Oseng Mercon: Makanan Pedas Legendaris dari Semarang

Oseng Mercon adalah salah satu makanan legendaris dari kota Semarang. Makanan ini sangat terkenal di kalangan pecinta makanan pedas karena tingkat kepedasannya yang sangat tinggi. Oseng Mercon bahkan menjadi salah satu dari 15 makanan khas Indonesia yang tercantum dalam laman UNESCO sebagai warisan budaya tak benda Indonesia. Di dalam artikel ini, saya akan membahas tentang Oseng Mercon secara lengkap mulai dari asal-usul, bahan-bahan yang digunakan, hingga resep pembuatannya.

Asal-Usul Oseng Mercon

Oseng Mercon berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Kata "mercon" yang berarti petasan, diambil dari tingkat kepedasan yang dimiliki oleh makanan ini. Oseng Mercon telah menjadi kuliner legendaris Semarang sejak puluhan tahun yang lalu, sehingga saat ini Oseng Mercon telah menjadi salah satu kuliner legendaris Semarang dan menyebar hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

Bahan-Bahan yang Digunakan

Bahan utama Oseng Mercon adalah daging ayam atau sapi yang dipotong dadu dan diberi bumbu khas seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai. Selain itu, Oseng Mercon juga biasanya diberi irisan jeruk nipis dan daun jeruk. Beberapa variasi Oseng Mercon juga ditambah dengan bahan seperti lemongrass, kunyit, gula merah, dan kurang lebih bahan lainnya. Bahan-bahan tersebut kemudian diolah dengan cara dioseng bersama-sama hingga matang.

Resep Oseng Mercon

Berikut adalah resep Oseng Mercon yang dapat dicoba di rumah:

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging sapi atau ayam, potong dadu kecil
  • 10 butir bawang merah, iris tipis
  • 8 siung bawang putih, cincang halus
  • 10 buah cabai merah besar, iris serong
  • 5 buah cabai rawit, iris serong
  • 2 batang serai, ambil bagian putih, iris serong
  • 2 lembar daun salam
  • 3 daun jeruk, iris tipis
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdt gula pasir
  • 1,5 sdt garam
  • 3 sdm minyak goreng

Cara membuat:

  1. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, serai, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.
  2. Tambahkan daging sapi atau ayam, aduk hingga berubah warna.
  3. Tambahkan air secukupnya dan biarkan sampai daging sedikit empuk.
  4. Masukkan garam dan gula pasir, aduk rata.
  5. Tambahkan irisan jeruk nipis, aduk lagi hingga semua bahan tercampur rata.
  6. Oseng Oseng Mercon siap dihidangkan.

FAQ

Apakah Oseng Mercon hanya pedas atau juga memiliki rasa lain?

Oseng Mercon memiliki dominasi rasa pedas yang kuat, namun juga terdapat sentuhan rasa asam dan segar dari irisan jeruk nipis dan daun jeruk.

Bagaimana cara mengurangi tingkat kepedasan Oseng Mercon?

Untuk mengurangi tingkat kepedasan Oseng Mercon, dapat menambahkan bahan seperti santan, susu, atau air dalam jumlah yang lebih banyak.

Apakah Oseng Mercon hanya cocok untuk orang yang suka makan pedas?

Meskipun Oseng Mercon dikenal karena kepedasannya, makanan ini cocok untuk semua jenis lidah dan dapat dinikmati oleh siapa saja.

Kesimpulan

Oseng Mercon adalah salah satu makanan legendaris yang berasal dari kota Semarang. Makanan ini terkenal dengan tingkat kepedasannya yang tinggi dan menjadi salah satu kuliner legendaris Semarang yang menjadi favorit banyak orang. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapat serta proses pembuatan yang mudah, Oseng Mercon dapat dicoba dengan mudah di rumah.

Written by Maya Widianti

Maya Widianti adalah seorang penulis dan food stylist yang mengabdikan dirinya pada keindahan visual dalam dunia kuliner. Dalam tulisannya, dia tidak hanya berbagi resep, tetapi juga cerita-cerita unik di balik masakan-masakan tersebut. Dengan demikian, Adi berharap dapat membantu melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasi Krengsengan Daging: Masakan Khas Indonesia yang Nikmat

Cara Membuat Bubble: Tips dan Trik untuk Menciptakan Bubble yang Lezat