Resep Es Lancang Kuning: Es Segar dengan Campuran Buah-buahan

Siapa yang tidak suka dengan es segar di masa panas seperti sekarang ini? Es Lancang Kuning bisa jadi varian yang menarik untuk dicoba. Es ini menyuguhkan gabungan buah-buahan dengan campuran susu dan sirup jeli. Berikut adalah resep es lancang kuning yang dapat dicoba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

  1. Buah naga kuning segar sebanyak 200 gram
  2. Kelapa muda parut sebanyak 50 gram
  3. Mango nectar sebanyak 150 ml
  4. Sirup jeli warna kuning sebanyak 2 sendok makan
  5. Gula pasir sebanyak 3 sendok makan
  6. Susu kental manis sebanyak 100 ml
  7. Es batu sebanyak 200 gram

Cara Membuat Es Lancang Kuning

  1. Pertama, potong-potong buah naga kuning menjadi yang kecil. Kemudian, masukkan ke dalam wadah dan campurkan dengan kelapa muda parut hingga tercampur dengan baik.
  2. Selanjutnya, masukkan mango nectar ke dalam wadah berisi campuran buah dan kelapa. Beri sedikit gula pasir dan sirup jeli warna kuning. Aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  3. Setelah itu, masukkan susu kental manis ke dalam wadah. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata dengan susu.
  4. Siapkan gelas saji dan isian dengan es batu hingga separuh gelas terisi penuh dengan es. Kemudian, tambahkan campuran buah dan susu tadi hingga gelas terisi penuh.
  5. Untuk penyajian, dapat ditambahkan topping sesuai selera seperti whipped cream atau bolu gulung. Es Lancang Kuning siap disajikan.

FAQ

Apa yang Membuat Es Lancang Kuning Menarik?

Es Lancang Kuning menyajikan gabungan buah-buahan dengan susu yang segar dan sedikit rasa manis dari sirup jeli kuning. Selain itu, es ini juga memberikan kelembutan dari kelapa muda parut yang menambah kesegaran dari es ini.

Bagaimana Cara Menghidangkan Es Lancang Kuning?

Es lancang kuning disajikan dalam gelas saji yang sudah berisi es batu, kemudian tambahkan campuran buah dan susu hingga gelas terisi full.

Apa Saja Bahan yang Harus Disiapkan untuk Membuat Es Lancang Kuning?

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah buah naga kuning, kelapa muda parut, mango nectar, sirup jeli warna kuning, gula pasir, susu kental manis, dan es batu.

Apa Topping yang Cocok untuk Menambah Rasanya?

Ada beberapa topping yang dapat menambah rasa pada es lancang kuning seperti whipped cream, bolu gulung atau buah-buahan segar yang sesuai selera.

Kesimpulan

Es Lancang Kuning merupakan varian es yang segar dan memiliki rasa yang unik. Es ini cocok disajikan di saat-saat terik seperti sekarang. Dengan campuran buah-buahan, susu dan sirup jeli kuning, es ini terasa lebih nikmat dan menyegarkan. Jangan ragu untuk mencoba resep es lancang kuning ini di rumah.

Written by Amanda Rahardjo

Amanda Rahardjo adalah seorang penulis kuliner yang khususnya fokus pada resep-resep masakan Indonesia. Dengan keahlian dan pengalamannya yang luas dalam memasak, Amanda senang berbagi pengetahuannya dengan orang lain melalui blognya. Melalui tulisannya, dia ingin memperkenalkan dan melestarikan kekayaan kuliner Indonesia kepada pembaca di seluruh dunia. Selain menulis resep, Amanda juga suka membagikan tips memasak dan informasi seputar bahan-bahan makanan lokal yang dapat digunakan dalam masakan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ayam Goreng Rica-Rica: Sensasi Pedas dan Lezat

Lauk Pendamping Tumis Buncis – Enak, Sehat, dan Mudah Dibuat