Tahu Campur Sidoarjo: Makanan Khas yang Menggugah Selera

Apakah Anda pernah mencicipi Tahu Campur Sidoarjo? Makanan khas Sidoarjo yang satu ini bisa membuat lidah Anda bergoyang gara-gara kelezatannya. Tahu Campur Sidoarjo terdiri dari tahu goreng yang disiram kuah campur kacang, sayuran, dan bumbu moyang yang menggugah selera.

Namun, apa sebenarnya Tahu Campur Sidoarjo itu? Apa yang membuat makanan ini sangat spesial? Artikel ini akan membahas lebih lengkap tentang Tahu Campur Sidoarjo dan segala hal yang terkait dengannya.

Apa Itu Tahu Campur Sidoarjo?

Tahu Campur Sidoarjo adalah makanan khas Sidoarjo yang terdiri dari irisan tahu telur goreng yang disiram dengan kuah campur kacang, sayuran, dan bumbu rempah. Campuran kacang ini terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan dengan bumbu rempah-rempah. Tahu Campur juga biasanya dilengkapi dengan irisan kol, taoge, potongan kentang goreng, dan potongan telur rebus. Penyajian Tahu Campur Sidoarjo ini sangat mudah karena bahan-bahan yang digunakan mudah didapatkan di pasar tradisional.

Banyak warung makan di Sidoarjo dan Surabaya yang menyajikan Tahu Campur ini sebagai menu utama. Tahu Campur sering dijadikan menu makan siang atau makan malam bagi warga Sidoarjo dan Surabaya. Setelah dicicipi, banyak yang mengakui bahwa Tahu Campur ini mempunyai rasa yang gurih dan nikmat.

Sejarah Tahu Campur Sidoarjo

Tahu Campur Sidoarjo diperkenalkan pertama kali oleh seorang pedagang makanan jajanan pada masa kolonial Belanda di Sidoarjo. Dia menambahkan kuah kacang pada sejenis jajanan tahu goreng dan menjadikan penjualannya semakin laris di pasar tradisional. Penjualan jajanan tersebut semakin sukses sehingga akhirnya disebut "Tahu Campur".

Hingga saat ini Tahu Campur Sidoarjo menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Sidoarjo dan Surabaya. Perpaduan antara bumbu rempah kacang dan campuran sayuran membuat aroma dan rasanya menjadi sangat khas dan menggugah selera.

Resep Tahu Campur Sidoarjo

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat Tahu Campur Sidoarjo di rumah, berikut adalah resepnya:

Bahan:

  1. 5 buah tahu telur ukuran besar
  2. 100 gram kacang tanah goreng
  3. 2 lembar daun salam
  4. 2 batang serai, memarkan
  5. 2 lembar daun pandan
  6. 1.500 ml air
  7. 500 gram kol, iris tipis
  8. 250 gram tauge
  9. 2 buah kentang, kupas, iris tipis dan goreng
  10. 3 butir telur rebus, iris tipis

Bumbu halus:

  1. 8 butir bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 6 buah cabai merah keriting
  4. 2 sendok makan ebi, sangrai, haluskan
  5. 1 sendok teh garam
  6. 1/2 sendok teh merica bubuk
  7. 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Iris tahu menjadi beberapa bagian. Goreng tahu hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  2. Haluskan kacang tanah goreng.
  3. Tumis bumbu halus, daun salam, serai, dan daun pandan hingga harum.
  4. Tambahkan air, lalu masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan. Masak sambil diaduk hingga mendidih dan meresap.
  5. Tambahkan garam dan merica bubuk, aduk rata.
  6. Siapkan mangkuk saji, letakkan irisan kol, tauge, kentang goreng, dan irisan telur rebus. Lalu tuang kuah kacang dan letakkan irisan tahu yang sudah digoreng di atasnya.
  7. Sajikan Tahu Campur Sidoarjo selagi hangat.

Manfaat Tahu Campur Sidoarjo

Tahu Campur Sidoarjo mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari Tahu Campur Sidoarjo:

  1. Sumber protein: Tahu Campur mengandung sumber protein yang penting untuk membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh.
  2. Sumber serat: Kandungan sayuran dalam Tahu Campur menjadikannya sumber serat yang baik untuk pencernaan.
  3. Sumber karbohidrat: Kentang goreng dan tauge pada Tahu Campur dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  4. Sumber kalsium: Tahu pada Tahu Campur mengandung kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

FAQ

1. Berapa kalori yang terkandung dalam 1 porsi Tahu Campur Sidoarjo?

Satu porsi Tahu Campur Sidoarjo mengandung sekitar 220 kalori.

2. Apa bahan lain yang bisa ditambahkan ke dalam Tahu Campur Sidoarjo?

Selain sayuran seperti kol dan tauge, Anda juga bisa menambahkan mie kuning goreng dan suwiran ayam untuk memperkaya cita rasa dari Tahu Campur Sidoarjo.

3. Apakah Tahu Campur Sidoarjo aman dikonsumsi setiap hari?

Tahu Campur Sidoarjo mengandung bahan-bahan alami dan sehat, sehingga tidak masalah jika dikonsumsi setiap hari jika jumlahnya sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Jangan mengkonsumsi terlalu banyak karena dapat menyebabkan kegemukan.

Kesimpulan

Tahu Campur Sidoarjo merupakan makanan khas Sidoarjo yang sangat lezat dan mudah ditemukan di warung-warung makan di Sidoarjo dan Surabaya. Tahu goreng yang disiram dengan kuah kacang, sayuran, dan bumbu rempah membuat rasa Tahu Campur Sidoarjo sangat menggugah selera. Dengan mengandung nutrisi yang baik, Tahu Campur Sidoarjo tidak hanya lezat, tetapi juga sehat. Jadi, apakah Anda sudah mencoba Tahu Campur Sidoarjo?

Written by Adi Susanto

Adi Susanto adalah seorang penulis dan pecinta kuliner yang berfokus pada masakan tradisional Indonesia. Melalui blognya, dia berbagi resep-resep klasik dari berbagai daerah di Indonesia, sering kali diwariskan dari generasi ke generasi. Adi percaya bahwa masakan tradisional memegang nilai-nilai budaya dan merupakan bagian penting dari identitas suatu daerah. Dalam tulisannya, dia tidak hanya berbagi resep, tetapi juga cerita-cerita unik di balik masakan-masakan tersebut. Dengan demikian, Adi berharap dapat membantu melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masak Balado Telur: Resep dan Cara Membuat

Resep Rendang: Makanan Khas Padang yang Menggugah Selera