Sate Maranggi: Kuliner Khas Purwakarta yang Tak Boleh Dilewatkan

Sate Maranggi adalah salah satu makanan yang menjadi ikon kuliner kota Purwakarta. Makanan yang satu ini terkenal dengan rasa yang khas dan unik, serta bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya sangat beragam. Jika Anda berkunjung ke Purwakarta, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba sate maranggi ini. Berikut adalah ulasan lengkap tentang sate maranggi, mulai dari sejarah hingga cara membuatnya.

Sejarah Sate Maranggi

Sate Maranggi pertama kali ditemukan di Purwakarta sekitar tahun 1970-an oleh Haji Ismail yang ditemani oleh beberapa temannya. Mereka iseng mengolah daging sapi dan ayam dengan menggunakan bumbu yang unik. Dari sana, kemudian lahir sate maranggi yang menjadi kuliner khas Purwakarta.

Awalnya, sate maranggi hanya dikenal oleh orang-orang lokal di Purwakarta. Namun, seiring berjalannya waktu, kuliner khas Purwakarta ini semakin dikenal oleh masyarakat luas dan kini menjadi salah satu destinasi kuliner yang populer di Jawa Barat bahkan di seluruh Indonesia.

Bahan-bahan yang Digunakan

Bahan utama untuk membuat sate maranggi adalah daging sapi atau daging ayam. Setelah itu, daging tersebut dipotong-potong dan ditusuk menggunakan bambu atau lidi. Kemudian, sate tersebut dibakar di atas arang hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Bumbu yang digunakan untuk membuat sate maranggi ini cukup unik dan berbeda dari sate pada umumnya. Bumbunya terdiri dari campuran bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica, dan banyak lagi. Semua bumbu tersebut dihaluskan dan dicampur dengan minyak goreng agar adonan bumbu lebih mudah menyerap ke dalam daging.

Selain itu, masih ada satu bahan rahasia yang membuat rasa sate maranggi ini sangat khas, yaitu koya atau serundeng. Koya ini terbuat dari kelapa parut yang diiris tipis dan dipanggang hingga kering. Setelah itu, kelapa tersebut dihaluskan dan dicampur dengan bumbu-bumbu lainnya seperti garam, bawang, dan cabe. Koya inilah yang kemudian dijadikan sebagai garnish pada sate maranggi.

Cara Membuat Sate Maranggi

  1. Haluskan semua bumbu seperti bawang putih, bawang merah, merica dan ketumbar.
  2. Campurkan bumbu halus tersebut dengan minyak goreng dan aduk hingga merata.
  3. Lumuri daging sapi atau ayam dengan adonan bumbu tersebut. Biarkan sekitar 2 jam agar bumbu meresap ke dalam daging.
  4. Tusuk daging yang sudah dilumuri bumbu tadi menggunakan lidi atau bambu yang telah dibasahi agar tidak mudah gosong pada saat dipanggang.
  5. Panggang sate maranggi di atas bara api hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  6. Sajikan sate maranggi dengan koya atau serundeng sebagai garnish.

FAQ

Bagaimana jika tidak memiliki bahan koya atau serundeng?

Jika tidak memiliki bahan koya atau serundeng, sate maranggi tetap bisa disajikan dengan sangat nikmat. Anda dapat menggunakan bumbu pelengkap seperti saus kacang atau sambal sebagai pengganti koya.

Apakah sate maranggi hanya dapat dibuat menggunakan daging sapi atau ayam?

Sate maranggi biasanya dibuat menggunakan daging sapi atau ayam, namun tidak ada salahnya mencoba menggunakan daging lain seperti kambing atau ikan.

Apa yang membuat sate maranggi begitu khas dan lezat?

Sate maranggi memiliki rasa yang khas dan unik karena adonan bumbu yang digunakan. Selain itu, penyajian dengan koya sebagai garnish juga merupakan ciri khas dari sate maranggi.

Kesimpulan

Sate maranggi adalah kuliner khas Purwakarta yang wajib Anda cicipi jika berkunjung ke sana. Sate yang diolah dengan bahan-bahan yang unik ini memiliki rasa yang khas dan sangat lezat. Proses pembuatannya juga cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Written by Amanda Rahardjo

Amanda Rahardjo adalah seorang penulis kuliner yang khususnya fokus pada resep-resep masakan Indonesia. Dengan keahlian dan pengalamannya yang luas dalam memasak, Amanda senang berbagi pengetahuannya dengan orang lain melalui blognya. Melalui tulisannya, dia ingin memperkenalkan dan melestarikan kekayaan kuliner Indonesia kepada pembaca di seluruh dunia. Selain menulis resep, Amanda juga suka membagikan tips memasak dan informasi seputar bahan-bahan makanan lokal yang dapat digunakan dalam masakan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Whipped Cream Rumahan: Cara Mudah Membuat dan Memodifikasi

Bi Hun Soto – Resep dan Tips untuk Masakan yang Lezat