Resep Katsu Ayam yang Praktis dan Enak

Apakah Anda suka dengan masakan Jepang? Salah satu masakan Jepang yang populer adalah katsu ayam. Masakan yang mudah dibuat ini dikenal akan teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara membuat katsu ayam yang praktis dan enak.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 2 potong paha ayam fillet, potong tipis-tipis
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 sdt jahe, parut
  • 1/2 sdm kecap asin
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 100 gr tepung roti halus
  • 100 gr tepung terigu
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-Langkah Membuat Katsu Ayam

  1. Lumuri potongan ayam dengan garam dan merica. Beri saus tiram, bawang putih, jahe, dan kecap asin. Aduk rata dan diamkan selama 15 menit.
  2. Siapkan 3 mangkuk kecil. Isi mangkuk pertama dengan tepung terigu, mangkuk kedua dengan telur kocok, dan mangkuk ketiga dengan tepung roti halus.
  3. Ambil satu potongan ayam dan gulingkan terlebih dahulu di tepung terigu, lalu celupkan ke dalam telur kocok, dan terakhir gulingkan di tepung roti halus. Pastikan ayam terbalut tepung dengan merata.
  4. Goreng ayam dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan suhu sedang. Goreng hingga kedua sisinya berwarna kecoklatan dan matang merata.
  5. Angkat ayam dan tiriskan.

Katsu ayam siap disajikan dengan saus sambal atau saus tonkatsu. Nikmati katsu ayam dengan nasi hangat, salad, atau soba.

FAQ

1. Bisa menggunakan bagian ayam lainnya selain paha fillet?

Tentu bisa. Anda bisa menggunakan bagian ayam lain seperti dada ayam. Namun, paha ayam fillet dikenal akan kelembutan dagingnya.

2. Apa perbedaan antara tepung terigu dan tepung roti?

Tepung terigu digunakan untuk membuat adonan roti, kue, dan berbagai macam olahan. Sementara itu, tepung roti digunakan khusus untuk membuat roti.

3. Bolehkah menggoreng menggunakan minyak yang sudah dipakai sebelumnya?

Sebaiknya tidak. Minyak yang sudah dipakai sebelumnya dapat menghasilkan kandungan zat yang berbahaya jika dipakai terus-menerus.

4. Apa saja bahan utama untuk membuat saus tonkatsu?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat saus tonkatsu adalah kecap manis, saus tomat, saus worcestershire, dan gula.

Kesimpulan

Membuat katsu ayam tidaklah sulit. Dalam beberapa langkah mudah, Anda bisa menikmati hidangan yang lezat dan sehat di rumah. Selain untuk camilan, katsu ayam juga cocok disajikan sebagai menu utama. Dengan mengikuti resep di atas, dijamin katsu ayam buatan Anda akan menjadi favorit keluarga.

Written by Rizky Ramadhan

Rizky Ramadhan adalah seorang penulis dan koki amatir yang berdedikasi untuk menggali lebih dalam tentang warisan kuliner Indonesia. Melalui blognya, Rizky berbagi resep-resep khas dari berbagai daerah di Indonesia. Dia percaya bahwa makanan adalah jendela kebudayaan, dan dengan mempelajari dan mencoba masakan tradisional, kita dapat lebih memahami keanekaragaman budaya Indonesia. Dalam tulisannya, Rizky sering memadukan pengetahuan kuliner dengan cerita perjalanan pribadinya dalam mencicipi masakan-masakan lezat di seluruh Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Tumis Kembang Pepaya: Cara Mudah dan Lezat

Resep Brownies Durian NCC – Nikmati Sensasi Durian dalam Kelezatan Brownies