Makanan yang Mengandung Kalsium: Penting untuk Tulang Sehat

Kalsium adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh kita. Kalsium membantu membangun dan menjaga tulang yang kuat, serta membantu otot dan saraf berfungsi dengan baik. Beberapa makanan adalah sumber kalsium yang baik. Dalam artikel ini, kita akan membahas makanan yang mengandung kalsium dan sumber-sumber lain yang tidak begitu dikenal. Baca terus untuk mengetahui lebih banyak tentang kalsium dan makanan yang mengandung kalsium.

Apa itu Kalsium?

Kalsium adalah mineral yang sangat penting untuk tubuh kita. Kalsium merupakan satu dari banyak mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang. Kalsium juga dibutuhkan untuk menyokong fungsi otot dan saraf.

Mengapa Kita Membutuhkan Kalsium?

Kalsium sangat penting bagi tubuh kita karena kalsium adalah mineral utama dalam struktur tulang kita, sehingga kalsium sangat membantu dalam menjaga kesehatan tulang kita. Selain itu, kalsium juga membantu otot dan saraf berfungsi dengan baik. Kita dapat mendapatkan kalsium kita dari makanan dan suplemen.

Berapa Banyak Kalsium yang Kita Butuhkan?

Kebutuhan kalsium seseorang tergantung pada usia dan jenis kelaminnya. Dewasa membutuhkan 1000- 1200mg kalsium per hari, sementara anak-anak membutuhkan 700-1000mg kalsium per hari. Seiring bertambahnya usia, kebutuhan kalsium kita akan semakin meningkat.

Makanan yang Mengandung Kalsium

Berikut ini adalah makanan yang mengandung kalsium:

  1. Susu
  2. Keju
  3. Yogurt
  4. Kacang Almond
  5. Ikan
  6. Sayuran Hijau
  7. Tahu
  8. Brokoli
  9. Biji Chia
  10. Kacang tanah

Sumber Kalsium yang Kurang Dikenal

Selain makanan yang telah disebutkan di atas, ada beberapa sumber kalsium yang tidak begitu dikenal. Berikut adalah daftarnya:

  1. Ragi
  2. Susu Kedelai
  3. Sarden
  4. Tepung Tulang Sapi
  5. Biji Wijen
  6. Tauge
  7. Daun Singkong
  8. Kurma

FAQ tentang Kalsium

1. Apakah Makanan yang Mengandung Kalsium Aman untuk Anak-Anak?

Makanan yang mengandung kalsium seperti susu, keju dan yogurt aman untuk anak-anak, tetapi pastikan untuk memiliki jadwal makan yang teratur dan tidak berlebihan.

2. Apa yang Terjadi Jika Kita Kurang Mengonsumsi Kalsium?

Kurang mengonsumsi kalsium dapat menyebabkan penipisan tulang dan osteoporosis.

3. Berapa Kalori dalam Makanan yang Mengandung Kalsium?

Makanan yang mengandung kalsium seperti susu, yogurt dan keju mengandung sekitar 100-200 kalori per sajian.

4. Apa Saja Makanan Selain Susu yang Mengandung Kalsium?

Makanan selain susu yang mengandung kalsium adalah ikan, sayuran hijau, tahu, brokoli, biji chia, dan kacang tanah.

5. Apa Saja Sumber Kalsium yang Kurang Dikenal?

Sumber kalsium yang kurang dikenal seperti ragi, susu kedelai, sarden, tepung tulang sapi, biji wijen, tauge, daun singkong, dan kurma.

Kesimpulan

Kalsium sangat penting bagi kesehatan tulang kita. Kita dapat memenuhi kebutuhan kalsium kita dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan suplemen. Dalam artikel ini, kami telah membahas makanan yang mengandung kalsium dan sumber-sumber kalsium yang kurang dikenal. Disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui kebutuhan nutrisi anda lebih lanjut.

Written by Amanda Rahardjo

Amanda Rahardjo adalah seorang penulis kuliner yang khususnya fokus pada resep-resep masakan Indonesia. Dengan keahlian dan pengalamannya yang luas dalam memasak, Amanda senang berbagi pengetahuannya dengan orang lain melalui blognya. Melalui tulisannya, dia ingin memperkenalkan dan melestarikan kekayaan kuliner Indonesia kepada pembaca di seluruh dunia. Selain menulis resep, Amanda juga suka membagikan tips memasak dan informasi seputar bahan-bahan makanan lokal yang dapat digunakan dalam masakan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tumpeng Ulang Tahun: Tradisi Unik dan Mengesankan

Telur Kecap: Resep Sederhana Masakan Indonesia yang Lezat dan Bergizi