Resep Kue Keroncong Tenggarong: Lezat dan Mudah Dibuat!

Kue Keroncong Tenggarong adalah salah satu kue tradisional asli Kalimantan Timur yang sangat populer. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis, sehingga sangat cocok dinikmati sebagai camilan atau sajian penutup.

Dalam artikel ini, saya akan memberikan resep kue keroncong tenggarong yang mudah diikuti dan tentunya sangat lezat. Simak baik-baik ya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  • 500 gram tepung ketan
  • 300 ml santan kental
  • 250 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • Daun pandan secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Keroncong Tenggarong

  1. Langkah pertama adalah mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Ayak tepung ketan, sisihkan.
  2. Panaskan santan kental hingga mendidih bersama daun pandan, aduk-aduk hingga harum. Kemudian tuang santan ke dalam tepung ketan. Aduk rata hingga tercampur dengan baik.
  3. Tambahkan gula pasir dan garam, aduk rata kembali, kemudian masukkan telur satu per satu sambil diaduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Saring adonan dan tuangkan ke dalam loyang yang sudah dioles minyak goreng.
  5. Panaskan kukusan dan kukus adonan selama 30 menit atau hingga matang dan kenyal.
  6. Setelah matang, keluarkan kue dari loyang dan potong-potong sesuai dengan selera. Kue keroncong tenggarong siap disajikan!

Tips dan Trik

  • Untuk membuat kue keroncong tenggarong yang lebih enak, gunakan santan kental yang berkualitas baik.
  • Jangan terlalu banyak mengaduk adonan agar tidak terlalu padat dan keras.
  • Anda juga bisa menambahkan pewarna makanan agar tampilan kue lebih menarik.
  • Jika suka, sajikan kue keroncong tenggarong dengan taburan kelapa parut atau wijen sangrai untuk menambah rasa gurih dan aroma wangi.

FAQ

1. Apa itu tepung ketan?

Tepung ketan adalah tepung yang berasal dari beras ketan yang digiling hingga halus. Tepung ini memiliki tekstur yang lengket dan kandungan gluten yang lebih rendah dibandingkan dengan tepung terigu.

2. Bisakah saya mengganti gula pasir dengan gula kelapa?

Tentu saja bisa! Anda bisa mengganti gula pasir dengan gula kelapa untuk mendapatkan rasa yang lebih alami.

3. Bagaimana cara menyimpan kue keroncong tenggarong yang sudah matang?

Kue keroncong tenggarong yang sudah matang bisa disimpan dalam wadah tertutup di suhu ruang selama 1-2 hari. Jika ingin lebih tahan lama, simpan kue di dalam kulkas selama 3-4 hari.

Kesimpulan

Membuat kue keroncong tenggarong ternyata sangat mudah, bukan? Dengan sedikit bahan dan tahap yang sederhana, Anda bisa menikmati hidangan tradisional yang sangat lezat ini. Jangan lupa untuk mengikuti resep yang sudah saya bagikan dan gunakan tips dan trik yang saya sebutkan agar hasilnya semakin sempurna. Selamat mencoba!

Written by Rizky Ramadhan

Rizky Ramadhan adalah seorang penulis dan koki amatir yang berdedikasi untuk menggali lebih dalam tentang warisan kuliner Indonesia. Melalui blognya, Rizky berbagi resep-resep khas dari berbagai daerah di Indonesia. Dia percaya bahwa makanan adalah jendela kebudayaan, dan dengan mempelajari dan mencoba masakan tradisional, kita dapat lebih memahami keanekaragaman budaya Indonesia. Dalam tulisannya, Rizky sering memadukan pengetahuan kuliner dengan cerita perjalanan pribadinya dalam mencicipi masakan-masakan lezat di seluruh Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Bikin Ketoprak: Resep Sederhana dan Enak

Bikin Kue Onde: Resep dan Cara Membuat Kue Onde yang Lezat