Ikan Bakar Taliwang: Nikmati Kelezatan Ikan Bakar Khas Lombok

Ikan bakar taliwang merupakan salah satu kuliner khas Lombok yang populer di Indonesia. Ikan bakar tersebut dibuat dari bahan-bahan segar dan rempah-rempah yang khas. Artikel ini akan membahas apa itu ikan bakar taliwang, bahan-bahan yang digunakan, cara membuatnya, dan masih banyak lagi.

Apa itu Ikan Bakar Taliwang?

Ikan bakar taliwang merupakan masakan khas Lombok yang terbuat dari ikan segar yang dibakar dengan bumbu khas taliwang. Bahan-bahan yang digunakan untuk membumbui ikan biasanya adalah cabe merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan beberapa rempah lainnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat ikan bakar taliwang, Anda akan membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • Ikan segar yang baik untuk dibakar, seperti ikan kakap atau ikan bandeng
  • Cabe merah besar
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Kemiri
  • Lombok hijau
  • Tomat
  • Air jeruk nipis
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Ikan Bakar Taliwang

Berikut adalah cara membuat ikan bakar taliwang yang mudah dan enak:

  1. Bersihkan ikan dari sisik dan isi perutnya.
  2. Campurkan cabe merah besar, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan lombok hijau. Haluskan bahan-bahan tersebut dengan menggunakan blender atau ulekan hingga halus.
  3. Tambahkan garam secukupnya dan peras jeruk nipis ke dalam bumbu tersebut.
  4. Lumuri bumbu ke seluruh bagian ikan, termasuk bagian dalam perut.
  5. Biarkan bumbu meresap ke dalam ikan selama kurang lebih 30 menit.
  6. Siapkan panggangan atau arang untuk membakar ikan secara perlahan hingga matang.
  7. Setelah matang, sajikan ikan bakar taliwang dengan irisan tomat dan sambal yang pedas.

FAQ

Apa saja jenis ikan yang cocok untuk dibuat ikan bakar taliwang?

Ikan kakap dan ikan bandeng adalah jenis ikan yang paling cocok untuk dibuat ikan bakar taliwang. Keduanya memiliki daging yang tebal dan cocok untuk dipanggang hingga matang.

Apa bedanya ikan bakar taliwang dengan ikan bakar pada umumnya?

Ikan bakar taliwang memiliki cita rasa yang lebih khas karena bumbu yang digunakan. Selain menggunakan cabe merah, bumbu ikan bakar taliwang juga menggunakan lombok hijau yang memberikan aroma khas Lombok.

Bisakah ikan bakar taliwang dibuat di rumah?

Tentu saja! Cara membuat ikan bakar taliwang cukup mudah dan bahannya mudah ditemukan di pasaran. Selain itu, Anda juga bisa mengganti jenis ikan sesuai selera.

Kesimpulan

Ikan bakar taliwang merupakan kuliner yang wajib dicoba bagi pecinta masakan khas Indonesia. Dengan bahan-bahan yang segar dan bumbu rempah yang khas, ikan bakar taliwang bisa menjadi hidangan yang menarik di meja makan Anda. Nikmati kelezatan ikan bakar taliwang dan rasakan cita rasa khas dari Lombok.

Written by Rizky Ramadhan

Rizky Ramadhan adalah seorang penulis dan koki amatir yang berdedikasi untuk menggali lebih dalam tentang warisan kuliner Indonesia. Melalui blognya, Rizky berbagi resep-resep khas dari berbagai daerah di Indonesia. Dia percaya bahwa makanan adalah jendela kebudayaan, dan dengan mempelajari dan mencoba masakan tradisional, kita dapat lebih memahami keanekaragaman budaya Indonesia. Dalam tulisannya, Rizky sering memadukan pengetahuan kuliner dengan cerita perjalanan pribadinya dalam mencicipi masakan-masakan lezat di seluruh Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Botok Daging Sapi Cincang

Samosa Resep: Kuliner India yang Lezat