Resep Bolu Putih Telur Kukus: Lezat dan Sehat

Ingin membuat kue yang lezat dan juga sehat? Cobalah membuat resep bolu putih telur kukus ini. Bolu putih telur kukus merupakan jenis kue yang terbuat dari putih telur yang dikocok kaku dan juga bahan-bahan lainnya seperti tepung terigu, gula, minyak sayur, dan juga baking powder. Bolu putih telur kukus merupakan kue yang rendah lemak, rendah kalori, dan juga rendah gula sehingga sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Bahan-Bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat resep bolu putih telur kukus ini:

  • 125 gram tepung terigu
  • 5 butir putih telur
  • 75 gram gula pasir
  • 50 ml minyak sayur
  • 1 sendok teh baking powder
  • Sejumput garam
  • Air lemon secukupnya
  • Pewarna makanan (opsional)
  • Alat: Mixer, loyang kue, dan kukusan.

Cara Membuat

Berikut adalah cara membuat resep bolu putih telur kukus yang lezat dan sehat:

  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Pastikan semua bahan sudah disiapkan sebelum kamu memulai membuat bolu putih telur kukus ini.
  2. Pisahkan putih telur dan kuning telur. Pastikan tidak ada kuning telur yang bercampur dengan putih telur. Jika ada kuning telur yang bercampur, kocok kembali putih telur yang baru.
  3. Masukkan putih telur ke wadah mixer dan kocok dengan kecepatan rendah sampai berbusa.
  4. Tambahkan sejumput garam dan sedikit air lemon ke putih telur yang sudah berbusa dan kocok kembali hingga kaku.
  5. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit ke dalam adonan putih telur sambil terus dikocok dengan kecepatan sedang hingga gula larut dan adonan putih telur menjadi mengkilap.
  6. Masukkan tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak ke dalam adonan putih telur dan aduk dengan spatula secara perlahan.
  7. Masukkan minyak sayur ke adonan dan aduk dengan spatula hingga tercampur rata.
  8. Tambahkan pewarna makanan (opsional) dan aduk hingga adonan tercampur rata.
  9. Tuangkan adonan ke dalam loyang kue yang sudah diolesi margarin dan taburi tepung terigu. Ratakan adonan dengan spatula.
  10. Panaskan kukusan dan kukus adonan selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang.

Bolu putih telur kukus siap dihidangkan dan dinikmati sehabis makan.

FAQ

1. Bisa tidak menggunakan air lemon?

Meskipun air lemon tidak wajib digunakan, namun air lemon berfungsi untuk membuat putih telur menjadi lebih kaku saat dikocok dan juga menghilangkan bau amis pada putih telur.

2. Mengapa putih telur harus dikocok hingga kaku?

Putih telur harus dikocok hingga kaku agar bolu putih telur kukus dapat mengembang dengan baik saat dikukus sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan empuk.

3. Bolehkah menggunakan kuning telur dalam resep bolu putih telur kukus ini?

Untuk resep bolu putih telur kukus ini, kuning telur tidak digunakan agar bolu putih telur kukus tetap rendah lemak dan rendah kalori.

4. Apakah pewarna makanan wajib digunakan?

Pewarna makanan tidak wajib digunakan. Kamu bisa menghilangkan langkah ini jika tidak ingin menggunakan pewarna makanan pada bolu putih telur kukus.

5. Bisakah menggunakan gula rendah kalori sebagai pengganti gula pasir?

Bisakah, kamu bisa menggunakan gula rendah kalori sebagai pengganti gula pasir. Namun, pastikan kamu menggunakan gula rendah kalori yang tepat agar tekstur bolu putih telur kukus tetap lembut dan empuk.

Kesimpulan

Bolu putih telur kukus adalah kue yang cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet karena rendah lemak, rendah kalori, dan rendah gula. Dibuat dengan cara dikukus sehingga lebih sehat daripada bolu biasa. Yuk, coba membuat resep bolu putih telur kukus ini di rumah dan rasakan kesegaran dan kesehatannya. Selamat mencoba!

Written by Amanda Rahardjo

Amanda Rahardjo adalah seorang penulis kuliner yang khususnya fokus pada resep-resep masakan Indonesia. Dengan keahlian dan pengalamannya yang luas dalam memasak, Amanda senang berbagi pengetahuannya dengan orang lain melalui blognya. Melalui tulisannya, dia ingin memperkenalkan dan melestarikan kekayaan kuliner Indonesia kepada pembaca di seluruh dunia. Selain menulis resep, Amanda juga suka membagikan tips memasak dan informasi seputar bahan-bahan makanan lokal yang dapat digunakan dalam masakan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Telur Geprek Crispy: Cara Mudah & Enak Membuatnya

Resep Nasi Goreng Own Games