Foto Batagor Bandung: Nikmati Sensasi Gurihnya Batagor dengan Berbagai Varian Rasa

Apakah kamu pernah mencicipi batagor Bandung? Jika belum, kamu harus segera mencoba jajanan legendaris asal Kota Kembang ini. Salah satu ciri khas dari batagor Bandung adalah adanya sajian bumbu kacang yang gurih dan lezat. Tapi kamu juga bisa menambahkan saus sambal atau kecap manis sesuai dengan selera. Bagaimana dengan rasa yang lain? Mari kita bahas beberapa jenis batagor Bandung dan rasa yang ditawarkan.

Batagor Udang

Jenis satu ini sangat terkenal dan menjadi favorit para penggemar kuliner. Batagor udang memiliki isian udang cincang yang memberikan sensasi gurih dan kenyal. Dalam setiap gigitan, udang yang ada di dalam batagor akan meledak dan memberikan sensasi yang luar biasa.

Batagor Ayam

Meskipun bukan yang favorit banyak orang, batagor ayam juga sangat lezat. Biasanya, batagor ayam terbuat dari daging ayam yang digiling dan dicampur dengan bumbu rempah yang khas. Hasilnya, tekstur daging ayam yang lembut dan lezat akan terasa dalam setiap gigitan.

Batagor Variasi Lain

Selain batagor udang dan ayam, ada beberapa variasi batagor yang bisa kamu coba di Bandung. Contohnya, batagor jamur, batagor tahu, dan batagor daging sapi. Setiap variasi memiliki rasa dan tekstur yang berbeda-beda. Kamu dapat mencoba semua variasinya dan tentukan mana yang menjadi favoritmu.

Dari Mana Batagor Bandung Berasal?

Batagor berasal dari Singkawang, sebuah kota kecil di Kalimantan Barat. Namun, akhirnya batagor disebarkan ke seluruh Indonesia dan diadaptasi menjadi beragam varian. Batagor di Bandung yang terkenal tersebut, memiliki sentuhan dan cita rasa khas daerah tersebut.

Bagaimana Membuat Batagor Bandung?

Bagi yang ingin mencoba membuat batagor Bandung di rumah, berikut ini adalah cara mudah membuatnya:

Bahan:

  • 150 gr tepung sagu
  • 150 gr tepung terigu
  • Air 350 ml
  • 300 gr ikan tenggiri yang telah digiling
  • 1 buah telur
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdm bawang merah goreng

Cara Membuat:

  1. Campurkan tepung sagu dan tepung terigu di dalam wadah.
  2. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk-aduk hingga adonan mencapai konsistensi yang cukup kental.
  3. Campurkan daging ikan tenggiri yang telah digiling, telur, bawang putih halus, garam, merica, gula pasir, dan bawang merah goreng. Aduk rata hingga bahan tercampur merata.
  4. Ambil sejumput adonan, pipihkan, dan beri isian sesuai selera (misalnya: udang atau ayam).
  5. Lipatlah adonan, sehingga isian terbungkus rapi.
  6. Goreng perlahan hingga berwarna kecokelatan.

Apa yang Membuat Batagor Bandung Istimewa?

Rahasia dari kelezatan batagor Bandung terletak pada bumbu kacangnya yang gurih dan tidak terlalu manis. Selain itu, di Bandung kamu juga dapat menemukan batagor dengan berbagai variasi rasa dan isian. Kamu juga bisa menambahkan sambal atau kecap manis sesuai dengan selera kamu. Sensasi kenyal saat menggigit batagor dan meledaknya isian di dalam mulut menjadikan batagor Bandung sebagai makanan wajib saat kamu berkunjung ke Bandung.

FAQ

Apakah batagor Bandung hanya hadir di Bandung saja?

Tidak, batagor Bandung telah menyebar ke seluruh Indonesia. Namun, kamu harus mencobanya di tempat asalnya yaitu di Bandung.

Apa accompaniment yang tepat untuk batagor Bandung?

Bumbu kacang, kecap manis, dan sambal adalah accompaniment yang tepat untuk batagor Bandung. Tapi, kamu juga dapat menambahkan saus yang lain sesuai dengan selera kamu.

Apa yang membuat batagor Bandung istimewa?

Rahasia dari kelezatan batagor Bandung terletak pada bumbu kacangnya yang gurih dan tidak terlalu manis. Selain itu, di Bandung kamu juga dapat menemukan batagor dengan berbagai variasi rasa dan isian.

Apakah batagor Bandung dapat dinikmati di tempat?

Ya, kamu dapat menikmati batagor Bandung di tempat atau takeaway. Beberapa pedagang kaki lima juga menawarkan delivery.

Written by Dian Utami

Dian Utami adalah seorang food blogger dan penulis buku masakan. Dengan latar belakang sebagai seorang ahli gizi, Dian memiliki minat yang besar terhadap makanan sehat dan bergizi. Melalui blognya, dia berbagi resep-resep sehat yang menggunakan bahan-bahan lokal dan alami. Dian berusaha untuk memperkenalkan konsep memasak yang seimbang dan menyenangkan bagi pembaca, dengan menunjukkan bahwa makanan sehat juga bisa lezat. Dalam tulisannya, dia juga memberikan tips nutrisi dan informasi tentang manfaat makanan tertentu untuk kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bumbu Gorengan Bakwan: Cara Membuat dan Resep Tepung Kriuk Renyah

Cara Memasak Gulai Daun Ubi