Resep Kolak Pisang Ubi: Manisnya Asli Indonesia

Apakah Anda mencari resep hidangan penutup yang nikmat, manis, dan cocok disantap kapan saja? Jika iya, resep kolak pisang ubi adalah pilihan tepat. Terutama jika Anda adalah penggemar makanan manis dengan cita rasa rempah Indonesia yang khas. Di bawah ini, saya akan berbagi resep kolak pisang ubi dengan mengikuti langkah-langkah mudah dan cepat. Mari kita mulai!

Bahan-bahan Yang Dibutuhkan

  1. Ubi Jalar: 300 gram (kupas dan potong kecil)
  2. Pisang Kepok: 4-5 biji (kupas dan potong sedang)
  3. Santan Kelapa: 400 ml (dapat menggunakan santan kental kaleng)
  4. Air: 400 ml
  5. Daun Pandan: 2 lembar
  6. Gula Pasir: 150 gram (sangat disarankan untuk menggunakan gula aren)
  7. Garam: seperempat sendok teh
  8. Kemiri: 2 biji
  9. Jahe: segumpal kecil
  10. Cengkeh: 2-3 biji
  11. Kayu Manis: secuil
  12. Air daun pandan (opsional): secukupnya
  13. Es batu (opsional): secukupnya

Langkah-Langkah Membuat Kolak Pisang Ubi

  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan cuci bersih.
  2. Tumis bumbu-bumbu halus (kemiri, jahe, cengkeh, dan kayu manis) sampai harum dan matang.
  3. Tambahkan air, daun pandan, gula, dan garam.
  4. Tunggu sampai air mendidih dan gula larut sempurna. Kemudian, masukkan potongan pisang ke dalam panci dan masak selama 5-10 menit dengan api sedang.
  5. Setelah pisang matang, masukkan potongan ubi jalar dan santan kelapa. Aduk rata dengan api kecil sampai santan kelapa matang sempurna dan rasanya meresap ke dalam potongan pisang dan ubi jalar. Jangan lupa sesekali mengaduk agar santan tidak pecah dan merekat ke dasar panci.
  6. Proses matang kolak pisang ubi sekitar 10-15 menit atau sampai tekstur ubi jalar empuk dan pisang lembut. Jika masih terasa asam, Anda bisa menambahkan sedikit gula pasir atau garam untuk menyesuaikan rasa.
  7. Tambahkan sedikit air daun pandan agar aroma kolak menjadi lebih kuat. Matikan kompor dan aduk rata.
  8. Siapkan mangkuk atau gelas saji, dan tambahkan es batu (opsional) sebelum menambahkan kolak pisang ubi di atasnya. Anda bisa menambahkan hiasan serutan kelapa, kacang tanah yang digoreng atau potongan pisang sesuai selera. Kolak pisang ubi siap disajikan!

FAQ

1. Apa saja bahan-bahan dasar yang dibutuhkan dalam membuat kolak pisang ubi?

Beberapa bahan dasar yang wajib ada dalam resep kolak pisang ubi termasuk ubi jalar, pisang kepok, santan kelapa, gula, garam, serta rempah-rempah seperti kemiri, jahe, cengkeh, dan kayu manis.

2. Bagaimana cara memilih ubi jalar yang bagus untuk membuat kolak pisang ubi?

Pilih ubi jalar yang berwarna oranye kemerahan dan tidak terlihat busuk atau berjamur. Ubi jalar yang fres dari pasar terdekat biasanya lebih terjamin keaslian dan kualitasnya.

3. Bisakah saya menggunakan pisang lain selain pisang kepok untuk membuat kolak pisang ubi?

Tentu saja. Anda bisa menggunakan jenis pisang apa saja seperti pisang raja, pisang tanduk, atau pisang ambon. Namun, rasanya mungkin sedikit berbeda dari yang ditunjukkan pada resep ini.

4. Bagaimana agar santan kelapa tidak mudah pecah saat dimasak?

Jangan menambahkan santan kelapa saat api masih terlalu panas, dan jangan lupa untuk selalu mengaduk perlahan sampai matang. Jika santan kelapa sudah pecah, coba tambahkan sedikit tepung sagu dan aduk hingga santan kembali menjadi lembut.

5. Apakah saya bisa membuat kolak pisang ubi lebih awal dan menyimpannya dalam lemari es?

Ya, Anda bisa. Namun, pastikan Anda menunggu sampai kolak tidak terlalu panas sebelum menyimpannya di dalam lemari es. Kolak yang sudah matang dapat bertahan hingga 1-2 hari dalam kondisi tertutup di dalam kulkas. Namun, pastikan untuk menghangatkannya kembali dengan cara dipanaskan di atas kompor atau microwave sebelum disajikan.

Kesimpulan

Itulah resep kolak pisang ubi yang cocok untuk disajikan di cuaca apapun. Saat merasakan nikmatnya hidangan manis yang kaya akan rempah, Anda bisa larut dalam kelezatan Indonesia dengan mudah. Dapatkan bahan-bahan yang Anda butuhkan dan ikuti langkah-langkah di atas untuk membuat hidangan penutup yang lezat dan bergizi. Selamat mencoba!

Written by Maya Widianti

Maya Widianti adalah seorang penulis dan food stylist yang mengabdikan dirinya pada keindahan visual dalam dunia kuliner. Dalam tulisannya, dia tidak hanya berbagi resep, tetapi juga cerita-cerita unik di balik masakan-masakan tersebut. Dengan demikian, Adi berharap dapat membantu melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rolade Sapi: Olahan Daging yang Menggugah Selera

Resep Nasi Kuning Spesial