Daging Saus Teriyaki: Resep Praktis dan Lezat

Apakah Anda sedang mencari hidangan yang praktis dan lezat untuk disajikan di kursi makan Anda? Daging saus teriyaki bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memanjakan lidah Anda. Dibuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasaran, sajian ini sangat cocok disantap bagi Anda yang ingin mencapai cita rasa terbaik dengan cepat dan mudah.

Apa Itu Daging Saus Teriyaki?

Daging saus teriyaki merupakan hidangan populer yang berasal dari Jepang. Teriyaki sendiri merupakan jenis saus yang terbuat dari kecap asin, madu, gula, dan minyak wijen. Dalam hidangan ini, daging dipanggang atau dibakar, lalu disiram dengan saus teriyaki yang gurih.

Teriyaki biasanya disajikan dengan nasi putih dan sayuran sehat seperti brokoli dan wortel. Saus teriyaki juga bisa digunakan untuk memasak makanan lain, seperti ikan, ayam, tofu, dan sebagainya.

Resep Daging Saus Teriyaki yang Praktis

Untuk membuat hidangan ini, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 500 gram daging sapi
  • 1 buah bawang bombay, diiris tipis
  • 2 siung bawang putih, dicincang halus
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • Garam dan lada secukupnya
  • 1 sendok makan maizena dan 2 sendok makan air, dilarutkan
  • 4 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan madu
  • 1 sendok teh wijen putih

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan daging saus teriyaki yang praktis:

  1. Iris daging sapi tipis-tipis.

  2. Panaskan minyak sayur di wajan dan tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.

  3. Masukkan daging sapi dan aduk hingga matang.

  4. Tambahkan garam dan lada secukupnya, lalu aduk rata.

  5. Masukkan campuran maizena dan air untuk mengentalkan saus.

  6. Tambahkan kecap asin dan madu, aduk rata.

  7. Masukkan biji wijen putih, aduk sebentar, lalu matikan api.

  8. Daging saus teriyaki siap disajikan hangat bersama nasi putih dan sayuran pendamping.

FAQ

1. Apa yang membuat Daging Saus Teriyaki istimewa?

Dalam resep daging saus teriyaki, teriyaki adalah unsur yang membuat mereka begitu istimewa. Saus ini terbuat dari kecap asin, madu, gula, dan minyak wijen untuk memberikan sentuhan unik pada hidangan utama.

2. Apakah Daging Saus Teriyaki harus dilumuri dengan saus teriyaki sebelum atau sesudah dimasak?

Untuk memastikan citra rasa teriyaki meresap pada daging, sebaiknya dilumuri dengan saus teriyaki sebelum daging dipanggang atau dibakar. Setelah dimasak, saus teriyaki bisa ditambahkan lagi untuk memberikan cita rasa yang lebih kaya.

3. Dapatkah bahan-bahan menambahkan kelembaban atau tanpa menghilangkan kelezatan dari Daging Saus Teriyaki?

Untuk memastikan bahwa daging saus teriyaki tetap lezat dan basah, pilih potongan daging yang cocok untuk dipanggang atau dibakar. Pastikan juga untuk tidak memasak daging terlalu lama dan mengikuti petunjuk resep dengan hati-hati.

4. Bisakah Daging Saus Teriyaki disimpan di lemari es?

Ya, Daging Saus Teriyaki dapat disimpan di lemari es selama beberapa hari dalam wadah kedap udara. Sisa saus teriyaki juga dapat disimpan untuk digunakan kembali dalam masakan berikutnya.

Kesimpulan

Daging saus teriyaki adalah hidangan yang lezat dan mudah dibuat. Dengan bahan-bahan sederhana dan resep praktis ini, Anda dapat menikmati masakan khas Jepang di rumah dalam waktu singkat. Ciptakan variasi sajian dengan memadukan Daging Saus Teriyaki dengan nasi putih dan sayuran sehat untuk memenuhi gizi seimbang harian. Nikmati hidangan istimewa ini bersama keluarga dan orang terkasih Anda.

Written by Amanda Rahardjo

Amanda Rahardjo adalah seorang penulis kuliner yang khususnya fokus pada resep-resep masakan Indonesia. Dengan keahlian dan pengalamannya yang luas dalam memasak, Amanda senang berbagi pengetahuannya dengan orang lain melalui blognya. Melalui tulisannya, dia ingin memperkenalkan dan melestarikan kekayaan kuliner Indonesia kepada pembaca di seluruh dunia. Selain menulis resep, Amanda juga suka membagikan tips memasak dan informasi seputar bahan-bahan makanan lokal yang dapat digunakan dalam masakan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gado-gado: Pengertian dan Asal Usulnya

Aneka Kreasi Telur Dadar: Ide Resep Spesial untuk Menu Sarapan