Resep Kue Serabi Tepung Terigu: Cara Membuatnya dengan Mudah

Kue serabi adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang memiliki tekstur kenyal dan rasa manis yang lezat. Kue ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu, santan, dan gula. Berikut ini adalah resep kue serabi tepung terigu yang mudah untuk dibuat di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • 250 gram tepung terigu
  • 250 ml santan
  • 200 ml air matang
  • 125 gram gula pasir
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah Membuat Kue Serabi Tepung Terigu

  1. Siapkan wadah, lalu campurkan tepung terigu, santan, air matang, gula pasir, vanili bubuk, dan garam. Aduk rata hingga tidak ada yang bergerindil.

  2. Panaskan wajan anti lengket dengan menggunakan api kecil, lalu olesi dengan minyak goreng secukupnya.

  3. Ambil adonan sedikit dan tuangkan ke dalam wajan agar membentuk lingkaran, lalu tunggu hingga permukaannya tampak berpori. Sambil menunggu, tutup wajan dengan penutup agar matang merata.

  4. Setelah matang, angkat serabi dengan spatula atau sendok dibantu dengan tusuk gigi. Letakkan serabi di atas piring yang sudah disiapkan.

  5. Ulangi langkah 3-4 sampai adonan habis.

  6. Kue serabi tepung terigu siap disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q: Bisa gak sih bikin kue serabi yang toppingnya cokelat atau keju?
A: Tentu saja bisa. Setelah adonan serabi matang, kamu bisa tambahkan toping sesuai selera seperti cokelat leleh atau keju parut.

Q: Boleh gak kalau adonan serabinya diistirahatkan dulu sebelum digoreng?
A: Boleh saja. Istirahatkan adonan selama 30 menit sebelum digoreng agar teksturnya lebih kenyal.

Q: Kalau gak ada wajan anti lengket, bagaimana?
A: Kamu bisa menggunakan wajan biasa, namun pastikan wajannya sudah sangat panas sebelum menuangkan adonan serabi agar tidak lengket.

Kesimpulan

Itulah resep kue serabi tepung terigu yang mudah dan praktis untuk kamu coba di rumah. Tidak perlu khawatir jika kamu masih pemula dalam memasak, karena resep ini sangat mudah diikuti. Jangan lupa menyesuaikan takaran bahan dan waktu memasak agar hasilnya benar-benar optimal. Selamat mencoba!

Written by Rizky Ramadhan

Rizky Ramadhan adalah seorang penulis dan koki amatir yang berdedikasi untuk menggali lebih dalam tentang warisan kuliner Indonesia. Melalui blognya, Rizky berbagi resep-resep khas dari berbagai daerah di Indonesia. Dia percaya bahwa makanan adalah jendela kebudayaan, dan dengan mempelajari dan mencoba masakan tradisional, kita dapat lebih memahami keanekaragaman budaya Indonesia. Dalam tulisannya, Rizky sering memadukan pengetahuan kuliner dengan cerita perjalanan pribadinya dalam mencicipi masakan-masakan lezat di seluruh Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

"Walls Es Krim: Nikmati Sensasi Es Krim yang Lezat dengan Harga Terjangkau"

Cara Membuat Garang Asem