Cara Mudah Membuat Lumpia Basah

Jika Anda mencari cara untuk membuat lumpia basah yang enak dan mudah, maka artikel ini cocok untuk Anda. Berikut adalah panduan berisi resep dan langkah-langkah untuk membuat lumpia basah yang lezat.

Bahan – Bahan

Di bawah ini adalah daftar bahan yang diperlukan untuk membuat lumpia basah:

  • Kulit lumpia
  • Tauge
  • Wortel
  • Kol
  • Daging ayam
  • Telur
  • Bawang putih
  • Gula merah
  • Garam
  • Merica
  • Minyak goreng

Langkah – Langkah

Berikut adalah langkah – langkah yang harus diikuti saat membuat lumpia basah:

1. Siapkan Kulit Lumpia

Ambil lembaran kulit lumpia dan letakkan di permukaan kerja. Basahi kulit dengan air di sekelilingnya untuk membuat kulit lebih lentur, sehingga mudah diisi dengan adonan.

2. Siapkan Bahan – Bahan Isian

Potong tauge, kol, wortel, dan daging ayam menjadi irisan kecil. Iris bawang putih sangat halus.

3. Siapkan Adonan

Goreng bawang putih halus sampai berwarna kuning keemasan. Setelah itu, tambahkan potongan daging ayam dan goreng hingga berubah warna. Tambahkan tauge iris, kol, dan wortel. Aduk rata, lalu tambahkan gula merah, garam, dan merica secukupnya. Tambahkan telur yang sudah dikocok lalu aduk rata.

4. Masukkan Adonan ke Dalam Kulit Lumpia

Letakkan adonan di tengah kulit lumpia secara seragam, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Lipat dua kulit lumpia dari sisi yang berlawanan untuk menutupi adonan. Gulung kulit lumpia yang sudah dilipat dengan erat, di kedua ujungnya berikan tusukan dengan garpu untuk membantu agar isiannya tidak keluar.

5. Panggang Lumpia

Setelah lumpia siap, panaskan minyak dalam jumlah yang cukup di dalam wajan untuk menggoreng. Setelah minyak panas, masukan lumpia satu per satu. Gorenglah lumpia sampai kulitnya matang dan warnanya menjadi kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

FAQ

1. Apakah lumpia basah bisa dikukus?

Ya, jika tidak ada minyak atau bahan penggorengan yang digunakan untuk membuat lumpia, maka dapat dikukus. Cara membuatnya sama dengan di atas, hanya berbeda pada cara memasaknya.

2. Apakah saya bisa mengganti isi lumpia dengan daging sapi?

Tentu saja. Anda bisa mengganti isi lumpia dengan daging sapi sesuai dengan selera dan kebutuhan.

3. Berapa lama umur simpan lumpia basah?

Lumpia basah yang sudah matang kemungkinan akan menurun kualitasnya setelah 1-2 hari. Oleh karena itu, disarankan untuk langsung dimakan atau disimpan di dalam kulkas dan digunakan dalam waktu 2-3 hari.

Kesimpulan

Itulah cara mudah membuat lumpia basah yang mudah dipahami dan diikuti. Dengan mempraktikkan panduan ini, Anda dapat membuat lumpia basah yang lezat dan memuaskan hati Anda dan keluarga. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Written by Amanda Rahardjo

Amanda Rahardjo adalah seorang penulis kuliner yang khususnya fokus pada resep-resep masakan Indonesia. Dengan keahlian dan pengalamannya yang luas dalam memasak, Amanda senang berbagi pengetahuannya dengan orang lain melalui blognya. Melalui tulisannya, dia ingin memperkenalkan dan melestarikan kekayaan kuliner Indonesia kepada pembaca di seluruh dunia. Selain menulis resep, Amanda juga suka membagikan tips memasak dan informasi seputar bahan-bahan makanan lokal yang dapat digunakan dalam masakan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Kuah Tahu Kupat Kental

Cumi Tepung Asam Manis: Menikmati Gurih dan Asam Pedas dalam Setiap Gigitan