Pepes Ikan Mas Kemangi: Resep Praktis dan Enak

Jika Anda seorang penggemar masakan ikan, maka Pepes Ikan Mas Kemangi harus menjadi pilihan Anda. Masakan ini merupakan campuran sempurna antara ikan segar dengan daun kemangi, yang memberikan aroma dan rasa yang nikmat pada masakan.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan resep praktis Pepes Ikan Mas Kemangi yang enak dan mudah disajikan. Selain itu, informasi tentang bahan, cara memasak, dan nutrisi juga akan dipaparkan secara lengkap. Simak terus artikel ini!

Bahan-bahan

  • 500 gr ikan mas, potong menjadi 4 bagian
  • 100 gr daun kemangi
  • 5 buah cabai merah, iris tipis
  • 3 buah cabai hijau, iris tipis
  • 2 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 2 batang serai, ambil bagian putih
  • 4 lembar daun salam
  • 4 lembar daun pisang atau aluminium foil
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1 sdm air asam jawa

Cara Membuat

  1. Bersihkan ikan dan lumuri dengan jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit.
  2. Campurkan daun kemangi, cabai merah, cabai hijau, serai, dan air asam jawa. Aduk rata.
  3. Letakkan lembaran daun pisang atau aluminium foil, lalu taruh daun salam di atasnya.
  4. Letakkan potongan ikan di atasnya, lalu olesi bumbu daun kemangi di atas ikan.
  5. Bungkus ikan dan bumbu dengan daun pisang atau aluminium foil.
  6. Siapkan panci kukus dan panaskan air hingga mendidih.
  7. Taruh bungkusan ikan di dalam wadah kukusan dan kukus selama 30 menit.
  8. Setelah dikukus, angkat bungkusan ikan, buka daun pisang atau aluminium foil, dan penyelesaikan dengan memanggang di bawah api sampai matang dan berwarna kecoklatan.

Nutrisi

Bahan-bahan dalam Pepes Ikan Mas Kemangi merupakan sumber nutrisi penting yang baik bagi tubuh. Ikan mas mengandung protein, vitamin B12, dan omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh. Daun kemangi yang kaya akan zat antioksidan, seperti flavonoid dan vitamin C, sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Walaupun Pepes Ikan Mas Kemangi ini cukup sehat, namun sebaiknya dimakan secara moderat. Ikan mas merupakan jenis ikan yang kaya akan merkuri dan jika dikonsumsi berlebihan dapat memicu masalah kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi sekitar 100-150 gram ikan per minggu.

FAQ

1. Apakah ikan mas bisa diganti dengan ikan lain?

Tentu bisa. Anda dapat menggunakan ikan mujair, ikan bandeng, atau ikan lele sebagai pengganti ikan mas.

2. Apakah daun kemangi bisa dicampur dengan daun lain?

Seperti yang telah disebutkan, daun kemangi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan banyak antioksidan. Namun, jika Anda ingin mencoba daun lain, Anda dapat mencoba menggunakan daun pandan atau daun bawang sebagai pengganti daun kemangi.

3. Mengapa Pepes Ikan Mas Kemangi harus dibungkus dengan daun pisang atau aluminium foil?

Pembungkusan dengan daun pisang atau aluminium foil berguna untuk menjaga bau dan cita rasa ikan agar tidak terbang di bawah api saat dipanaskan dan dipanggang.

4. Apakah Pepes Ikan Mas Kemangi dapat disimpan?

Pepes Ikan Mas Kemangi dapat disimpan dalam lemari es selama 2-3 hari. Namun, sebaiknya dimakan segera agar tidak kehilangan cita rasa dan kelezatannya.

5. Bagaimana cara membuat Pepes Ikan Mas Kemangi yang lebih pedas?

Anda dapat menambahkan cabai rawit atau sambal pada bumbu daun kemangi untuk menciptakan rasa yang lebih pedas. Namun, pastikan tidak terlalu banyak, sehingga rasa garam dan manisnya tidak hilang.

Kesimpulan

Pepes Ikan Mas Kemangi merupakan cara yang menyenangkan untuk menikmati ikan dan daun kemangi bersama-sama. Dengan resep yang mudah dan cepat diprakarsai dan kekayaan nutrisi yang terkandung di dalamnya, Pepes Ikan Mas Kemangi layak dijadikan pilihan dalam menu makanan sehari-hari. Yuk, coba resepnya sekarang!

Written by Rizky Ramadhan

Rizky Ramadhan adalah seorang penulis dan koki amatir yang berdedikasi untuk menggali lebih dalam tentang warisan kuliner Indonesia. Melalui blognya, Rizky berbagi resep-resep khas dari berbagai daerah di Indonesia. Dia percaya bahwa makanan adalah jendela kebudayaan, dan dengan mempelajari dan mencoba masakan tradisional, kita dapat lebih memahami keanekaragaman budaya Indonesia. Dalam tulisannya, Rizky sering memadukan pengetahuan kuliner dengan cerita perjalanan pribadinya dalam mencicipi masakan-masakan lezat di seluruh Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bumbu Orak Arik Telur: Tips Membuat Orak Arik Telur yang Lezat

Makanan Khas Cirebon: Kenikmatan yang Tak Terlupakan