Resep Kue Asin Tradisional yang Lezat dan Mudah Dibuat

Kue asin merupakan salah satu jenis kue yang populer dan sering ditemukan di pasar atau toko kue. Kue asin memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai camilan atau hidangan pembuka. Di Indonesia sendiri, kue asin telah menjadi bagian dari kuliner tradisional yang tidak hanya enak, namun juga mudah dibuat.

Dalam artikel ini, kita akan membahas resep kue asin tradisional yang lezat dan mudah dibuat. Berikut adalah bahan dan cara membuat kue asin yang bisa dicoba di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 250 gram tepung terigu
  • 150 gram margarin atau mentega
  • 50 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 30 gram bawang putih mecin
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 1 sendok makan wijen
  • 1 sendok makan daun seledri cincang halus

Cara membuat kue asin

  1. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan di atas.
  2. Campurkan margarin atau mentega, gula pasir, garam, kaldu ayam bubuk, bawang putih mecin, dan daun seledri cincang halus ke dalam wadah. Aduk rata.
  3. Tambahkan telur ke dalam adonan dan kocok dengan mixer hingga adonan tercampur merata.
  4. Ayak tepung terigu, baking powder, dan susu bubuk ke dalam adonan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur merata.
  5. Gumpalkan adonan dan bentuk bulat seperti bola. Giling bola adonan dengan rolling pin dan giling dengan ketebalan 5mm.
  6. Ambil cetakan kue yang sudah diolesi margarin dan taburi tepung terigu, lalu bentuk adonan sesuai dengan bentuk cetakan kue.
  7. Taburi adonan dengan wijen.
  8. Setelah selesai, panggang kue dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 180 derajat celcius selama 15-20 menit hingga matang dan berwarna kecokelatan.
  9. Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan dinginkan.

Kue asin tradisional siap disajikan sebagai camilan atau hidangan pembuka. Dengan resep yang mudah dan bahan yang sederhana, Anda dapat membuat kue asin yang lezat di rumah.

FAQ

1. Apakah tepung terigu yang digunakan untuk membuat kue asin?

Ya, tepung terigu adalah bahan utama dalam membuat kue asin. Tepung terigu dipilih karena dapat memberikan tekstur yang renyah dan empuk pada kue.

2. Bisa ganti margarin dengan mentega?

Ya, Anda dapat mengganti margarin dengan mentega sesuai dengan selera dan preferensi Anda. Namun, pastikan untuk menjaga proporsi bahan-bahan yang digunakan agar kue tidak berubah rasanya.

3. Apakah susu bubuk diperlukan dalam resep ini?

Ya, susu bubuk adalah salah satu bahan penting dalam resep ini yang dapat memberikan aroma dan rasa yang khas pada kue asin.

4. Boleh tidak menambahkan wijen pada kue asin?

Tentu saja. Wijen digunakan sebagai taburan pada kue untuk memberikan cita rasa yang unik dan menambahkan tekstur renyah pada kue. Namun, jika Anda tidak menyukai wijen, Anda dapat menggantinya dengan taburan bahan lain yang sesuai.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue asin?

Waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan kue asin tergantung pada berbagai faktor seperti jumlah bahan yang digunakan dan suhu oven. Namun, secara umum, waktu yang dibutuhkan berkisar antara 30-45 menit.

Kesimpulan

Kue asin tradisional merupakan salah satu jenis kue yang lezat dan mudah dibuat. Dalam resep yang sudah dijelaskan di atas, penggunaan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah dapat membantu Anda membuat kue asin yang berhasil dan enak di rumah. Selamat mencoba!

Written by Rizky Ramadhan

Rizky Ramadhan adalah seorang penulis dan koki amatir yang berdedikasi untuk menggali lebih dalam tentang warisan kuliner Indonesia. Melalui blognya, Rizky berbagi resep-resep khas dari berbagai daerah di Indonesia. Dia percaya bahwa makanan adalah jendela kebudayaan, dan dengan mempelajari dan mencoba masakan tradisional, kita dapat lebih memahami keanekaragaman budaya Indonesia. Dalam tulisannya, Rizky sering memadukan pengetahuan kuliner dengan cerita perjalanan pribadinya dalam mencicipi masakan-masakan lezat di seluruh Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Membuat Bumbu Ayam Bakar yang Lezat

Resep Peuyeum Bol Sederhana: Kreasi Unik dari Bahan Pangan Lokal