Tempe Oseng: Cara Membuat dan Segudang Kelezatan yang Tidak Terlupakan

Apakah Anda suka makan tempe? Anda pasti pernah mencoba salah satu makanan yang khas dari Indonesia yaitu tempe oseng. Tempe oseng adalah salah satu resep tempe yang mudah dibuat dengan sedikit bumbu tapi cita rasanya luar biasa. Tempe oseng biasanya disajikan sebagai lauk pendamping nasi atau bisa juga sebagai camilan.

Di artikel ini, Anda akan mempelajari cara membuat tempe oseng yang lezat dan menggugah selera dengan bahan dan step-by-step yang sederhana. Serta pengetahuan yang lebih luas tentang tempe dan bahan pangan.

Apa itu Tempe?

Sebelum kita membahas mengenai tempe oseng, mari kita bahas tentang tempe terlebih dahulu. Apa itu tempe? Tempe adalah salah satu jenis olahan kedelai yang terkenal dari Indonesia. Tempe dibuat dari biji kedelai yang diolah dengan cara difermentasi menggunakan kapang Rhizopus oligosporus atau Rhizopus oryzae.

Proses pembuatan tempe dimulai dengan mencuci dan merendam kedelai selama semalam. Kedelai kemudian direbus dan dicampur dengan kapang Rhizopus oligosporus atau Rhizopus oryzae. Setelah itu, kedelai tersebut dibentuk menjadi sejumlah besar cake yang kemudian difermentasi selama 24-48 jam.

Setelah proses fermentasi selesai, tempe bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, sebagai makanan pokok atau digoreng serupa kerupuk, atau dijadikan berbagai jenis hidangan seperti sate, gado-gado, dan tempe oseng.

Apa Itu Tempe Oseng?

Tempe oseng adalah hidangan Indonesia yang terbuat dari tempe yang dipotong kecil-kecil dan digoreng bersama bumbu-bumbu pedas. Potongan tempe yang digoreng bersama bumbu ini akan menghasilkan cita rasa yang khas dan penambahan bumbu pedas memberikan rasa yang unik.

Cara Membuat Tempe Oseng yang Mudah dan Praktis

Berikut adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat tempe oseng:

  • 250 gr tempe, potong kecil-kecil
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 buah cabai merah, iris serong
  • 1 buah tomat, potong dadu
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 3 sdm minyak goreng

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat tempe oseng yang mudah:

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan.
  2. Tumis bawang putih, cabai merah, daun salam, serai, dan lengkuas hingga wangi.
  3. Tambahkan potongan tempe dan tomat. Aduk rata dan tumis hingga matang.
  4. Tambahkan garam dan gula pasir. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap dan matang.
  5. Siap disajikan sebagai lauk pendamping nasi atau sebagai camilan.

Tips Membuat Tempe Oseng yang Enak

  • Pilih tempe yang masih segar agar rasanya lebih enak dan tidak terasa pahit.
  • Ada beberapa bahan lain yang dapat ditambahkan untuk meningkatkan rasa tempe oseng, seperti kecap manis, saus tiram, atau air asam jawa.
  • Penggunaan minyak goreng yang cukup membuat adonan tempe tidak melekat dan matang dengan sempurna.

FAQ

Q: Apakah tempe oseng cocok untuk orang yang sedang diet?

A: Tempe oseng belum tentu cocok untuk orang yang sedang diet karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi. Namun, jika dikonsumsi secukupnya dan ditambahkan sayuran sebagai pendampingnya, tempe oseng tetap dapat dinikmati oleh orang yang sedang diet.

Q: Apa yang bisa ditambahkan untuk meningkatkan rasa tempe oseng?

A: Ada beberapa bahan lain yang bisa ditambahkan untuk meningkatkan rasa tempe oseng, seperti kecap manis, saus tiram, atau air asam jawa.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips dalam artikel ini, Anda kini bisa membuat hidangan tempe oseng yang lezat dan menggugah selera dengan mudah di rumah. Tempe oseng adalah olahan tempe yang sederhana namun rasanya sangat menggugah selera. Selain itu, tempe oseng juga merupakan camilan yang sehat dan kaya akan protein. Jangan lupa untuk memilih bahan-bahan segar dan berkualitas untuk menghasilkan tempe oseng yang enak dan sehat. Selamat mencoba!

Written by Dian Utami

Dian Utami adalah seorang food blogger dan penulis buku masakan. Dengan latar belakang sebagai seorang ahli gizi, Dian memiliki minat yang besar terhadap makanan sehat dan bergizi. Melalui blognya, dia berbagi resep-resep sehat yang menggunakan bahan-bahan lokal dan alami. Dian berusaha untuk memperkenalkan konsep memasak yang seimbang dan menyenangkan bagi pembaca, dengan menunjukkan bahwa makanan sehat juga bisa lezat. Dalam tulisannya, dia juga memberikan tips nutrisi dan informasi tentang manfaat makanan tertentu untuk kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Makanan dari Sayuran

Bumbu Sayur Bobor Bayam Jawa