Rolade Sapi: Olahan Daging yang Menggugah Selera

Olahan daging sapi menjadi hidangan yang nikmat dan maknyus memang tidak ada duanya. Salah satu hidangan daging sapi yang cukup populer di Indonesia adalah rolade sapi. Hidangan yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan menggugah selera. Selain itu, rolade sapi juga sangat mudah diolah dan bisa disajikan dalam berbagai acara. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang rolade sapi mulai dari bahan, cara membuat hingga penyajiannya.

Bahan-bahan untuk Membuat Rolade Sapi

Untuk membuat rolade sapi, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan:

  • 500 gram daging sapi yang sudah diiris tipis-tipis
  • 3 butir telur ayam
  • 2 buah tomat besar, potong dadu kecil-kecil
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 2 sendok makan saus sambal
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan merica bubuk
  • 1 sendok makan ketumbar bubuk
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 sendok makan margarin
  • Tusuk gigi secukupnya

Cara Membuat Rolade Sapi

Setelah semua bahan telah tersedia, berikut ini cara membuat rolade sapi yang bisa dicoba di rumah:

  1. Pertama-tama, siapkan loyang yang sudah diolesi dengan margarin.
  2. Ambil selembar daging sapi dan letakkan satu per satu di atas loyang.
  3. Campurkan telur ayam, tomat, saus tomat, saus sambal, garam, merica bubuk, ketumbar bubuk, dan daun bawang dalam sebuah wadah. Aduk rata.
  4. Tempatkan campuran di atas potongan daging sapi yang telah dihias di atas loyang.
  5. Gulung daging sapi dan tusuk dengan tusuk gigi untuk menjaga bentuk rolade.
  6. Panggang rolade sapi dalam oven selama sekitar 30 menit dengan suhu 200 derajat Celsius.
  7. Setelah itu, angkat dan diamkan selama beberapa menit sebelum dipotong-potong.

Penyajian Rolade Sapi

Rolade sapi siap disajikan! Hidangan ini cocok disajikan sebagai lauk dalam acara spesial seperti pesta ulang tahun, acara perkantoran, atau bahkan saat makan malam bersama keluarga. Disajikan dengan nasi putih atau kentang goreng, maka hidangan ini akan semakin lezat dan menggugah selera.

FAQ

1. Bolehkah Menggunakan Daging Sapi yang Sudah Dipotong-potong?

Tentu saja, Anda bisa menggunakan daging sapi yang telah dipotong-potong untuk membuat rolade sapi. Namun, pastikan agar ketebalan potongan daging tersebut sama supaya hasil akhir dari rolade bisa terlihat rapih.

2. Apakah Bahan-bahan untuk Membuat Rolade Bisa di-Oversize?

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat rolade sapi bisa di-oversize atau ditingkatkan jumlahnya. Namun, pastikan proporsi bahan-bahannya tetap seimbang supaya tidak terlalu asin atau kecut.

Kesimpulan

Rolade sapi adalah salah satu hidangan daging sapi yang sangat cocok untuk acara spesial atau bahkan untuk makan malam bersama keluarga. Dalam membuat rolade sapi, pastikan untuk memperhatikan proporsi bahan-bahan serta cara menggulung daging sapi supaya hasilnya bisa terlihat rapi dan enak. Jangan lupa untuk membuka oven sekiranya 5-10 menit untuk mengecek gulungan daging sapi, apakah sudah matang atau belum.

Dengan resep rolade sapi yang sudah kami berikan, Anda bisa membuat hidangan spesial ini di rumah dengan mudah. Selamat mencoba, dan semoga hidangan rolade sapi Anda menggugah selera sekeluarga!

Written by Rizky Ramadhan

Rizky Ramadhan adalah seorang penulis dan koki amatir yang berdedikasi untuk menggali lebih dalam tentang warisan kuliner Indonesia. Melalui blognya, Rizky berbagi resep-resep khas dari berbagai daerah di Indonesia. Dia percaya bahwa makanan adalah jendela kebudayaan, dan dengan mempelajari dan mencoba masakan tradisional, kita dapat lebih memahami keanekaragaman budaya Indonesia. Dalam tulisannya, Rizky sering memadukan pengetahuan kuliner dengan cerita perjalanan pribadinya dalam mencicipi masakan-masakan lezat di seluruh Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Membuat Cream Cheese Tea – Resep dan Langkah-langkah Mudah

Resep Kolak Pisang Ubi: Manisnya Asli Indonesia