Resep Sambel Asem Cirebon yang Lezat

Apakah kamu suka makan sambal? Jika jawabannya iya, maka ada baiknya kamu mencoba resep sambel asem Cirebon yang satu ini. Sambel asem Cirebon memiliki rasa yang segar dan asam yang membuat makanan terasa lebih lezat. Berikut adalah resep sambel asem Cirebon yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

  • 10 buah cabe merah keriting
  • 4 buah cabe rawit
  • 2 buah bawang merah
  • 1 buah tomat hijau
  • 3 buah belimbing wuluh
  • 2 buah jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt terasi

Langkah-langkah

  1. Pertama-tama, bersihkan semua bahan dan iris tipis cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merah, tomat hijau, dan belimbing wuluh.
  2. Siapkan cobek dan uleg semua bahan hingga halus. Kamu juga bisa menggunakan blender atau food processor jika lebih mudah.
  3. Tambahkan garam, gula, terasi, dan air perasan jeruk nipis ke dalam sambel, aduk hingga rata.
  4. Koreksi rasa sambel asem Cirebon, sesuaikan dengan selera masing-masing.

Sambel asem Cirebon siap disajikan. Kamu bisa menikmatinya bersama dengan nasi, lauk, atau gorengan.

FAQ

1. Apakah sambel asem Cirebon hanya bisa diiris tipis?

Tidak, kamu bisa mengiris sesuai dengan selera. Namun, jika kamu mengiris terlalu tebal maka akan mengubah konsistensi dan tekstur sambel.

2. Bagaimana jika tidak ada belimbing wuluh?

Kamu bisa mengganti dengan jeruk nipis atau asam Jawa. Namun, pastikan rasa asamnya tetap terasa untuk mendapatkan sambel asem Cirebon yang lezat.

3. Berapa lama sambel asem Cirebon bisa disimpan?

Biasanya sambel asem Cirebon bisa tahan hingga 3-4 hari di dalam lemari es. Pastikan sambel disimpan dalam wadah yang tertutup rapat.

4. Apakah sambel asem Cirebon pedas?

Tergantung pada jumlah cabe rawit yang digunakan. Jika ingin sambel lebih pedas, kamu bisa menambahkan cabe rawit sesuai dengan selera.

Kesimpulan

Demikian resep sambel asem Cirebon yang bisa kamu coba di rumah. Sambel ini memiliki rasa yang segar dan asam yang cocok untuk menyempurnakan makananmu. Jangan ragu mencoba resep ini dan nikmati sajian makanan yang lebih lezat!

Written by Maya Widianti

Maya Widianti adalah seorang penulis dan food stylist yang mengabdikan dirinya pada keindahan visual dalam dunia kuliner. Dalam tulisannya, dia tidak hanya berbagi resep, tetapi juga cerita-cerita unik di balik masakan-masakan tersebut. Dengan demikian, Adi berharap dapat membantu melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Olahan Telur Ayam: Berbagai Resep Lezat dengan Bahan Utama Telur Ayam

Tepung Roti dan Tepung Panir: Bahan Penting dalam Masakan