Resep Goreng Oncom Terigu

Jika Anda belum mencoba gorengan oncom terigu yang renyah dan gurih, cobalah sekarang juga. Resepnya mudah, hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja. Berikut ini resep goreng oncom terigu yang bisa Anda coba dirumah.

Bahan-bahan:

  • 150 gram oncom, dihaluskan halus
  • 100 gram tepung terigu
  • 2 sendok makan bawang merah yang sudah diiris kecil
  • 2 siung bawang putih yang dihaluskan
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/4 sendok teh garam atau sesuai selera
  • 1/4 sendok teh lada bubuk atau sesuai selera
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Masukkan oncom yang sudah dihaluskan ke dalam wadah.
  2. Tambahkan tepung terigu, bawang merah dan putih yang sudah diiris kecil, ketumbar, garam, dan lada bubuk. Aduk rata.
  3. Tambahkan air secukupnya sambil diaduk hingga adonan menjadi kental namun tetap bisa dicetak dengan sendok.
  4. Panaskan minyak goreng dalam wajan.
  5. Gunakan sendok untuk mengambil adonan dan cetak sesuai ukuran yang diinginkan. Goreng adonan hingga kecoklatan dan matang, angkat dan tiriskan.
  6. Goreng kembali adonan hingga kecoklatan dan matang untuk hasil yang lebih renyah, kemudian angkat dan tiriskan kembali.
  7. Sajikan gorengan oncom terigu di atas piring dan sajikan segera selagi masih hangat.

FAQ:

Apa yang membuat goreng oncom terigu menjadi renyah?

Gorengan oncom terigu menjadi renyah karena adonan yang cukup kental sehingga saat digoreng, lapisan luarnya menjadi crispy. Selain itu, keuletan dan kebiasaan dalam menggoreng juga mempengaruhi hasil akhir gorengan oncom terigu.

Apakah gorengan oncom terigu sehat untuk dikonsumsi?

Gorengan oncom terigu mengandung banyak protein dan rendah lemak sehingga cukup sehat untuk dikonsumsi. Namun, gorengan yang terlalu banyak mengandung minyak tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Apakah gorengan oncom terigu bisa disimpan?

Gorengan oncom terigu bisa disimpan di dalam kulkas dalam wadah tertutup rapat selama 1-2 hari. Jika ingin disimpan lebih lama, masukkan ke dalam freezer dan goreng kembali sebelum disajikan.

Kesimpulan:

Resep goreng oncom terigu sangat mudah dan praktis untuk dibuat dirumah. Dengan kombinasi tepung terigu dan oncom yang dihaluskan, serta pelengkap bumbu-bumbu seperti bawang merah dan putih, ketumbar, garam, dan lada bubuk, menghasilkan gorengan yang renyah dan gurih. Tak lupa goreng adonan hingga ke dua kali untuk mendapat hasil gorengan yang lebih renyah. Selamat mencoba!

Written by Rizky Ramadhan

Rizky Ramadhan adalah seorang penulis dan koki amatir yang berdedikasi untuk menggali lebih dalam tentang warisan kuliner Indonesia. Melalui blognya, Rizky berbagi resep-resep khas dari berbagai daerah di Indonesia. Dia percaya bahwa makanan adalah jendela kebudayaan, dan dengan mempelajari dan mencoba masakan tradisional, kita dapat lebih memahami keanekaragaman budaya Indonesia. Dalam tulisannya, Rizky sering memadukan pengetahuan kuliner dengan cerita perjalanan pribadinya dalam mencicipi masakan-masakan lezat di seluruh Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contoh Tumpeng 17 Agustus: Merayakan Kemerdekaan dengan Kuliner

Cara Bikin Soto Daging: Resep yang Mudah dan Enak