Resep Dadar Gulung untuk 30 Biji: Cara Praktis dan Lezat

Apakah Anda ingin membuat camilan praktis dan enak untuk keluarga Anda? Cobalah membuat dadar gulung! Dadar gulung adalah camilan yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, dan santan yang kemudian diisi dengan berbagai isian yang bisa disesuaikan dengan selera. Di sini saya akan berbagi resep dadar gulung untuk 30 biji yang mudah dipraktikkan dan pastinya lezat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  • 1 kg tepung terigu serbaguna
  • 3 butir telur ayam
  • 1 liter santan kelapa
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula
  • Minyak goreng secukupnya
  • Isian dadar (bisa menggunakan kelapa parut, coklat, keju, atau sesuai selera)

Langkah Pembuatan

  1. Campurkan tepung terigu, telur, garam, dan gula dalam wadah yang cukup besar. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai tercampur rata.

  2. Tambahkan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk sampai adonan menjadi kental.

  3. Panaskan wajan dadar dengan sedikit minyak. Ambil satu sendok sayur adonan, lalu tuang ke dalam wajan dan ratakan sampai berbentuk lingkaran.

  4. Tunggu adonan sampai matang sebelum diangkat. Ulangi proses yang sama sampai adonan habis.

  5. Setelah selesai membuat dadar, letakkan isian dadar di tengah-tengah dadar dan gulung rapat. Lakukan langkah yang sama untuk semua dadar.

  6. Sajikan dadar gulung dalam piring saji, dan camilan lezat siap dinikmati bersama keluarga.

FAQ

  1. Apakah dadar gulung enak jika diisi dengan isian pisang?
    Ya, tentu saja. Dadar gulung dapat disesuaikan dengan isian sesuai selera.
  2. Apa perbedaan antara dadar gulung dan martabak manis?
    Dadar gulung dan martabak manis pada dasarnya sama-sama terbuat dari adonan yang diisi dengan berbagai isian. Bedanya, dadar gulung memiliki bentuk yang lebih kecil dan gulungan tidak terlalu tebal dibandingkan dengan martabak manis.

Kesimpulan

Dadar gulung adalah camilan yang mudah dibuat, lezat, dan pastinya disukai oleh semua orang. Anda dapat mengisi dadar gulung dengan berbagai isian sesuai dengan selera keluarga. Dengan resep dadar gulung untuk 30 biji di atas, Anda dapat membuat camilan yang cukup banyak dan cocok untuk acara kumpul-kumpul bersama teman dan keluarga. Selamat mencoba!

Written by Maya Widianti

Maya Widianti adalah seorang penulis dan food stylist yang mengabdikan dirinya pada keindahan visual dalam dunia kuliner. Dalam tulisannya, dia tidak hanya berbagi resep, tetapi juga cerita-cerita unik di balik masakan-masakan tersebut. Dengan demikian, Adi berharap dapat membantu melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ceker Dimsum: Makanan yang Populer dan Lezat

Bumbu Ayam Gulai: Resep dan Cara Membuat