Resep Lapis Daging Jawa Timur: Enak dan Mudah Dibuat

Lapis daging merupakan salah satu hidangan khas Jawa Timur yang terbuat dari lapisan daging sapi dan bahan-bahan rempah pilihan. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan lezat, serta cocok disajikan sebagai hidangan utama atau pelengkap nasi. Di artikel ini, kami akan berbagi resep lapis daging Jawa Timur yang enak dan mudah dibuat.

Bahan-bahan

  • 500 gram daging sapi has dalam, iris tipis
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan seledri, iris halus
  • 2 sendok makan bawang merah goreng
  • 1 batang serai, iris halus
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bumbu-bumbu yang dihaluskan

  • 5 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 sendok teh merica
  • 2 sendok teh garam

Cara membuat

  1. Panaskan minyak goreng di atas api sedang. Saat minyak sudah panas, masukkan serai, daun salam, dan daun jeruk. Tumis hingga harum.
  2. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam tumisan serai dan daun. Aduk rata hingga bumbu matang dan tercampur dengan baik.
  3. Masukkan daging sapi yang sudah diiris tipis ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  4. Tambahkan kecap manis dan seledri. Aduk rata dan masak hingga daging empuk.
  5. Angkat lapisan daging dari wajan, kemudian letakkan di atas piring saji.
  6. Taburi bawang merah goreng di atas lapisan daging.
  7. Lapis daging Jawa Timur siap disajikan.

FAQ

1. Apakah lapis daging Jawa Timur cocok disajikan sebagai hidangan utama?

Ya, lapis daging Jawa Timur cukup cocok disajikan sebagai hidangan utama. Hidangan ini mengandung protein yang cukup tinggi sehingga dapat memberikan energi yang cukup untuk tubuh Anda.

2. Apakah lapis daging Jawa Timur mudah dibuat?

Ya, lapis daging Jawa Timur cukup mudah dibuat. Dengan bahan-bahan yang sederhana seperti daging sapi, bumbu-bumbu rempah, dan bahan pelengkap seperti seledri dan bawang merah goreng, Anda dapat membuat hidangan ini di rumah dengan mudah.

3. Apakah lapis daging Jawa Timur pedas?

Tergantung dari selera Anda. Bumbu yang digunakan dalam lapis daging Jawa Timur cukup banyak, sehingga dapat memberikan rasa pedas yang cukup kuat. Namun, Anda dapat menyesuaikan takaran bumbu sesuai dengan selera Anda.

Kesimpulan

Lapis daging Jawa Timur merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang memiliki rasa yang lezat dan gurih. Hidangan ini mudah dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana, dan cocok disajikan sebagai hidangan utama atau pelengkap nasi. Cobalah resep ini di rumah dan nikmati hidangan enak yang satu ini!

Written by Adi Susanto

Adi Susanto adalah seorang penulis dan pecinta kuliner yang berfokus pada masakan tradisional Indonesia. Melalui blognya, dia berbagi resep-resep klasik dari berbagai daerah di Indonesia, sering kali diwariskan dari generasi ke generasi. Adi percaya bahwa masakan tradisional memegang nilai-nilai budaya dan merupakan bagian penting dari identitas suatu daerah. Dalam tulisannya, dia tidak hanya berbagi resep, tetapi juga cerita-cerita unik di balik masakan-masakan tersebut. Dengan demikian, Adi berharap dapat membantu melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Bolu Magic Com Anti Gagal: Tips Rahasia Membuat Bolu Magic Com yang Lezat dan Mudah

Resep Soto Ayam Medan Yang Gurih dan Enak