Minuman Bunga Telang: Pilihan Minuman Unik dan Menyegarkan

Apakah Anda pernah mendengar tentang minuman bunga telang? Ya, ini adalah minuman unik yang memiliki keunikan tersendiri. Bunga telang, yang memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea, memang dikenal sebagai tanaman hias, tetapi ternyata, bunga ini juga memiliki manfaat dalam bidang kuliner.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang minuman bunga telang secara menyeluruh, dari penjelasan tentang bunga telang, manfaat minuman bunga telang, hingga cara membuat minuman bunga telang yang lezat. Yuk, simak selengkapnya!

Apa itu Bunga Telang?

Bunga telang adalah tanaman liar yang dapat ditemui di berbagai belahan dunia, termasuk Asia, Amerika Selatan, Karibia, dan Afrika. Tanaman ini sering ditemui sebagai penghias taman dan pekarangan, serta dijadikan bahan dasar minuman dan makanan.

Bunga telang memiliki warna biru muda yang cantik dan menjadi daya tarik utama dari tanaman ini. Selain itu, bunga ini juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, seperti vitamin C, vitamin A, protein, karbohidrat, dan mineral penting.

Manfaat Minuman Bunga Telang

Minuman bunga telang kini semakin populer karena memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Beberapa manfaat dari minuman bunga telang ini adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Bunga telang mengandung senyawa antioksidan dan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan ini membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan paparan sinar UV, sehingga bisa membantu mencegah keriput dan penuaan dini.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Minuman bunga telang juga diketahui mengandung senyawa anthocyanin, yang berfungsi melindungi jantung dan pembuluh darah. Kandungan ini membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Bunga telang mengandung senyawa flavonoid yang baik untuk meningkatkan kesehatan otak. Kandungan ini membantu memperbaiki fungsi memori dan kerja otak secara keseluruhan.

4. Menurunkan Berat Badan

Bunga telang juga merupakan sumber serat yang baik, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan dengan menjaga rasa kenyang lebih lama.

Cara Membuat Minuman Bunga Telang

Sekarang, setelah tahu manfaat dari minuman bunga telang, bagaimana cara membuatnya? Berikut ini adalah beberapa resep sederhana untuk membuat minuman bunga telang yang lezat dan menyegarkan.

1. Teh Bunga Telang

Bahan-bahan:

  • 2 sendok makan bunga telang kering
  • 2 cangkir air mendidih
  • 2 sendok madu (atau sesuai selera)

Cara Membuat:

  • Siapkan air mendidih dan masukkan bunga telang kering ke dalam air tersebut
  • Biarkan hingga air berubah warna dan bunga telang terendam selama 5-10 menit
  • Saring dan tambahkan madu atau gula sesuai selera
  • Minuman bunga telang siap dinikmati

2. Lemonade Bunga Telang

Bahan-bahan:

  • 2 sendok makan bunga telang kering
  • 2 gelas air
  • 2 sendok makan air lemon segar
  • 2 sendok makan madu atau gula pasir (atau sesuai selera)
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat:

  • Rendam bunga telang kering dalam air selama 1 jam
  • Masukkan air lemon segar dan madu/gula ke dalam bunga telang yang sudah direndam
  • Aduk hingga tercampur rata
  • Tambahkan es batu dan minuman bunga telang siap dinikmati

Kesimpulan

Minuman bunga telang memang unik dan menyegarkan, serta memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Tidak sulit untuk membuat minuman bunga telang, Anda bisa mengakses bahan-bahan tersebut di toko bahan makanan terdekat atau bahkan online.

Dengan menambahkan minuman ini ke dalam menu minuman Anda, Anda bisa menikmati keunikan dan manfaat kesehatan dari minuman bunga telang. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan takaran dan aturan dalam membuat minuman ini agar rasanya optimal. Selamat mencoba!

Written by Maya Widianti

Maya Widianti adalah seorang penulis dan food stylist yang mengabdikan dirinya pada keindahan visual dalam dunia kuliner. Dalam tulisannya, dia tidak hanya berbagi resep, tetapi juga cerita-cerita unik di balik masakan-masakan tersebut. Dengan demikian, Adi berharap dapat membantu melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Sandwich Telur Ceplok

Resep Baso Aci Kuah yang Enak dan Gurih