Tahu Buncis: Makanan Sehat yang Lezat untuk Seluruh Keluarga

Tahu buncis adalah salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Campuran antara tahu yang lembut dan buncis yang renyah menciptakan paduan rasa yang sangat lezat.

Tidak hanya nikmat, tahu buncis juga sangat baik untuk kesehatan karena mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini juga cukup sederhana dan mudah didapatkan. Berikut adalah resep dan manfaat dari tahu buncis.

Resep Tahu Buncis yang Lezat dan Mudah Dibuat

Bahan-Bahan:

  • 250 gram tahu
  • 250 gram buncis, potong-potong
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm kecap manis
  • Minyak untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Potong-potong tahu sesuai selera kemudian goreng hingga kuning kecoklatan.
  2. Rebus buncis dalam air hingga lembut kemudian tiriskan.
  3. Panaskan minyak di wajan kemudian tumis bawang putih hingga harum.
  4. Masukkan buncis yang telah direbus dan tumis hingga setengah layu.
  5. Tambahkan tahu goreng kedalam wajan kemudian aduk rata dengan buncis.
  6. Tambahkan ketumbar bubuk, merica bubuk, garam, dan kecap manis lalu aduk rata.
  7. Angkat tahu buncis dari wajan dan siap disajikan.

Manfaat Tahu Buncis untuk Kesehatan

Tahu buncis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung nutrisi dan serat yang sangat baik untuk tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari tahu buncis:

Menjaga Kesehatan Jantung

Tahu dan buncis sama-sama kaya akan serat dan protein sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat di dalamnya membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah yang dapat memicu penyakit jantung.

Mengurangi Risiko Kanker

Tahu buncis juga mengandung senyawa antioksidan dan vitamin C yang berfungsi sebagai pelindung dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Menjaga Kesehatan Mata

Tahu buncis mengandung vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi tahu buncis secara teratur dapat membantu mencegah terjadinya degenerasi makula dan kebutaan terkait usia.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Tahu buncis kaya akan kalsium dan vitamin K yang berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Konsumsi tahu buncis secara teratur juga dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

FAQ

Apakah tahu buncis dapat disimpan dalam waktu yang lama?

Tahu buncis dapat disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama 2-3 hari.

Apakah tahu buncis cocok dikonsumsi oleh vegetarian?

Tahu buncis cocok dikonsumsi oleh vegetarian karena tidak mengandung daging atau produk hewani lainnya.

Bisakah tahu buncis dijadikan makanan untuk diet?

Tahu buncis dapat dijadikan makanan untuk diet karena rendah kalori dan kaya akan nutrisi. Namun, pastikan untuk mengurangi konsumsi garam dan kecap manis yang ditambahkan pada hidangan ini.

Kesimpulan

Tahu buncis adalah salah satu hidangan yang lezat dan mudah dibuat. Selain nikmat, tahu buncis juga kaya akan nutrisi dan serat yang sangat baik untuk kesehatan. Dengan memasukkan tahu buncis sebagai makanan sehari-hari, kita dapat menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan tulang, serta menurunkan risiko kanker dan degenerasi makula.

Written by Amanda Rahardjo

Amanda Rahardjo adalah seorang penulis kuliner yang khususnya fokus pada resep-resep masakan Indonesia. Dengan keahlian dan pengalamannya yang luas dalam memasak, Amanda senang berbagi pengetahuannya dengan orang lain melalui blognya. Melalui tulisannya, dia ingin memperkenalkan dan melestarikan kekayaan kuliner Indonesia kepada pembaca di seluruh dunia. Selain menulis resep, Amanda juga suka membagikan tips memasak dan informasi seputar bahan-bahan makanan lokal yang dapat digunakan dalam masakan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Membuat Batagor Ikan yang Lezat dan Mudah

Resep Rica-Rica Ayam Sederhana