Resep Tongkol Goreng: Cara Mudah dan Enak Untuk Menikmati Ikan Tongkol

Ikan tongkol menjadi salah satu jenis ikan populer yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Salah satu cara menikmati ikan tongkol yang enak dan praktis adalah dengan menggorengnya. Tidak perlu waktu lama dan bahan yang sulit didapatkan untuk membuatnya. Yuk, simak resep tongkol goreng yang mudah dan enak berikut ini!

Bahan-bahan

  • Ikan tongkol segar (500 gram)
  • Tepung terigu (100 gram)
  • Tepung beras (50 gram)
  • Bawang putih (4 siung)
  • Merica bubuk (1/2 sendok teh)
  • Garam (1 sendok teh)
  • Air (secukupnya)
  • Minyak goreng (secukupnya)

Cara Membuat

  1. Bersihkan ikan tongkol yang sudah dipotong-potong sesuai selera dan lumuri dengan garam dan merica bubuk. Biarkan selama kurang lebih 10 menit agar bumbu meresap pada daging ikan.
  2. Campurkan tepung terigu dan tepung beras dalam mangkuk dan aduk hingga rata.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan di atas api sedang.
  4. Ambil satu potong ikan tongkol yang sudah dibumbui dan celupkan ke dalam campuran tepung terigu dan tepung beras. Pastikan seluruh permukaan ikan tertutup oleh adonan. Lakukan hal yang sama pada semua potongan ikan yang sudah dibumbui.
  5. Goreng ikan tongkol dalam minyak panas hingga kedua sisi menjadi kecoklatan. Angkat ikan dari wajan dan tiriskan minyak yang berlebih.
  6. Sajikan ikan tongkol goreng yang gurih dan lezat!

FAQ

1. Apakah ikan tongkol bisa diganti dengan ikan lainnya?

Ya, ikan tongkol bisa diganti dengan ikan laut lain seperti salmon atau tuna. Namun, kelezatan dan rasa dari resep ini akan berbeda.

2. Apakah tepung beras bisa diganti dengan tepung yang lain?

Ya, tepung beras bisa diganti dengan tepung jagung atau tepung roti sebagai pengganti untuk memberikan tekstur yang lebih renyah.

3. Apa yang harus dilakukan jika hasil gorengan kurang renyah?

Pastikan untuk memanaskan minyak dengan cukup panas dan memperhatikan teknik menjaga suhu selama menggoreng. Pastikan juga untuk mengeringkan potongan ikan dan jangan terlalu banyak mencampurkan adonan tepung pada ikan.

Kesimpulan

Itulah cara mudah dan praktis untuk membuat resep tongkol goreng yang enak dan gurih. Gunakan ikan tongkol segar dan bumbui dengan garam dan merica agar rasanya semakin nikmat. Jangan lupa untuk mencelupkan ikan dalam adonan tepung terigu dan tepung beras agar hasilnya lebih renyah dan renyah. Selamat mencoba!

Written by Amanda Rahardjo

Amanda Rahardjo adalah seorang penulis kuliner yang khususnya fokus pada resep-resep masakan Indonesia. Dengan keahlian dan pengalamannya yang luas dalam memasak, Amanda senang berbagi pengetahuannya dengan orang lain melalui blognya. Melalui tulisannya, dia ingin memperkenalkan dan melestarikan kekayaan kuliner Indonesia kepada pembaca di seluruh dunia. Selain menulis resep, Amanda juga suka membagikan tips memasak dan informasi seputar bahan-bahan makanan lokal yang dapat digunakan dalam masakan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Membuat Bumbu Sate yang Lezat dan Mudah

Snack Lebaran: Kreasi Camilan yang Menggugah Selera untuk Sambut Hari Raya