Samosa Daging: Resep dan Cerita dari Chef Ahli Masakan

Apakah Anda mencari hidangan ringan yang enak dan menyenangkan untuk dihidangkan bersama keluarga atau teman-teman? Samosa daging bisa menjadi jawaban yang tepat untuk Anda. Hidangan khas India ini terbuat dari adonan krispi yang diisi dengan daging sapi cincang dan rempah-rempah yang nikmat.

Dalam artikel ini, Chef Ahli Masakan akan berbagi resep dan cerita tentang samosa daging yang pastinya akan membuat Anda tergoda untuk segera mencobanya.

Resep Samosa Daging

Bahan-bahan:

  • 200 gr daging sapi cincang
  • 1 bawang bombay, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 cm jahe, cincang halus
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt jintan bubuk
  • 1/2 sdt bubuk cabai
  • 1/2 sdt garam
  • Minyak goreng secukupnya
  • 250 gr tepung terigu serbaguna
  • 1/2 sdt garam
  • 75 ml air dingin
  • 35 gr mentega, cincang kasar

Langkah-langkah:

  1. Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan anti lengket. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan jahe sampai harum.
  2. Masukkan daging sapi cincang, aduk rata, dan masak sampai berubah warna.
  3. Tambahkan ketumbar bubuk, jintan bubuk, bubuk cabai, dan garam. Aduk rata dan masak sampai matang. Angkat dan biarkan hingga dingin.
  4. Campurkan tepung terigu, garam, dan mentega dalam mangkuk besar. Aduk rata hingga berbentuk krumble.
  5. Tambahkan air dingin, aduk rata hingga tercampur rata dan membentuk bola adonan. Tutup dengan serbet dan diamkan selama 5 menit.
  6. Belah adonan menjadi 6-8 bagian kecil dan bulatkan. Gilas tipis-tipis hingga diameter mencapai 15-20 cm dengan ketebalan kurang dari 1/2 cm.
  7. Potong bulatan adonan tersebut menjadi 2 bagian setengah lingkaran.
  8. Lipat setengah lingkaran tersebut menjadi segitiga dan jahit di sisi terbuka dengan putih telur.
  9. Cerat samosa dengan minyak goreng dan panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 180 derajat Celcius selama 20-25 menit, atau goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan.

Tadaaaa! Samosa daging siap dihidangkan. Anda dapat menikmatinya dengan saus atau chutney kesukaan Anda.

FAQ:

Apakah Samosa Daging Bisa Disimpan?

Ya, samosa daging dapat disimpan di lemari es hingga 3-4 hari dalam wadah kedap udara. Anda dapat menghangatkan samosa di oven untuk menjaga rasa dan krispinya.

Apa Sajian Terbaik untuk Samosa Daging?

Samosa daging cocok disajikan sebagai hidangan ringan pada saat bersantai, acara keluarga, atau pertemuan teman. Nikmatilah bersama secangkir teh atau jus kesukaan Anda.

Bisakah Samosa Daging Dibuat Vegan?

Tentu saja. Anda dapat mengganti daging sapi dengan kentang, kacang, atau sayuran lainnya yang disukai.

Kesimpulan:

Samosa daging adalah hidangan lezat yang dapat menjadi pilihan yang tepat untuk teman santai atau acara keluarga. Dengan resep dan cara membuat yang mudah, Anda dapat menghidangkannya di rumah dengan cepat dan mudah. Pastikan untuk memperhatikan suhu dan takaran agar hasilnya sempurna. Semoga resep samosa daging ini dapat menginspirasi Anda untuk mencoba hidangan khas India yang enak ini. Selamat mencoba!

Written by Rizky Ramadhan

Rizky Ramadhan adalah seorang penulis dan koki amatir yang berdedikasi untuk menggali lebih dalam tentang warisan kuliner Indonesia. Melalui blognya, Rizky berbagi resep-resep khas dari berbagai daerah di Indonesia. Dia percaya bahwa makanan adalah jendela kebudayaan, dan dengan mempelajari dan mencoba masakan tradisional, kita dapat lebih memahami keanekaragaman budaya Indonesia. Dalam tulisannya, Rizky sering memadukan pengetahuan kuliner dengan cerita perjalanan pribadinya dalam mencicipi masakan-masakan lezat di seluruh Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Acar Kuning Ikan: Nikmati Sensasi Pedas dan Asamnya

Resep Gulai Udang Kentang Aceh