Resep Rolade Saus Teriyaki: Menggoda Selera

Apakah Anda ingin mencoba masakan Jepang yang lezat dan mudah dibuat di rumah? Nah, rolade saus teriyaki adalah salah satu pilihan yang tepat untuk Anda coba. Dalam artikel ini, saya akan membagikan resep yang sangat mudah dan sederhana untuk membuat rolade saus teriyaki yang menggoda selera. Mari kita mulai!

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • 500 gram daging sapi cincang
  • 1 buah telur ayam
  • ½ cup tepung roti
  • 1/3 cup susu
  • 2 sdm bawang putih cincang
  • 2 sdm bawang bombay cincang
  • 2 sdm tepung maizena
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm minyak wijen (opsional)
  • 1 sdm saus teriyaki

Cara Membuat:

  1. Campurkan daging sapi cincang dengan 1 butir telur ayam, ½ cup tepung roti, 1/3 cup susu, 2 sdm bawang putih cincang, dan 2 sdm bawang bombay cincang. Aduk hingga bahan-bahannya tercampur rata.
  2. Setelah itu, ambil selembar film plastik besar dan letakkan campuran daging sapi di atasnya. Ratakan campuran daging sapi tersebut hingga membentuk persegi panjang.
  3. Letakkan saus teriyaki di atas campuran daging sapi dan gulung perlahan. Pastikan untuk merapatkan semua sisi agar tidak ada kebocoran.
  4. Lakukan langkah yang sama untuk sisi lainnya hingga membentuk seperti gulungan. Pada bagian ujung, ikat film plastiknya agar gulungan daging sapi tidak terlepas.
  5. Didihkan air dalam panci, dan masukkan gulungan daging sapi yang sudah dibungkus dengan film plastik ke dalam air mendidih. Rebus selama 25-30 menit hingga matang. Kemudian angkat dan tiriskan.
  6. Setelah itu, panaskan wajan dengan sedikit minyak, dan goreng gulungan daging sapi tersebut hingga kecokelatan. Kemudian angkat dan sisihkan.
  7. Untuk membuat saus teriyaki, campurkan 2 sdm kecap manis, 1 sdm minyak wijen (opsional), 2 sdm tepung maizena, dan air secukupnya. Aduk hingga bahan-bahannya tercampur rata.
  8. Setelah itu, panaskan wajan dengan sedikit minyak, dan tumis saus teriyaki hingga mengental.
  9. Setelah tumisan saus teriyaki mengental, masukkan rolade daging sapi yang sudah digoreng tadi dan aduk hingga tercampur rata.

FAQ

1. Apa itu saus teriyaki?

Saus teriyaki merupakan saus yang terbuat dari kecap manis, gula, cuka beras, dan bawang putih.

2. Dapatkah saya menggunakan daging ayam cincang sebagai pengganti daging sapi cincang?

Tentu saja bisa, Anda bisa memilih daging ayam cincang sebagai pengganti daging sapi cincang.

3. Bisakah saya menambahkan sayuran dalam rolade saus teriyaki ini?

Tentu saja bisa, Anda dapat menambahkan sayuran seperti wortel atau jamur agar Rasanya lebih variatif.

Kesimpulan

Rolade saus teriyaki yang sangat menggoda selera bisa dihasilkan dari bahan-bahan yang mudah ditemukan dan resep yang sangat sederhana. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah dalam waktu dekat. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan benar dan nikmati hidangan Jepang yang lezat ini bersama keluarga atau teman terdekat Anda. Selamat mencoba!

Written by Adi Susanto

Adi Susanto adalah seorang penulis dan pecinta kuliner yang berfokus pada masakan tradisional Indonesia. Melalui blognya, dia berbagi resep-resep klasik dari berbagai daerah di Indonesia, sering kali diwariskan dari generasi ke generasi. Adi percaya bahwa masakan tradisional memegang nilai-nilai budaya dan merupakan bagian penting dari identitas suatu daerah. Dalam tulisannya, dia tidak hanya berbagi resep, tetapi juga cerita-cerita unik di balik masakan-masakan tersebut. Dengan demikian, Adi berharap dapat membantu melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Kue Mento Tepung Beras: Sekilas Tentang Resep Tradisional yang Lezat

Ayam Kekinian: Sebuah Inovasi Dalam Dunia Kuliner