tentu saja. Anda dapat menambahkan susu ke dalam wedang jahe gula merah sesuai dengan selera.

3. Apakah Ada Alternatif Bahan Pembuat Wedang Jahe Gula Merah?

Ya, selain gula merah, Anda dapat menggunakan bahan pengganti lain seperti madu atau pemanis yang tidak mengandung kalori.

4. Berapa Lama Masa Simpan Wedang Jahe Gula Merah?

Wedang Jahe Gula Merah dapat disimpan dalam lemari es hingga 2-3 Hari. Namun, minuman ini disarankan untuk diminum dalam waktu 1-2 Hari agar tetap segar dan tidak mengalami pemrosesan yang berlebihan.

5. Bagaimana Membuat Wedang Jahe Gula Merah Tanpa Menggunakan Kayu Manis?

Jika Anda tidak suka kayu manis, Anda dapat menggantinya dengan biji pala atau cengkeh. Namun, penggunaan kayu manis dapat memberikan cita rasa yang khas pada wedang jahe gula merah.

Penutup

Demikianlah cara membuat Wedang Jahe Gula Merah dengan mudah dan sederhana. Selain nikmat, minuman ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba!

Written by Rizky Ramadhan

Rizky Ramadhan adalah seorang penulis dan koki amatir yang berdedikasi untuk menggali lebih dalam tentang warisan kuliner Indonesia. Melalui blognya, Rizky berbagi resep-resep khas dari berbagai daerah di Indonesia. Dia percaya bahwa makanan adalah jendela kebudayaan, dan dengan mempelajari dan mencoba masakan tradisional, kita dapat lebih memahami keanekaragaman budaya Indonesia. Dalam tulisannya, Rizky sering memadukan pengetahuan kuliner dengan cerita perjalanan pribadinya dalam mencicipi masakan-masakan lezat di seluruh Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bikin Ayam Rica-Rica: Resep dan Cara Membuat Ayam Rica-Rica yang Enak dan Pedas

Resep Pencuci Mulut Beri Musim Dingin