Tahu Mercon: Makanan Khas Jawa yang Pedas dan Enak

Apakah kamu pecinta makanan pedas? Jika iya, pasti sudah tidak asing lagi dengan Tahu Mercon, makanan khas Jawa Tengah yang terkenal pedas dan enak. Tahu Mercon adalah makanan yang terbuat dari tahu yang dibumbui dengan cabai rawit, bawang putih, bawang merah, dan rempah-rempah lainnya. Makanan ini termasuk makanan yang ekonomis dan mudah ditemukan di Jawa Tengah, terutama di kota Salatiga.

Sejarah Tahu Mercon

Tahu Mercon memiliki sejarah yang cukup panjang di masyarakat Jawa Tengah. Makanan ini pertama kali ditemukan oleh seorang pedagang makanan bernama Mbah Gito, yang berasal dari desa Kalibening, Kecamatan Argomulya, Kabupaten Salatiga, pada tahun 1970-an. Mbah Gito terinspirasi oleh petasan mercon yang sering ditemukan di desanya. Petasan mercon adalah petasan yang sangat keras dan mempesona, sehingga Mbah Gito memberi nama makanannya "Tahu Mercon".

Sejak itulah, Tahu Mercon menjadi makanan yang sangat populer di Salatiga dan sekitarnya. Bahkan, Tahu Mercon sudah menjadi ikon kuliner Salatiga. Saat ini, kamu dapat menikmati Tahu Mercon di banyak warung atau restoran di Salatiga, bahkan di beberapa kota besar di Indonesia.

Cara Membuat Tahu Mercon yang Enak

Bahan-bahan:

  • 10 buah tahu putih
  • 50 cabai rawit merah
  • 15 cabai merah besar
  • 10 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 2 batang sereh, memarkan
  • 4 lembar daun jeruk, iris tipis
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Haluskan cabai rawit, cabai merah besar, bawang putih, dan bawang merah menggunakan blender atau cobek.
  2. Tumis bumbu yang sudah halus, sereh, dan daun jeruk dalam minyak panas hingga harum.
  3. Masukkan tahu yang sudah dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Goreng hingga kecokelatan.
  4. Tiriskan tahu dari minyak. Masukkan ke dalam wajan bumbu. Aduk-aduk hingga rata.
  5. Tambahkan gula pasir dan garam. Aduk-aduk lagi hingga bumbu meresap sempurna.
  6. Angkat dan sajikan.

FAQ:

Apa yang membuat Tahu Mercon terasa sangat pedas?

Tahu Mercon terasa sangat pedas karena menggunakan cabai rawit dan cabai merah besar dalam jumlah yang banyak. Selain itu, bumbu lainnya seperti bawang putih dan rempah-rempah lainnya juga memberikan rasa pedas dan gurih yang khas.

Apa saja manfaat dari Tahu Mercon?

Tahu Mercon mengandung protein yang cukup tinggi karena bahan utamanya adalah tahu. Selain itu, cabai yang digunakan dalam Tahu Mercon mengandung kapsaisin yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan jumlah kolesterol dalam darah.

Di mana tempat terbaik untuk menikmati Tahu Mercon di Salatiga?

Ada banyak tempat yang menyajikan Tahu Mercon di Salatiga. Beberapa di antaranya adalah Warung Tahu Mercon Mbah Gito, Tahu Mercon Pak Kribo, dan Warung Tahu Mercon Bu Wid. Namun, rasa Tahu Mercon di setiap tempat tentunya akan sedikit berbeda, jadi kamu bisa mencoba semuanya untuk menemukan favoritmu.

Kesimpulan

Tahu Mercon adalah makanan khas Jawa Tengah yang terkenal dengan rasa pedas dan gurih yang khas. Beberapa bahan utama dari Tahu Mercon antara lain tahu, cabai rawit, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya. Makanan ini mudah dibuat dan dapat dinikmati di banyak tempat di Salatiga dan sekitarnya. Walau pedas, Tahu Mercon tetap menjadi favorit banyak orang karena sensasi pedasnya yang mempesona. Coba buat Tahu Mercon sendiri di rumah dan nikmati sensasi pedasnya yang khas!

Written by Maya Widianti

Maya Widianti adalah seorang penulis dan food stylist yang mengabdikan dirinya pada keindahan visual dalam dunia kuliner. Dalam tulisannya, dia tidak hanya berbagi resep, tetapi juga cerita-cerita unik di balik masakan-masakan tersebut. Dengan demikian, Adi berharap dapat membantu melestarikan kekayaan kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Pie Susu Blue Band: Enaknya Bikin Nagih

Babat Gongso: Rahasia Mengolah Babat Jadi Lezat dan Enak