Oseng Oncom: Olahan Lezat dari Bahan Pangan Tradisional

Oseng oncom menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang begitu populer baik di dalam maupun luar negeri. Tidak hanya lezat, tapi olahan ini juga dapat membawa manfaat kesehatan yang sangat baik untuk tubuh. Jika Anda ingin mencoba membuat hidangan yang enak dan sehat ini di rumah, artikel ini akan memberikan wawasan yang lengkap mengenai oseng oncom.

Apa itu Oncom?

Oncom merupakan produk pangan hasil fermentasi dari bahan makanan tradisional seperti tepung ketan, tapioka, atau ampas tahu. Kandungan nutrisi pada oncom juga sangat baik, dengan nilai protein yang cukup tinggi serta mengandung serat, vitamin B, dan antioksidan yang menurut berbagai penelitian dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

Cara Memasak Oseng Oncom

  1. Siapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat olahan ini seperti oncom iris, bawang putih, bawang merah, cabe rawit, gula merah, kecap manis, minyak kelapa, dan air.
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Kemudian masukkan cabe rawit.
  3. Setelah itu, masukkan oncom iris. Tambahkan gula merah dan kecap manis secukupnya.
  4. Aduk rata dan tambahkan sedikit air jika terlalu kental.
  5. Terakhir, oseng oncom siap disajikan.

Bagaimana Rasanya?

Oseng oncom sangat lezat dan gurih. Rasa oncom yang dominan memberikan sentuhan khas pada olahan ini, ditambah dengan kecap manis yang memberikan sedikit rasa manis dan pedas dari cabe rawit. Hidangan ini biasa disajikan dengan nasi putih hangat dan sayur tumis.

Keuntungan Makan Oseng Oncom

Selain rasa yang lezat, mengonsumsi oseng oncom juga memiliki manfaat kesehatan yang cukup banyak. Kandungan serat pada oncom dapat membantu pencernaan dan menurunkan risiko penyakit pencernaan seperti sembelit dan kanker usus besar. Nilai protein yang tinggi pada oncom juga dapat membantu meningkatkan massa otot dan mempercepat pemulihan otot setelah aktivitas fisik.

FAQ

Apa bahan dasar untuk membuat oncom?

Bahan dasar untuk membuat oncom biasanya adalah tepung ketan, tapioka, atau ampas tahu.

Apa manfaat kesehatan yang terkandung dalam oncom?

Oncom dapat membantu pencernaan dan menurunkan risiko penyakit pencernaan seperti sembelit dan kanker usus besar. Selain itu, nilai protein yang tinggi pada oncom juga dapat membantu meningkatkan massa otot dan mempercepat pemulihan otot setelah aktivitas fisik.

Apa yang bisa disajikan dengan oseng oncom?

Oseng oncom biasa disajikan dengan nasi putih hangat dan sayur tumis sebagai pelengkap.

Kesimpulan

Oseng oncom adalah salah satu hidangan yang lezat dan sehat yang terbuat dari bahan makanan tradisional. Mengonsumsi oncom dapat membawa manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh, dengan kandungan serat, protein, dan antioksidan yang tinggi. Olahan ini dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai hidangan sehat dan lezat untuk keluarga Anda.

Written by Dian Utami

Dian Utami adalah seorang food blogger dan penulis buku masakan. Dengan latar belakang sebagai seorang ahli gizi, Dian memiliki minat yang besar terhadap makanan sehat dan bergizi. Melalui blognya, dia berbagi resep-resep sehat yang menggunakan bahan-bahan lokal dan alami. Dian berusaha untuk memperkenalkan konsep memasak yang seimbang dan menyenangkan bagi pembaca, dengan menunjukkan bahwa makanan sehat juga bisa lezat. Dalam tulisannya, dia juga memberikan tips nutrisi dan informasi tentang manfaat makanan tertentu untuk kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bebek Bali: Lezatnya Kuliner Khas Bali

Braising Adalah Teknik Memasak: Semua yang Perlu Anda Ketahui