Seg’o Krawu

Jangan sampai terlewatkan untuk mencoba salah satu hidangan nusantara yang terkenal di Surabaya, yaitu Seg’o Krawu. Jajanan ini sudah populer sejak lama di kota Pahlawan, dan kini telah menjadi salah satu kuliner wajib saat berkunjung ke Surabaya.

Apa Itu Seg’o Krawu?

Seg’o Krawu adalah sejenis nasi liwet yang terbuat dari beras ketan, daging sapi, telur, dan rempah-rempah yang khas. Ciri khas dari hidangan ini terletak pada cara memasaknya menggunakan batu bara yang diletakkan di dalam tungku tanah liat. Proses memasak yang panjang membuat Seg’o Krawu memiliki cita rasa yang khas dan tekstur yang lembut.

Sejarah Seg’o Krawu

Nama Seg’o Krawu berasal dari sebuah daerah di Surabaya, yaitu Krawu. Konon, hidangan ini pertama kali dijual oleh seorang ibu rumah tang di pinggiran sungai Kali Mas. Ibu rumah tang tersebut menawarkan hidangannya kepada para pekerja kapal dan nelayan yang melepas lelah di tepi sungai. Berkat kelezatan dan keunikan rasanya, Seg’o Krawu pun menjadi semakin populer dan kemudian menyebar ke seluruh Surabaya.

Bahan-Bahan dan Cara Membuat Seg’o Krawu

Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Seg’o Krawu:

  • Beras ketan sebanyak 300 gram
  • Daging sapi sebanyak 400 gram, potong kecil-kecil
  • Telur ayam sebanyak 5 butir
  • Bumbu-bumbu: serai, lengkuas, daun pandan
  • Bawang goreng dan daun bawang secukupnya untuk taburan

Cara membuat Seg’o Krawu sebagai berikut:

  1. Rendam beras ketan selama setidaknya 4 jam.
  2. Panaskan tungku dari tanah liat dan bakar batu bara di dalamnya.
  3. Masak bumbu-bumbu dengan air hingga mendidih, kemudian campurkan potongan daging sapi ke dalamnya. Teknik memasak daging sapi pada Seg’o Krawu menggunakan teknik braising, yakni menggoreng daging sapi hingga berwarna coklat keemasan sambil ditumis dengan rempah-rempah.
  4. Pindahkan beras ketan ke dalam tungku tanah liat, kemudian letakkan seledri dan bumbu-bumbu di atasnya.
  5. Tuangkan air secukupnya hingga beras ketan terendam.
  6. Masukkan daging sapi yang sudah dimasak ke dalam tungku.
  7. Masak telur ayam yang telah dikocok dalam panci terpisah, lalu tambahkan ke dalam tungku.
  8. Aduk-aduk semua bahan dengan menggunakan sendok kayu hingga tercampur sempurna.
  9. Tutup tungku dan biarkan Seg’o Krawu matang selama sekitar 40 menit.
  10. Angkat Seg’o Krawu dari tungku dan sajikan dengan taburan bawang goreng dan daun bawang di atasnya.

Keunikan Seg’o Krawu

Seg’o Krawu memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan hidangan nasi liwet lainnya. Penggunaan tungku tanah liat dan batu bara memberikan rasa yang khas pada Seg’o Krawu, sehingga aromanya terasa lebih kuat dan cita rasanya lebih istimewa. Selain itu, teknik memasak daging sapi dengan rempah-rempah yang khas juga membuat hidangan ini semakin nikmat dan menggugah selera.

FAQ

1. Apakah Seg’o Krawu hanya bisa didapatkan di Surabaya?

Ya, Seg’o Krawu adalah kuliner khas Surabaya dan hanya bisa didapatkan di kota tersebut.

2. Apa yang membuat Seg’o Krawu berbeda dengan nasi liwet lainnya?

Seg’o Krawu memiliki cita rasa yang lebih khas karena cara memasaknya menggunakan tungku tanah liat dan batu bara, serta teknik memasak daging sapi yang menggunakan rempah-rempah yang khas.

3. Bagaimana cara memasak Seg’o Krawu?

Memasak Seg’o Krawu cukup mudah, yakni dengan cara merebus bahan-bahan hingga matang dan tercampur sempurna dalam tungku tanah liat.

4. Apakah Seg’o Krawu menggunakan rempah-rempah khas?

Ya, Seg’o Krawu menggunakan rempah-rempah khas seperti serai dan lengkuas untuk memberikan rasa yang khas pada hidangannya.

5. Apakah Seg’o Krawu cocok untuk dikonsumsi oleh vegetarian?

Sayangnya, Seg’o Krawu tidak cocok untuk dikonsumsi oleh vegetarian karena mengandung daging sapi sebagai bahan utamanya.

Kesimpulan

Seg’o Krawu adalah kuliner khas Surabaya yang patut untuk dicicipi saat berada di kota Pahlawan. Hidangan nasi liwet ini memiliki cita rasa yang khas dan unik karena cara memasaknya menggunakan tungku tanah liat dan batu bara, serta teknik memasak daging sapi yang menggunakan rempah-rempah khas. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba Seg’o Krawu saat berkunjung ke Surabaya!

Written by Rizky Ramadhan

Rizky Ramadhan adalah seorang penulis dan koki amatir yang berdedikasi untuk menggali lebih dalam tentang warisan kuliner Indonesia. Melalui blognya, Rizky berbagi resep-resep khas dari berbagai daerah di Indonesia. Dia percaya bahwa makanan adalah jendela kebudayaan, dan dengan mempelajari dan mencoba masakan tradisional, kita dapat lebih memahami keanekaragaman budaya Indonesia. Dalam tulisannya, Rizky sering memadukan pengetahuan kuliner dengan cerita perjalanan pribadinya dalam mencicipi masakan-masakan lezat di seluruh Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Terong Balado: Membuat Hidangan Pedas Lezat

Cara Memasak Udang yang Enak