Macam-Macam Masakan Daging: Panduan Lengkap

Daging merupakan bahan makanan yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Selain enak, daging juga mengandung banyak protein yang berguna bagi tubuh. Berbagai macam masakan daging juga bisa diolah menjadi hidangan lezat dan bergizi. Pada artikel ini, kita akan membahas macam-macam masakan daging yang bisa kamu coba dirumah.

Jerky

Apa itu Jerky?

Jerky adalah daging yang dipotong tipis-tipis dan dikeringkan. Jerky sering kali menjadi camilan populer di Amerika Serikat. Tapi, sebenarnya jerky telah ditkonsumsi sejak ribuan tahun yang lalu, terutama di Asia dan Amerika Selatan. Daging jerky umumnya dibuat dari daging sapi atau ayam, tetapi bisa juga dibuat dari daging babi atau kerbau.

Cara Membuat Jerky

Untuk membuat jerky, daging harus potong tipis-tipis, sekitar 0,3 cm. Daging kemudian dilumuri dengan bumbu dan diapakan selama berjam-jam hingga mengering. Jerky bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Keuntungan Memakan Jerky

Jerky rendah kolesterol, rendah kalori, dan tinggi protein. Selain itu, jerky juga bisa bertahan lama dan mudah dibawa saat bepergian.

Kebab

Apa itu Kebab?

Kebab adalah masakan daging yang berasal dari Timur Tengah. Kebab biasanya terbuat dari daging yang sudah dipotong dan ditusuk ke dalam tusukan bambu, kemudian dibakar atau dipanggang. Daging yang digunakan antara lain daging sapi, daging kambing, dan daging ayam.

Cara Membuat Kebab

Daging yang sudah dipotong dibumbui dengan rempah-rempah dan saus, kemudian ditusuk ke tusukan bambu. Kemudian diletakkan diatas tumpukan bara api atau dipanggang dalam oven.

Keuntungan Memakan Kebab

Kebab rendah lemak dan tinggi protein. Selain itu, kebab bisa diolah dengan berbagai macam bumbu sehingga memberikan rasa yang lezat.

Steak

Apa itu Steak?

Steak adalah potongan daging yang dipotong dari bagian dada atau pinggang sapi. Bagian daging steak ini bisa berbeda-beda tergantung dari negara asalnya. Di Amerika, steak biasanya dipotong dari bagian pinggang dan iga, sedangkan di Inggris biasanya dipotong dari bagian dada.

Cara Membuat Steak

Daging steak dibumbui dengan garam dan lada kemudian dibakar atau dipanggang. Steak yang benar-benar matang harus memiliki suhu internal sekitar 55 derajat Celcius.

Keuntungan Memakan Steak

Steak tinggi protein, zat besi, dan vitamin B12. Steak digolongkan sebagai salah satu makanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan protein harian tubuh kita.

Goulash

Apa itu Goulash?

Goulash adalah masakan daging tradisional Hungaria yang terbuat dari daging sapi, paprika, dan bawang. Masakan ini biasanya dimasak dalam tekanan tinggi supaya daging menjadi lembut.

Cara Membuat Goulash

Daging sapi dipotong kecil-kecil kemudian dibumbui dengan rempah-rempah dan bumbu. Bawang dicincang dan dimasak bersama daging sapi. Goulash kemudian dimasak dalam panci tekanan agar daging menjadi empuk.

Keuntungan Memakan Goulash

Goulash tinggi protein dan bisa memberikan tambahan vitamin C dari paprika yang digunakan dalam masakan ini.

Bakso

Apa itu Bakso?

Bakso adalah bola daging yang terbuat dari campuran daging sapi, daging ayam dan tepung tapioka. Bakso sering dijual di pasar dan warung makan di Indonesia.

Cara Membuat Bakso

Daging sapi dan ayam dipotong halus kemudian dicampurkan dengan tepung tapioka dan berbagai bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan garam. Campuran ini kemudian dikulit menjadi bola-bola dan dimasak dalam air mendidih.

Keuntungan Memakan Bakso

Bakso tinggi protein dan bisa menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh kita. Bakso juga mudah dicari dan memiliki rasa yang enak.

Kambing Guling

Apa itu Kambing Guling?

Kambing Guling adalah masakan daging kambing yang berasal dari Asia Tenggara dan India. Daging kambing dibakar dengan suhu tinggi selama berjam-jam hingga cukup empuk.

Cara Membuat Kambing Guling

Daging kambing disiapkan dan dibumbui dengan berbagai rempah, lalu dimasak menggunakan api pembakaran atau roaster sampai cukup empuk.

Keuntungan Memakan Kambing Guling

Kambing Guling mengandung banyak protein dan zat besi. Selain itu, Kambing Guling bisa menjadi makanan yang sangat lezat saat dipersiapkan dengan bumbu yang tepat.

FAQ

Apa manfaat terbaik dari memasak daging di rumah?

Memasak daging sendiri di rumah dapat memberikan keuntungan kesehatan yang besar. Saat kamu memasak daging di rumah, kamu dapat memilih bahan yang segar dan mengontrol jumlah bumbu yang akan kamu gunakan sehingga kamu bisa mengurangi jumlah garam dalam makanan kamu.

Bagaimana mengolah daging sapi agar tetap empuk?

Pertama-tama, pilihlah potongan daging yang benar-benar segar dan berkualitas baik. Lumuri daging sapi dengan bumbu dan biarkan selama beberapa jam sebelum dimasak. Dalam mengolah daging sapi, penting untuk tidak memutarnya terlalu sering pada saat memasak agar daging tetap empuk.

Apa beda steak medium dan well-done?

Steak medium digoreng selama 4-5 menit setiap sisi dan suhu internal dagingnya adalah 63 derajat Celcius. Steak well-done digoreng selama 6-7 menit setiap sisi dan suhu internal dagingnya adalah 71 derajat Celcius.

Bagaimana cara memotong daging jerky agar sesuai dengan ukuran yang diinginkan?

Untuk memotong daging jerky dengan benar, gunakan pisau tajam dan potong melawan serat daging. Potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa macam masakan daging yang populer dan bergizi seperti Jerky, Kebab, Steak, Goulash, Bakso, dan Kambing Guling. Masakan ini tinggi protein dan bisa diolah dengan berbagai macam bumbu sehingga kamu bisa mendapatkan rasa yang lezat. Selain itu, kita juga memberikan beberapa tips untuk memasak daging agar lebih empuk dan berkualitas. Selamat mencoba!

Written by Amanda Rahardjo

Amanda Rahardjo adalah seorang penulis kuliner yang khususnya fokus pada resep-resep masakan Indonesia. Dengan keahlian dan pengalamannya yang luas dalam memasak, Amanda senang berbagi pengetahuannya dengan orang lain melalui blognya. Melalui tulisannya, dia ingin memperkenalkan dan melestarikan kekayaan kuliner Indonesia kepada pembaca di seluruh dunia. Selain menulis resep, Amanda juga suka membagikan tips memasak dan informasi seputar bahan-bahan makanan lokal yang dapat digunakan dalam masakan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Buat Kolak Pisang: Resep Lezat untuk Anak-Anak

Mie Sornop: Mie Khas Indonesia dengan Rasa yang Tidak Bisa Dilupakan