Gempol Pleret: Lezatnya Kuliner Khas Yogyakarta

Apakah Anda mencari kuliner khas Yogyakarta yang enak dan lezat? Cobalah mencicipi Gempol Pleret, salah satu makanan tradisional yang terkenal di kota pelajar ini.

Apa itu Gempol Pleret?

Gempol Pleret adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari singkong dan kelapa. Singkong dihaluskan dan dicampur bersama kelapa parut, kemudian dibentuk bola-bola kecil dan digoreng. Hasilnya adalah camilan yang gurih dan renyah di luar, namun lembut dan kenyal di dalam.

Sejarah dan Asal-Usul Gempol Pleret

Gempol Pleret berasal dari desa Pleret, yang terletak di Kabupaten Bantul. Menurut legenda, makanan ini pertama kali ditemukan oleh seorang perempuan tua yang berjualan di pinggiran jalan. Ia membuat makanan sederhana dari singkong dan kelapa, dan menjadikannya sebagai lauk yang bisa dijual. Lambat laun, makanan ini semakin populer dan menjadi camilan khas di Pleret.

Cara Membuat Gempol Pleret yang Enak

Untuk membuat Gempol Pleret yang enak, pertama-tama ambil singkong yang sudah dikupas dan cuci bersih. Parut singkong menggunakan parutan kasar, kemudian sangrai santan kelapa hingga garing. Campurkan singkong dan kelapa parut yang sudah disangrai tadi, tambahkan gula, garam, dan sedikit air jika perlu. Aduk hingga adonan tercampur merata. Ambil sejumput adonan, bulatkan menjadi bola kecil-kecil, kemudian goreng dalam minyak yang panas hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Kombinasi Rasa yang Lezat

Gempol Pleret biasanya disajikan dengan sambal goreng krecek atau sambal kecap. Krecek yang digunakan dalam sambal goreng krecek adalah jeroan sapi yang diiris-iris kecil dan digoreng hingga renyah. Sambal ini memiliki cita rasa pedas dan gurih yang cocok dipadukan dengan Gempol Pleret. Sedangkan Sambal Kecap terbuat dari kecap asin, air jeruk nipis, bawang putih, merica, dan cabai rawit yang dihaluskan. Campuran bahan-bahan ini menghasilkan sambal yang segar dan pedas. Padukan Gempol Pleret dengan dua jenis sambal tersebut, dan rasakan lezatnya kombinasi rasa tradisional khas Yogyakarta.

FAQ

Q: Apakah Gempol Pleret hanya dijual di Yogyakarta?
A: Tidak hanya di Yogyakarta, Gempol Pleret juga bisa ditemukan di sejumlah desa di Bantul, seperti desa Pleret dan desa Bangunjiwo.

Q: Adakah variasi rasa pada Gempol Pleret?
A: Variasi rasa Gempol Pleret cukup banyak, ada yang menambahkan daun pandan, garam, atau gula kelapa agar rasanya semakin nikmat.

Q: Apakah Gempol Pleret aman untuk dikonsumsi?
A: Gempol Pleret aman untuk dikonsumsi karena terbuat dari bahan-bahan alami dan tanpa bahan pengawet.

Kesimpulan

Gempol Pleret adalah camilan yang enak dan lezat, terbuat dari singkong dan kelapa. Sejarah makanan ini berasal dari desa Pleret, dan sekarang bisa ditemukan di beberapa desa di Bantul. Agar tercipta cita rasa yang pas, Gempol Pleret bisa dipadukan dengan sambal goreng krecek atau sambal kecap. Beragam variasi rasa juga ditawarkan dalam pembuatan camilan ini. Jadi, jangan ragu mencicipi kelezatan Gempol Pleret saat berkunjung ke Yogyakarta atau Bantul.

Written by Adi Susanto

Adi Susanto adalah seorang penulis dan pecinta kuliner yang berfokus pada masakan tradisional Indonesia. Melalui blognya, dia berbagi resep-resep klasik dari berbagai daerah di Indonesia, sering kali diwariskan dari generasi ke generasi. Adi percaya bahwa masakan tradisional memegang nilai-nilai budaya dan merupakan bagian penting dari identitas suatu daerah. Dalam tulisannya, dia tidak hanya berbagi resep, tetapi juga cerita-cerita unik di balik masakan-masakan tersebut. Dengan demikian, Adi berharap dapat membantu melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Title: Ikan Bawal, Segala yang Perlu Anda Ketahui

Resep Ca Brokoli: Cara Membuat Makanan Sehat yang Lezat