Resep Kue Pancong Kekinian yang Lezat dan Mudah Dibuat

Mencoba dan mencari resep kue pancong kekinian bukanlah hal yang sulit. Kue pancong adalah salah satu kue yang sudah lama dikenal di Indonesia. Kue ini biasanya terbuat dari tepung beras, kelapa parut, gula, dan garam.

Namun, seiring perkembangan zaman, kue pancong pun mengalami perubahan dengan tambahan bahan-bahan baru yang membuatnya terlihat lebih menarik dan lezat. Ingin mencoba resep kue pancong kekinian yang mudah dan enak? Berikut adalah resep yang bisa Anda coba.

Bahan-Bahan:

  • 200 gram tepung ketan
  • 200 ml kelapa parut kasar
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 butir telur ayam
  • 350 ml santan kelapa

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan kecuali telur dan santan kelapa di dalam sebuah wadah besar. Aduk rata dan sisihkan.
  2. Dalam wadah yang berbeda, kocok telur hingga tercampur rata. Tambahkan santan kelapa sedikit demi sedikit sambil diaduk terus.
  3. Masukkan campuran telur dan santan kelapa ke dalam campuran tepung beras. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan sempurna. Pastikan tidak ada bagian yang menggumpal.
  4. Panaskan alat pemanggang kue pancong atau wajan datar dengan api kecil. Oleskan sedikit minyak goreng ke dalam alat pemanggang kue pancong atau wajan datar.
  5. Ambil sedikit adonan dan tuangkan ke dalam alat pemanggang. Tunggu hingga matang, kemudian angkat dan sajikan.

Tips

  • Saat memanggang kue pancong, jangan terlalu sering membuka tutup alat pemanggang atau membalik kue. Hal ini akan membuat kue tidak matang dengan sempurna.
  • Jangan terlalu sering mengaduk adonan ketika sedang membuat kue pancong. Hal ini bisa membuat adonan menjadi berair dan kue tidak akan matang dengan sempurna.

FAQ

Apa yang membuat resep kue pancong kekinian berbeda?

Resep kue pancong kekinian biasanya memiliki tambahan bahan-bahan baru seperti coklat, keju, dan green tea powder sehingga rasanya lebih unik dan lezat.

Apa yang perlu diperhatikan saat membuat kue pancong?

Pastikan untuk tidak terlalu sering membuka tutup alat pemanggang dan mengaduk adonan saat membuat kue pancong agar matang dengan sempurna.

Bisakah menggunakan tepung beras biasa sebagai pengganti tepung ketan?

Tidak disarankan. Tepung ketan memberikan rasa dan tekstur yang berbeda dibandingkan dengan tepung beras biasa.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue pancong?

Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 30 menit termasuk persiapan bahan dan proses memanggang.

Apa yang bisa menjadi variasi rasa untuk kue pancong?

Anda bisa mencoba variasi rasa dengan menambahkan coklat, keju, green tea powder, atau susu kental manis pada adonan.

Kesimpulan

Kue pancong adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang lezat dan mudah dibuat. Dengan menambahkan bahan-bahan baru, membuatnya menjadi lebih menarik dan kekinian. Dalam membuat kue pancong, pastikan untuk tidak sering membuka alat pemanggang dan mengaduk adonan agar matang dengan sempurna. Anda bisa melakukan variasi rasa dengan menambahkan bahan-bahan yang sesuai dengan selera. Selamat mencoba!

Written by Rizky Ramadhan

Rizky Ramadhan adalah seorang penulis dan koki amatir yang berdedikasi untuk menggali lebih dalam tentang warisan kuliner Indonesia. Melalui blognya, Rizky berbagi resep-resep khas dari berbagai daerah di Indonesia. Dia percaya bahwa makanan adalah jendela kebudayaan, dan dengan mempelajari dan mencoba masakan tradisional, kita dapat lebih memahami keanekaragaman budaya Indonesia. Dalam tulisannya, Rizky sering memadukan pengetahuan kuliner dengan cerita perjalanan pribadinya dalam mencicipi masakan-masakan lezat di seluruh Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Bikin Kentang Balado yang Lezat dan Mudah

Bawang Geprek: Cara Membuat dan Asal Usul