Resep Palumara Ikan Tongkol: Nikmatnya Rasa Pedas Gurih

Palumara ikan tongkol adalah salah satu hidangan khas Sulawesi Selatan yang terkenal dengan rasa pedas dan gurihnya. Dalam hidangan ini, ikan tongkol yang segar dicampur dengan bumbu rempah yang khas Sulawesi Selatan. Banyak orang yang mencari resep palumara ikan tongkol untuk membuat hidangan ini di rumah. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas resep palumara ikan tongkol yang enak dan mudah dibuat di rumah.

Bahan-Bahan

Berikut bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat palumara ikan tongkol:

  • 500 gram ikan tongkol segar
  • 3 buah jeruk nipis
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 5 buah cabai merah, iris serong
  • 5 buah cabai rawit, iris serong
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 buah tomat besar, potong-potong
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 2 sendok makan minyak kelapa
  • Garam secukupnya

Cara Memasak

Berikut langkah-langkah dalam membuat palumara ikan tongkol:

  1. Potong-potong ikan tongkol menjadi beberapa bagian dan cuci bersih dengan air mengalir. Kemudian lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Diamkan selama 15 menit.

  2. Panaskan minyak goreng dan minyak kelapa dalam wajan di atas api sedang. Setelah panas, tumis cabai merah, cabai rawit, serai, lengkuas, dan daun salam hingga harum.

  3. Masukkan ikan tongkol ke dalam wajan dan aduk rata. Masak ikan hingga setengah kering.

  4. Tambahkan air secukupnya ke dalam wajan, kemudian masukkan daun jeruk, tomat, dan garam secukupnya. Aduk rata dan biarkan hingga ikan matang dan kuah mengental.

  5. Angkat palumara ikan tongkol dari wajan dan sajikan di atas piring saji. Taburkan irisan daun bawang dan seledri di atas palumara ikan tongkol dan hidangkan selagi masih hangat.

FAQ

1. Bagaimana memilih ikan tongkol yang segar untuk palumara?

Pilih ikan tongkol yang warnanya cerah dan terlihat segar. Jangan memilih ikan yang warnanya kusam. Pastikan ikan tidak berbau amis atau tengik. Ikan yang bagus memiliki daging yang kencang dan lemak yang cukup.

2. Bisakah palumara ikan tongkol disimpan dalam lemari pendingin?

Palumara ikan tongkol sebaiknya dimakan segera setelah dimasak. Jangan menyimpannya terlalu lama dalam lemari pendingin karena dapat mengakibatkan warna dan rasa ikan berubah.

3. Apa yang bisa dijadikan pendamping palumara ikan tongkol?

Palumara ikan tongkol nikmat disajikan dengan nasi putih hangat dan sayur asam.

Kesimpulan

Palumara ikan tongkol adalah hidangan yang cocok bagi Anda yang gemar dengan rasa pedas dan gurih. Menggunakan ikan tongkol dan bumbu-bumbu rempah yang khas Sulawesi Selatan membuat hidangan ini memiliki cita rasa yang istimewa. Dengan mengikuti resep palumara ikan tongkol di atas, Anda bisa membuat hidangan ini di rumah dengan mudah. Selamat mencoba!

Written by Amanda Rahardjo

Amanda Rahardjo adalah seorang penulis kuliner yang khususnya fokus pada resep-resep masakan Indonesia. Dengan keahlian dan pengalamannya yang luas dalam memasak, Amanda senang berbagi pengetahuannya dengan orang lain melalui blognya. Melalui tulisannya, dia ingin memperkenalkan dan melestarikan kekayaan kuliner Indonesia kepada pembaca di seluruh dunia. Selain menulis resep, Amanda juga suka membagikan tips memasak dan informasi seputar bahan-bahan makanan lokal yang dapat digunakan dalam masakan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Apel Merah: Manfaat, Ragam, dan Kandungan Gizi

Resep Ikan Kerapu yang Lezat